Penulis: Annisa | Editor: Handa

Daun saga adalah salah satu jenis tanaman, yang masuk dalam daftar Daun Inventarisasi Tanaman Obat Indonesia pada tahun 1994. Daun saga banyak dicari karena menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan. Tak heran jika daun saga menjadi komoditas penting untuk industri obat herbal di Indonesia.

Bunda bisa memanfaatkan daun saga untuk kesehatan sebagai obat herbal yang aman. Namun, Bunda harus wasapda sebab pohon saga tidak bisa dimanfaatlkan semuanya. Pasalnya, biji pohon saga memiliki kandungan racun yang berbahaya bagi manusia jika dikonsumsi.

Sementara daunnya, memiliki kandungan yang bisa mencegah dan mengobati beberapa kondisi, seperti flu, demam, hingga sariawan. Berikut 5 manfaat penting daun saga untuk kesehatan tubuh.

1. Obat Batuk dan Flu

Daun saga dikenal sebagai antitusif yang dapat melegakan tenggorokan. Oleh karena itu, daun saga ini juga dikenal untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan.

Salah satu cara mengonsumsinya yang mudah adalah dengan membuat teh dari daun saga. Bunda bisa mengeringkan daunnya terlebih dahulu, lalu rebus air dan diseduh. Tidak hanya untuk batuk, daun saga juga bisa membantu mengobati demam, flu, dan pilek.

2. Mencegah Diabetes dan Kanker

Daun saga juga dapat mencegah penyakit diabetes dan kanker. Sebab daun ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat menagkal radikal bebas yang pada umumnya menjadi penyebab kanker.

Jika Bunda ingin mengonsumsinya, sebaiknya tidak bersamaan dengan obat diabetes. Jika daun saga ini dikonsumsi secara bersama dengan obat diabetes, bisa menyebabkan gula darah menjadi  menurun drastis. Solusinya, Bunda bisa mengubah dosis obat diabetes jika diperlukan.

3. Melawan Bakteri dan Mikroba

Daun saga memiliki kandungan flavonoid dan polifenol yang termasuk bioaktif sebagai antimikroba dan antibakteri. Adanya kandungan tersebut guna menghambat perkembangan masuknya jenis penyakit mikroba dan bakteri dalam tubuh.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa manfaat daun saga akan berdampak efektif untuk penyakit yang ada kaitannya dengan bakteri, sepeti Escherechia coli dan Staphylococcus aureus. Bakteri Staphylococcus aureus bisa menyebabkan infeksi di kulit disertai nanah.

Sementara bakteri Escherechia coli bisa menyebabkan diare, dan keracunan makanan. Jika tidak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan sesak napas, hingga terjadi infeksi pada saluran kemih.

3. Mengobati Sariawan

Sariawan bisa menggaggu aktivitas keseharian. Tidak merasa nyaman saat makan, hingga berbicara. Daun saga bisa menjadi solusi untuk mengobati sariawan.

Caranya mudah, Bunda bisa menjemur daun saga hingga kering, lalu kunyah daunnya, dan langsung buang. Pastikan Bunda tidak menelannya. Tidak hanya itu, Bunda juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur yang mujarab. Cukup dengan gunakan air rebusan dari daun saga.

Bunda bisa merebus sebanyak 10 gram daun saga, 1/2 liter air hingga mendidih. Setelah itu, saringlah dan gunakan air daun saga tersebut sebanyak 2-3 kali sehari saja.

4. Mengatasi Herpes Zoster

Herpes zoster atau yang dikenal dengan cacar ular ini ditandai dengan munculnya kulit bintil yang berisi air pada bagian tubuh disertai dengan rasa nyeri. Penyebabnya adalah infeksi dari virus Varicella Zoster yang juga mengakibatkan cacar air. Obat antivirus dibutuhkan guna menyembuhkan cacar dengan cepat.

Pasalnya, daun saga mengandung abirin, yakni zat kimia yang merupakan bahan kimia beracun. toksin abrin diketahui dapat membunuh virus atau bakteri berbahaya.

Jadi berhati-hatilah dalam mengonsumsinya ya Bund, pastikan tidak berlebihan untuk mencegah efek samping yang tidak di inginkan. Seperti mual dan muntah, diare, detak jantung berdebar, hingga ada masalah pada kulit segera berhenti gunakan daun saga ini.

Baca juga: