Penulis: Farichatul | Editor: Handa

Agama Islam mengatur banyak aspek kehidupan. Salah satunya adalah aspek muamalah atau interaksi sesama manusia. Dalam mengatur aspek muamalah ini, agama Islam tidak hanya mengatur halal atau haram dari segi produk muamalah itu saja, melainkan juga dari bahan produk tersebut, bagaimana cara produk tersebut diolah, dan bagaimana cara produk tersebut didapatkan.

Oleh karena itu, sejak tahun 2018 terdapat sertifikasi kosmetik halal dari MUI untuk memastikan bahwa produk kosmetik tersebut diproduksi dari bahan dan cara yang halal. Selain harus memastikan bahwa produk tersebut telah terdaftar di BPOM, Bunda lebih baik juga memastikan produk yang Bunda inginkan telah memiliki sertifikat halal. Berikut ini 10 produk kosmetik yang telah memiliki sertifikasi halal dari MUI:

1. Nivea

Nivea adalah produk kosmetik yang dikembangkan di Jerman pada tahun 1911. Saat ini, beberapa produk dari Nivea, seperti Nivea Deodorant, Nivea Extra White Body Serum ,dan banyak jenis produk Nivea lainnya yang telah mendapatkan sertifikasi MUI. Mayoritas sertifikasi tersebut akan expired pada tahun 2022 nanti.

2. Wardah

Boleh dibilang bahwasanya Wardah adalah salah satu pionir kosmetik halal di Indonesia. Produk kosmetik dari PT Paragon Technology Innovation ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI pada tahun 1998 yang mana pada saat itu sertifikasi ini masih belum wajib. Kini lebih dari 48 produk Wardah telah memiliki sertifikasi halal dari MUI. Rata-rata sertifikasi tersebut baru akan berakhir (expired) pada tahun 2025.

3. Sariayu

Dengan menawarkan nilai-nilai kecantikan perempuan Indonesia, Sariayu Martha Tilaar berdiri sejak tahun 1977. Hingga kini, perusahaan ini terus berkomitmen menciptakan kecantikan yang bersih, baik wajah yang bersih dan alam yang bersih. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika puluhan produk Sariayu telah memiliki sertifikasi halal dari MUI.

4. Purbasari

Mungkin jika mendengar nama Purbasari Bunda akan teringat produk sabun lulur mandi. Namun, produk Purbasari tidak hanya lulur mandi loh Bunda. Purbasari adalah brand kecantikan di bawah naungan PT Gloria Ogirita Cosmetics.

Produk PT Gloria Ogirita Cosmetics terbagi menjadi dua divisi yaitu divisi skincare seperti lulur mandi Purbasari dan divisi make up seperti BB cream, lipstik dan lain sebagainya. Puluhan dari produk ini juga telah memiliki sertifikasi halal dari MUI.

5. Viva Cosmetics

Produk-produk dari Viva Cosmetics adalah salah satu produk kosmetik yang dapat Bunda temui dimanapun. Dengan mengusung kecantikan khas Indonesia, perusahaan yang telah berdiri sejak 1962 ini telah memiliki puluhan produk yang bersertifikat halal dari MUI.

6. L’Oreal

L’oreal adalah brand kecantikan yang didirikan di Paris, Prancis pada tahun 1909. 70 tahun kemudian, brand ini masuk ke pasar Indonesia dan memasarkan produknya di negeri ini. Dari puluhan produk yang pernah dirilis L’Oreal, hanya 4 di antaranya yang telah memiliki sertifikasi dari MUI.

7. Zoya Cosmetics

Zoya memang lebih dikenal dengan produk jilbab. Tapi, Bunda juga harus tahu kalau Zoya tidak hanya tentang jilbab. Zoya merilis Zoya cosmetics sejak tahun 2013 dan kini puluhan dari produk kosmetik perusahaan ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

8. Mustika Ratu

Mustika ratu adalah salah satu brand kosmetik asal Indonesia yang bertahan hingga kini dan menjadi perusahaan publik. Mustika ratu tidak hanya brand untuk skin care ataupun make up saja, tetapi juga memiliki divisi yang beroperasi di bidang spa dan herbal atau jamu yang masih berkaitan dengan kecantikan khas Indonesia.

Dari puluhan produk perusahaan ini, hanya 6 di antaranya yang memiliki sertifikat halal dari MUI. 6 produk ini adalah bagian dari herbal atau minumam jamu kecantikan yang dimiliki perusahaan ini.

9. Mirabella Cosmetics

Mirabella cosmetics adalah bagian dari Martha Tilaar yang berfokus pada produk make up. Produk yang dirilis brand ini terdiri dari produk lipstick, hair care, base dan decorative make up.  Lebih dari 50 produk dari Mirabella cosmetics yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

10. Pixy

Pixy adalah brand kecantikan wanita yang diproduksi oleh PT Mandom Indonesia Tbk. Brand pixy tidak hanya terdiri dari berbagai macam bedak saja, tetapi juga base make up, decorative make up dan skin care. Puluhan dari produk brand ini dan produk lainnya dari PT Mandom Tbk telah memiliki sertifikat halal dari MUI.

Itu tadi 10 brand kecantikan yang telah memiliki sertifikat halal dari MUI. Perlu diingat bahwasanya sertifikat dari MUI ini sifatnya tidak permanen sehingga Bunda perlu mengecek tanggal expired sertifikat halal yang dimiliki oleh brand kecantikan kesayangan Bunda.

Baca juga: