Penulis: Annisa | Editor: Handa

Membuat badan tidak nyaman, rasa gatal bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti terkena gatal dari tanaman, gigitan serangga, alergi, eksim, hingga penyakit kulit lain. Gatal umumnya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika mengalami gatal-gatal yang disebabkan oleh penyakit tertentu perlu  perawatan khusus.

Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa gatal, salah satunya mengoleskan obat luar baik berupa salep, krim, atau losion yang digunakan untuk meredakan gatal. Bunda harus berhati-hati saat memilih obat gatal untuk anak. Hal ini karena tidak semua obat gatal untuk orang dewasa aman, dan bisa digunakan oleh anak-anak. Berikut 4 rekomendasi salep untuk mengobati gatel yang aman untuk anak Bunda.

1. Salep Hidrokortison

Salep hidrokortison biasanya digunakan untuk mengobati peradangan pada kulit, seperti terjadi pembengkakan, gatal, serta kemerahan akibat dermatitis ringan. Selain itu, obat ini juga sering digunakan untuk mengobati kaena ruam popok.

Hidrokortison salah satu salep yang mengandung hormon steroid. Untuk penggunaan jangka panjang, harus diwaspadai, karena dapat merusak kulit. Pastikan penggunaannya tidak boleh sembarangan, dan sesuai anjuran pemaakaian.

2. Caladine

Caladine tersedia dalam bentuk losion dan salep, adanya kandungan calamine dan champora dapat menyembuhkan gatal dari gigitan serangga, seperti semut, nyamuk, semut, dan lainnya. Selain itu juga bisa untuk menghilangkan gatal akibat biang keringat yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada badan.

Kandungan zinc oxide, berguna untuk antiseptik ringan dan adanya menthol bisa memberikan sensasi sejuk saat diaplikasikan pada area yang sedang gatal. Pastikan Bunda tidak menggunakan salep ini di luka yang terbuka, karena salep ini hanya untuk mengobati gatal akibat gigitan serangga dan biang keringat.

3. Losion Calamine

Calamine biasanya digunakan untuk mengobati gatal dan iritasi kulit akibat dari cacar air, adanya gigitan serangga, campak, eksim, dan penyakit kulit ringan lain. Sekali dioleskan ke kulit, obat ini bisa menimbulkan sensasi dingin pada kulit.

Khasiat ini membuat calamine dapat digunakan untuk mengeringkan kulit yang iritasi. Calamine tersedia sebagai obat generik yang ada di apotek terdekat. Tersedia dalam bentuk krim atau losion.

4. Krim Purekids Itchy

Krim Purekids Itchy ini terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk digunakan pada anak-anak. Krim yang memiliki kandungan calamine ini dapat meredakan berbagai gatal dari gigitan serangga.

Adanya kandungan chamomile berguna untuk anti inflamasi dan cepat dalam membantu proses penyembuhan luka. Selain itu, ada kandungan minyak kayu putih juga membantu sebagai antiseptik yang efektif. Serta kandungan oat kernel yang memberikan sensasi menenangkan dan melembabkan kulit saat digunakan.

Krim ini mampu redakan gatal dengan memberikan sensasi sejuk dan hangat pada kulit. Bunda juga tidak perlu khawatir, karena krim ini aman digunakan anak-anak yang memiliki kulit sensitif.

Nah itu dia 4 rekomendasi salep gatal yang bisa Bunda beli di apotek terdekat, untuk mengobati gatal pada anak yang aman. Jika anak Bunda mengalami gatal-gatal dalam kurun waktu lama, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk diagnosis lebih lanjut supaya tertangani segera.

Baca juga: