Penulis: Vinna | Editor: Handa

Saat Bunda memasak tentu tidak lengkap rasanya jika tidak menggunakan penyedap makanan  berbagai macam bumbu dapur. Bumbu sebagai salah satu penyedap masakan sangat berperan penting dalam cita rasa sebuah makanan.

Dengan menambahkan bumbu, sebuah makanan akan memiliki rasa manis, asin, asam, pahit, dan gurih. Berbagai makanan yang sering Bunda masak, seperti sop, opor, kari, pecel, dan lainnya termasuk ke dalam makanan yang dimasak menggunakan berbagai campuran bumbu di dalamnya.

Namun, bumbu tidak hanya berguna untuk memperkuat rasa masakan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya. Untuk mengetahui apa saja beragam macam serta manfaat bumbu dapur yang biasanya Bunda pakai sehari-hari ini, berikut adalah 5 macam dan manfaat bumbu dapur yang wajib Bunda ketahui.

1. Kunyit

Kunyit, atau kadang-kadang juga disebut kurkumin, adalah salah satu bumbu paling populer yang digunakan untuk memasak, termasuk oleh para Bunda sekalian. Selain itu, kunyit juga bermanfaat bagi kesehatan lho, Bunda. Dalam sebuah studi penelitian menyatakan bahwa kunyit memiliki beberapa manfaat seperti; anti peradangan, antioksidan, antibakteri, antivirus, dan antiparasit.

Juga, kunyit termasuk ke dalam salah satu bumbu yang mempunyai antioksidan yang sangat kuat, membantu melawan kerusakan oksidatif dan meningkatkan enzim antioksidan tubuh. Ini penting, Bunda, sebab kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu kunci dibalik penuaan dan banyak terkena penyakit.

2. Jahe

Ternyata, Bunda, jahe telah digunakan oleh manusia selama ribuan tahun sebagai obat untuk mual dan masalah pencernaan. Tetapi, sekarang ini manusia lebih sering menggunakan akar jahe sebagai bumbu, atau sebagai suplemen untuk mengobati masalah pencernaan.

Selain itu, Bunda, jahe mengandung sifat anti peradangan dan tingkat antioksidan total yang sangat tinggi. Sebagai salah satu antimuntah, beberapa studi penelitian terpercaya telah membuktikan bahwa jahe efektif sebagai antiemetik dan dapat digunakan untuk mengobati mabuk laut, mabuk perjalanan, dan morning sickness.

3. Bubuk Cabai

Sebuah penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa capsaicin, phytochemical yang membuat bubuk cabai pedas, dapat memainkan peran penting dalam mengatur kesehatan jantung dan metabolisme. Dalam penelitian lainnya, mengkonsumsi cabai secara teratur juga secara signifikan dapat mengurangi tingkat jaringan adiposa (lemak) perut dan mengurangi nafsu makan dan asupan energi.

Ada manfaat lainnya dari bumbu cabai lho, Bunda. Bumbu cabai memiliki manfaat untuk orang yang mengidap kardiovaskular, sebab penelitian terbaru yang ditemukan oleh American Heart Association menemukan bahwa mereka yang secara teratur mengonsumsi bubuk cabai dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 26%. Dan juga, kabar baik bagi Bunda dan keluarga, dengan sering mengkonsumsi cabai ternyata dapat berkorelasi dengan penurunan 25% dari penyebab kematian apa pun dan 23% kematian lebih sedikit akibat penyakit kanker.

4. Bawang Putih

Bunda pasti tahu banget sama bumbu dapur satu ini, yaitu bawang putih. Bawang putih dan olahannya telah lama dikenal sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit kardiovaskular. Literatur ilmiah lain menyebutkan bahwa mengkonsumsi bawang putih memiliki efek signifikan pada penurunan tekanan darah, pencegahan penyakit aterosklerosis, pengurangan kolesterol serum dan trigliserida, penghambatan agregasi trombosit, dan meningkatkan aktivitas fibrinolitik.

Manfaat bawang putih lainnya adalah bawang putih dapat berperan dalam pencegahan kanker dan memperlambat perkembangannya. Menurut ahli gizi Amanda Bakko, kandungan senyawa fitokimia pada bawang putih memberikan potensi penurun kolesterol dan karakteristik melawan penyakit kanker. Selain itu, Bunda, manfaat bawang putih lainnya adalah dapat menjadi antibiotik alami, karena memiliki sifat antibakteri yang signifikan sehingga bawang putih dapat membantu serta melindungi dari infeksi tertentu.

5. Lengkuas

Bumbu satu ini sudah pernah bahkan sering digunakan oleh Bunda untuk memasak sehari-hari, yaitu lengkuas. Akar dari lengkuas sangat kaya akan antioksidan, yang bermanfaat membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang merusaknya.

Lengkuas sangat kaya akan polifenol, yang dapat memiliki kegunaan seperti meningkatkan memori dan menurunkan gula darah dan kadar kolesterol LDL (jahat).

Dari kelima bumbu sehat dan gurih ini ada yang bisa langsung dimakan dengan tanpa diolah, namun ada juga bumbu yang sebaiknya diolah dahulu baru setelah itu dapat dikonsumsi. Kelima bumbu di atas bisa Bunda tambahkan ke dalam masakan Bunda untuk disantap bersama keluarga tercinta di rumah.

Sumber

Medical News Today. (2021). 10 of the healthiest herbs and spices and their health benefits. www.medicalnewstoday.com

Healthline. (2017). 10 Delicious Herbs and Spices With Powerful Health Benefits. www.healthline.com

Ncbi Nlm Nih.gov. (2014). Garlic: a review of potential therapeutic effects. www.ncbi.nlm.nih.gov

Northwestern Medicine McHenry Hospital. Health Benefits of Garlic. www.nm.org

Healthline. (2019). Galangal Root: Benefits, Uses, and Side Effects. www.healthline.com