Penulis: Putri Arya | Editor: Handa

Trimester pertama atau tiga bulan pertama kehamilan merupakan fase terpenting bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Periode tiga bulan pertama kehamilan ini merupakan fase dimana organ-organ tubuh calon bayi mulai terbentuk.

Oleh karena itu, ibu hamil 1 dan 2 bulan sebaiknya menerapkan pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan sehat agar janin terhindar dari cacat lahir hingga keguguran. Berikut ini 11 makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil di usia 1 dan 2 bulan kehamilan:

1. Yogurt

Produk olahan susu seperti yogurt memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan saat usia kehamilan satu dan dua bulan. Yogurt mengandung kalsium, asam folat, protein, vitamin D serta lemak sehat yang dibutuhkan ibu hamil. Selain yogurt, produk olahan susu lainnya seperti keju dan susu juga mendukung tumbuh kembang janin serta sangat baik untuk perkembangan tulang dan gigi janin.

2. Daging tanpa Lemak

Daging tanpa lemak merupakan sumber zat besi dan protein yang baik untuk ibu hamil, khususnya trimester pertama kehamilan. Daging tanpa lemak yang dimasak dengan matang memberikan semua asam amino yang mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan.

3. Edamame

Kacang kedelai dari Jepang ini kaya akan protein nabati, serta mengandung kalsium, zat besi, dan asam folat yang dibutuhkan ibu hamil. Bunda bisa menjadikan edamame sebagai camilan sehat selama hamil.

4. Kale

Sayuran berdaun hijau gelap ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, seperti kalsium, folat, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Kale juga kaya serat sehingga membantu ibu hamil terhindar dari gangguan pencernaan. Selain kale, sayur-sayuran lainnya yang bagus untuk ibu hamil muda di antaranya seperti wortel, brokoli, bayam, tomat, jagung, dan kubis.

5. Alpukat

Buah Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk ibu hamil dan janin. Alpukat juga tinggi serat, kaya akan vitamin B, asam folat, vitamin K, kalium, dan potassium yang baik untuk pertumbuhan janin.

Lemak sehat membantu membangun kulit, otak, dan jaringan sel si kecil. Asam folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, kelainan perkembangan otak dan tulang belakang seperti spina bifida.

6. Pisang

Buah yang satu ini membantu ibu hamil meredakan mual karena morning sickness. Pisang juga merupakan salah satu sumber makanan tinggi potassium terbaik yang dibutuhkan selama kehamilan.

7. Kacang-kacangan

Segala jenis kacang seperti kedelai, kacang polong, kacang tanah, hingga lentil mengandung asam folat tinggi yang sangat baik untuk ibu hamil, khususnya trimester pertama kehamilan. Asam folat membantu mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf dan berat badan lahir rendah.

8. Ginger Tea

Ginger tea atau teh jahe dan produk olahan jahe lainnya, seperti permen jahe dapat membantu ibu hamil mengatasi mual akibat morning sickness. Jika Bunda ragu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

9. Ikan

Kandungan nutrisi dalam ikan seperti omega-3, vitamin B2, vitamin D, vitamin E, dan mineral seperti kalium, kalsium, hingga fosfor sangat baik untuk ibu hamil 1-2 bulan. Namun sebagiknya hindari mengonsumsi ikan dengan kandungan merkuri tinggi. Jenis ikan yang aman untuk ibu hamil muda di antaranya seperti salmon dan nila.

10. Telur

Selain daging dan ikan, telur juga menjadi makanan terbaik untuk ibu hamil muda di usia kehamilan 1 dan 2 bulan. Tidak hanya protein, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk perkembangan otak janin.

Namun perlu diingat Bunda, jangan memakan telur yang belum matang sempurna atau masih mentah. Telur mentah dan setengah matang bisa menjadi penyebab masuknya bakteri salmonella ke dalam tubuh ibu hamil.

11. Lemon

Semua buah-buahan baik dikonsumsi ibu hamil selama takarannya sesuai dan tak berlebihan. Termasuk sari lemon yang bermanfaat mencegah dan mengatasi morning sickness. Mengonsumsi sari lemon juga dapat mencegah ibu hamil dari sembelit. Untuk merasakan lebih banyak manfaatnya, Bunda bisa mengonsumsi air kelapa yang dicampur dengan lemon.

Selain rekomendasi makanan sehat di atas, sangat penting bagi ibu hamil untuk mencukupi asupan cairan setiap harinya. Ibu hamil dianjurkan untuk minum air setidaknya 8 hingga 10 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi. Hindari mengonsumsi alkohol dan kafein agar ibu dan janin tetap sehat selama masa kehamilan.

Baca juga: