Penulis: Aulia Elsa | Editor: Handa

Kurma adalah buah yang punya rasa manis dan legit. Buah ini biasa dikonsumsi oleh banyak orang di bulan Ramadhan sebagai salah satu menu berbuka puasa yang dianjurkan. Namun, kurma bukan dikonsumsi saat bulan puasa saja, buah ini bisa Bunda konsumsi kapan saja, ya.

Bahkan jika Bunda berencana menjalani program hamil sangat disarankan mengonsumsi buah kurma, terutama kurma muda. Hal ini karena kurma muda diketahui bisa meningkatkan kesuburan. Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat buah kurma muda terutama untuk program kehamilan, simak penjelasannya di bawah ini yuk BUnda.

1. Mengandung Mineral dan Antioksidan

Kurma muda memiliki kandungan mineral, seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kandungan antioksidan dalam buah kurma muda juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Masyarakat Timur Tengah juga mengonsumsi buah kurma muda di pagi hari secara rutin sebagai detoksifikasi tubuh. Kandungan lain yang bermanfaat dalam buah kurma muda, yaitu kalium, zat besi, vitamin K, vitamin B, dan folat.

2. Merangsang Ovulasi

Kandungan vitamin C dalam buah kurma muda bisa merangsang ovulasi, sedangkan bagi pria, kurma muda dengan kandungan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sperma sekaligus memicu pergerakan sperma tersebut agar bisa mencapai sel telur lebih cepat.

3. Kaya akan Kandungan Hormon

Kurma muda memiliki kandungan hormon oksitosin yang berperan dalam proses kontraksi pada otot dinding rahim wanita, sehingga saat berhubungan intim menjadi lebih terangsang. Selain itu, kandungan hormon botosinnya juga berperan untuk meningkatkan gerak peristaltik pembuluh darah dan uterus rahim, sehingga kesuburan akan meningkat.

4. Dipercaya untuk Mengatasi Ketidaksuburan

Buah kurma muda juga dipercaya mampu mengatasi masalah ketidaksuburan pada pria. Biji dan serbuk sari kurma muda memiliki senyawa yang bekerja layaknya hormon-hormon reproduksi pria maupun wanita. Kandungan vitamin B6-nya juga dianggap bisa menyeimbangkan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh yang penting untuk proses reproduksi.

5. Membantu Memperlancar Persalinan

Mengonsumsi buah kurma muda bagi ibu hamil bisa membantu proses persalinan jadi lebih lancar. Hal ini karena kandungan dalam kurma muda bisa merangsang pembukaan jalan lahir sehingga waktu persalinannya bisa lebih cepat dan mudah.

Ibu hamil yang mengonsumsi kurma muda menjelang persalinan juga terbukti lebih sedikit membutuhkan induksi. Pasalnya, kandungan di dalam buah ini mirip dengan hormon oksitosin, yaitu hormon yang paling berperan dalam proses persalinan ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat buah kurma muda yang dianggap bisa membantu program hamil berjalan lancar. Jika Bunda ingin membuktikan manfaatnya, tidak ada salahnya untuk mencobanya karena buah kurma muda tidak menimbulkan efek samping dan baik untuk kesehatan.

Baca juga: