Penulis: Diana Islami | Editor: Aufia

Bunda, setiap muslim tentu diharuskan untuk mengetahui nama malaikat dan tugasnya! Maka dari itu, yuk mulai ajarkan si kecil untuk mengetahui tugas-tugas malaikat sedari dini.

Malaikat adalah salah satu hamba Allah yang selalu taat kepa`da Allah SWT. Tidak pernah membantah dan melanggar perintah Allah. Hal ini juga bisa menjadi pembelajaran ke diri si kecil untuk menaati perintah Allah SWT.

Perintah untuk mengimani malaikat sesuai dengan rukun iman yang kedua disebutkan bahwa muslim harus percaya akan adanya malaikat, walaupun tidak pernah bertemu secara langsung. Sebenarnya ada ribuan malaikat yang senantiasa setia kepada Allah dan setiap sedia membantu orang-orang yang beriman. Tetapi ada 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib muslim kenal, Bund!

Untuk itu, yuk Bunda ajak si buah hati untuk lebih mengenal 10 nama malaikat dan tugasnya berikut ini:

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril memiliki tugas untuk menyampaikan wahtu kepada para nabi dan rasul. Terutama kepada baginda Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam (SAW). Perlu Bunda ketahui bahwa dalam Al-Qur’an yaitu Surat Al-Baqarah ayat 97-98 dan Surat At-Tahrim ayat 4 disebutkan bahwa Jibril juga dijuluki sebagai Ruh Al-Amin dan Ruh Al-Qudus.

Saat menjalankan tugasnya, kadang-kadang malaikat Jibril datang menyerupai seperti laki-laki yang tampan dan gagah. Sering juga, para sahabat melihat dan mendengar Jibril berdialog dengan Rasulullah SAW. 

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail mempunyai tugas untuk memberikan rezeki kepada makhluk hidup yang ada di bumi. Bukan hanya untuk masusia saja, namu seluruh makhluk hidup di bumi.

Malaikat Mikail juga memiliki tugas lain, yaitu: menurunkan hujan dan mengatur kesuburan tanah, angin serta tumbuhan. Dengan kata lain, Malaikat ini tugasnya memberikan kesejahteraan untuk makhluk hidup di bumi. Atas izin Allah, malaikat Mikail mampu mengendalikan semuanya, Bund!

3. Malaikat Israfil

Tugas utama malaikat Israfil ini adalah di akhir zaman yaitu meniupkan terompet sangkakala yang akan membuat semua makhluk di muka bumi ini mati. Setelah meniup sangkakala pertama, Allah SWT akan menghidupkan malaikat Israfil kembali untuk meniupkan terompet kedua.

Terompet kedua inilah sebagai pertanda untuk membangkitkan kembali makhluk hidup yang sudah mati. Dalam Al-Quran peristiwa ini desebut sebagai Hari Kebangkitan. .

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail atau ada yang menyebutnya sebagai malaikat maut karena bertugas mencabut nyawa semua makhluk hidup. Kemudian membawa ruhnya ke tempat yang sudah ditentukan.

Seperti yang kita tahun Bund, bahwa tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang akan hidup selamanya atau kekal. Jika memang sudah waktunya ajal menjemput, mau tidak mau, malaikat Izrail akan datang mencabut nyawa. Semoga kelak kita dipanggil yang Maha Kuasa dalam keadaan husnul khatimah, Aamiin.

5. Malaikat Munkar

Setelah mati pasti seluruh manusia akan ditanyakan kembali tentang keimanannya., dan inilah tugas malaikat Munkar. Pertanyaanyang diajukan seperti siapa tuhanmu?, apa agamamu?, siapa nabimu?, apa kitabmu?, dimana kiblatmu?, dan siapa saudaramu?.

Pertanyaan tersebut mungkin terlihat sepele ya Bunda! Tapi perlu diajarkan juga kepada si Kecil bahwa jawabannya akan tergantung dengan kadar amal individu masing-masing selama hidupnya. Tentunya, untuk kaum muslim yang menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Insya allah dia sudah memegang kunci sukses menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

6. Malaikat Naqir

Malaikat Naqir juga memiliki tugas yang sama dengan Malaikat Munkar, Bund! Menanyai manusia di alam kubur. Bedanya Malaikat Naqir akan menanyakan tentang amal baik yang telah manusia perbuat selama hidup di dunia.

7. Malaikat Raqib

Tugas Malaikat Raqib adalah mencatat amalan baik manusia semasa hidupnya. Dengan begitu, Bunda jangan lupa mengajarkan si Kecil untuk selalu bersikap baik kepada siapa saja dan dimana saja. Supaya nanti timbangan amal baiknya banyak dan kelak bisa menjadi bekal di akherat nanti.

8. Malaikat Atid

Kebalikan dari tugas malaikat Raqib, malaikat Raqib mempunyai tugas untuk mencatat amal keburukan manusia selama di dunia. Jadi Bunda juga diharuskan untuk memberikan peringatan kepada si kecil tentang perilaku munkar yang tidak disuka Allah yang tidak sesuai dengan nilai dan norma. 

9. Malaikat Malik

Malaikat malik bertugas di akhirat nih Bunda untuk menjaga pintu neraka. Ia akan menyambut calon penghuni neraka dnegan wajah yang menyeramkam. Di sini Bunda juga bisa menjelaskan ke si kecil, jika manusia berperilaku buruk maka di akherat nanti akan dimasukkan ke neraka

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan tugasnya kebalikan dari malaikat Malik yaitu untuk menjaga pintu surga. Surga tentu menjadi tempat berkumpulnya orang-orang beriman dan berperilaku baik sesuai ajaran Al-Quran dan Sunnah semasa hidupnya.

Itulah 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui oleh umat muslim. Nah, yuk ajarkan ke si kecil Bund!

Baca juga: