Penulis: Litalia Putri | Editor: Handa

Film kartun sering diidentikkan dengan anak-anak. Pasalnya, anak-anak memang menyukai film dengan genre yang satu ini. Hal ini dikarenakan, film kartu memmiliki jalan cerita yang ringan, animasinya keren dan mengusung kisah fantasi yang bisa bikin ngayal.

Meski identik dengan anak-anak, nyatanya tidak semua film kartun layak sebagai konsumsi anak loh, Bunda. Soalnya, beberapa film kartun juga menampilkan adegan seperti perkelahian, ucapan kotor hingga perbuatan buruk lainnya. Oleh karena itu, diperlukan kejelian Bunda untuk memilih tontonan kartun yang sesuai bagi Si Kecil.

Bunda bingung mau memilih film kartun yang mana? Pas banget nih, tim Catatan Bunda akan memberikan 6 rekomendasi film kartun edukatif yang wajib si kecil tonton. Ini dia list-nya:

1. Finding Nemo (2003)

Tak hanya untuk si kecil, film kartu produki Pixar ini juga cocok dinikmati berbagai kalangan usia. Garis besar film ini adalah perjuangan orang tua untuk menemukan anaknya yang hilang, bernama Nemo. Selain alur ceritanya yang inspiratif, film Finding Nemo juga penuh pesan moral.

Moral yang paling utama adalah memperlihatkan betapa besarnya cinta kasih orang tua kepada anak. Selain itu, film kartun ini juga menunjukkan mengenai kegigihan seorang anak dalam mencari keberadaan orangtuanya. Lewat film ini, bunda juga bisa memberikan pengetahuan informatif mengenai berbagai macam hewan laut loh.

2. Up! (2009)

Up! berkisah mengenai ketulusan, cinta kasih, serta kegigihan yang ditunjukkan oleh tokoh kakek Carl dalam mempertahankan rumah penuh kenangannya bersama mendiang sang istri.

Alur film ini dipenuhi dengan petualangan sang kakek dengan seorang anak bernama Russel. Lewat film ini, pasti rasa ingin tahu si kecil akan bangkit! Soalnya, melalui tokoh Russel, anak-anak akan dikenalkan dengan keberanian; jiwa petualang; sikap saling membantu; dan hormat kepada orang tua. Selain itu, film ini juga mengajarkan mengenai arti persahabatan yang tidak mengenal usia loh, Bunda.

3. Inside Out ( 2015)

Mengusung alur cerita yang unik yang edukatif, film kartun yang satu ini cocok banget untuk ditonton si kecil. Film kartun ini mempunyai kisah cerita yang menggambarkan apa yang terjadi di dalam pikiran seorang anak manusia. Di dalam ceritanya, seorang tokoh gadis kecil bernama Riley telah mengalami banyak luapan emosi karena diharuskan mengikuti kepindahan orangtuanya.

Di dalam film Inside Out, berbagai jenis emosi digambarkan dalam bentuk animasi yang berada di dalam pikiran Riley. Secara tidak langsung, dengan menonton film ini, si kecil dapat memahami mengenai berbagai jenis emosi dan bagaimana cara mengelola emosi tersebut, Bund!

4. Coco (2017)

Film Coco berkisah mengenai perjuangan seorang anak kecil bernama Miguel dalam mempertahankan mimpinya. Miguel digambarkan sebagai tokoh yang mencintai musik namun tumbuh besar dalam keluarga yang membenci musik. Film ini memberikan pesan moral yang cukup tersembunyi di balik adegan-adegan lucu yang banyak bermunculan.

Penggambaran sosok Coco dapat memberikan semangat bagi si kecil agar tetap teguh dan pantang menyerah terhadap mimpinya. Selain itu, Coco juga mengingatkan anak supaya bersikap jujur serta mengenalkan mengenai arti penting dari sebuah keluarga.

5. Raya and The Last Dragon (2021)

Raya and The Last Dragon merupakan film rekomendasi selanjutnya yang dapat Bunda jadikan sebagai tontonan untuk si kecil. Film yang dirilis di layanan Disney + Hotstar ini dibuka dengan adegan terusiknya keharmonisan antara manusia dengan para naga karena adanya kekuatan jahat.

Kemudian, seorang tokoh bernama Raya dan teman-temannya melawan kekuatan jahat tersebut. Film animasi ini memberikan berbagai informasi baru tentang kebudayaan Asia Tenggara yang diangkat dalam kisahnya, salah satunya Indonesia. Selain itu, Si Kecil juga dapat meneladani sikap pemberani dari tokoh Raya tersebut, Bunda.

Itulah film kartun yang dapat Bunda tonton bersama dengan anak untuk mengisi waktu luang. Selain sebagai hiburan, tentunya juga dapat menjadi sarana edukasi Si Kecil kan Bunda! Nah, Bunda mau nonton yang mana dulu nih?

Baca juga: