Penulis: Siti Rulli | Editor: Handa

Memiliki wajah putih, mulus dan bebas jerawat tentu idaman semua wanita. Namun sayangnya permasalah pada wajah tidak hanya itu saja. Terlebih bagi Bunda yang sering bekerja di luar ruangan, pasti sering mengalami wajah belang.Wajah belang tentu akan membuat rasa kurang percaya diri muncul.

Terlebih apabila Bunda tidak menggunakan make up. Untuk itu berikut ini ada cara ampuh menghilangkan belang pada wajah. Tentunya, menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan bisa Bunda coba. Berikut cara menghilangkan wajah belang selengkapnya.

1. Air Cucian Beras

Cara menghilangkan belang pada wajah secara alami dan mudah adalah dengan menggunakan air cucian beras. Air cucian beras sendiri mengandung asam ferulic dan allation.

Kandungan ini dipercaya dapat membuat wajah menjadi halus, meredakan iritasi, mencegah kulit belang dan tentunya mengurangi kemerahan akibat terbakar sinar matahari. Untuk membuatnya, Bunda hanya perlu mencuci beras dengan air kemudian ambil air yang berwarna seperti susu. Lalu diamkan selama semalaman, kemudian pakai menjadi masker.

2. Masker Bengkoang

Cara menghilangkan belang pada wajah juga bisa Bunda coba menggunakan masker bengkoang. Buah bengkoang sendiri kaya akan vitamin C dan B yang bisa membantu merangsang pertumbuhan sel kulit mati, membuat wajah lebih glowing, dan menyamaratakan warna kulit.

Untuk mendapatkan manfaat dari bengkoang ini, Bunda hanya perlu memarut bengkoang kemudian peras dan ambil airnya. Selanjutnya gunakan air perasan bengkoang tersebut sebagai masker. Bunda bisa memakainya seminggu 3 kali sebelum mandi.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga dipercaya bisa menghilangkan belang pada wajah lho Bunda. Kandungan asam asetat didalamnya lah yang dipercaya bisa meratakan warna kulit. Tentunya, bahan ini juga alami dan aman digunakan.

Cara mengaplikasinya, Bunda hanya perlu mengoleskan cuka apel pada area kulit yang belang. Selanjutnya diamkan selama 2 – 3 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan selama 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa membuat kulit rambut jadi halus dan berkilau. Tapi siapa sangka, aloe vera juga bisa membuat belang wajah jadi hilang. Hal ini disebabkan karena lidah buaya mengandung antioksidan yang bisa meratakan warna kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Bunda bisa mengambil gel lidah buaya dan oleskan pada kulit wajah yang belang. Kemudian diamkan selama 15 lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan selama 3 kali seminggu ya Bunda.

5. Madu dan Lemon

Lemon menjadi bahan alami yang sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satunya juga bisa membantu meratakan belang pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C pada lemon bisa membantu mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Jadi, otomatis ketika dicampurkan dengan madu bisa bikin kulit jadi halus dan kenyal juga. Untuk mengaplikasikannya, Bunda bisa mencampurkan perasan lemon dengan 2 sendok madu. Kemudian oleskan pada area wajah, dan tutupi menggunakan handuk yang sudah direndam menggunakan air hangat.

Diamkan selama 15 – 20 menit ya Bunda. Kemudian bilas dengan air bersih dan aplikasikan 2 kali satu minggu untuk hasil yang maksimal.

Itulah cara menghilangkan belang pada wajah secara alami yang bisa Bunda coba. Cukup mudah bukan bahan-bahan yang dibutuhkan? Namun ketika setelah menggunakan bahan-bahan tersebut Bunda merasakan gatal, atau rasa tidak nyaman pada wajah, ada baiknya dihentikan. Sebab, bisa jadi kulit Bunda iritasi ataupun alergi sehingga bisa menimbulkan efek samping dikemudian hari.

Baca juga: