Penulis: Agatha | Editor: Handa

Tahukah Bunda, kalau lebah tak hanya memproduksi madu? Ternyata lebah juga menghasilkan propolis atau merupakan zat resin yang serupa dengan getah. Propolis sendiri memiliki banyak menfaat untuk lebah yaitu untuk menutup celah yang ada di sarang guna mencegah datangnya penyusup. Sementara zat anti-mikroba yang terkandung di dalamnya dapat melindungi lebah dari patogen.

Uniknya, propolis memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda tergantung lokasi sarang lebah dan bunga yang dihisap oleh lebah. Propolis yang berasal dari Eropa tentu berbeda dengan yang berasal dari Indonesia maupun Amerika Serikat.

Selain itu, ternyata propolis juga bermanfaat bagi manusia loh Bunda! Terutama untuk kesehatan. Propolis sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

Bunda ingin mengkonsumsi propolis? Sebelum mengonsumsinya, ada baiknya jika Bunda mengetahui berbagai manfaat propolis untuk kesehatan. Ini dia beberapa diantaranya:

1. Menyembuhkan Luka

Manfaat propolis yang utama yaitu mampu menyembuhkan luka bahkan luka bakar juga. Hal ini karena propolis memiliki kandungan senyawa pinocembrin dan perak sulfadiazin. Kedua senyawa tersebut berkhasiat untuk menumbuhkan sel-sel baru sehingga propolis dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

Bunda tertarik mencobanya? Cukup oleskan propolis ke atas luka untuk mengurangi peradangan. Tak hanya dikhususkan untuk dewasa, anak kecilpun juga boleh menggunakan propolis.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Bunda memiliki kulit berjenis acne prone? Jika iya, Bunda bisa menggunakan propolis untuk mengurangi efek kemerahan yang timbul akibat jerawat. Zat yang terkandung dalam propolis dipercaya dapat mengurangi pigmentasi dan kemerahan akibat peradangan. Selain itu, propolis ini juga dinilai mampu untuk mengatasi masalah-masalah lain pada kulit Bunda, seperti menghilangkan sel-sel kulit mati.

Untuk mendapatkan hasilnya Bunda dapat mencoba kedua cara berikut. Pertama, Bunda minum propolis yang kini sudah banyak dijual diapotek. Cara kedua, Bunda bisa mengoleskan produk propolis langsung pada kulit yang bermasalah, seperti pigmentasi; jerawat; atau kemerahan.

3. Membantu Menyembuhkan Herpes

Apabila Bunda menderita herpes, propolis menjadi produk yang tepat untuk menyembuhkannya. Namun tak semua herpes bisa disembuhkan dengan propois ya Bund! Herpes yang dapat disembuhkan dengan propolis berupa herpes kelamin (herpes genital) dan herpes yang muncul di area bibir serta wajah.

Produk propolis yang dapat Bunda gunakan adalah yang berbentuk salep. Salep dengan kandungan flavonoid propolis mampu mengurangi nyeri herpes kelamin lebih cepat daripada salep herpes biasa. Jadi, Bunda dapat mengoleskan salep propolis ke luka herpes yang ada di wajah atau kelamin, hingga luka tersebut berkurang dan berangsur sembuh.

4. Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut

Bau mulut dan gigi rusak memang bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri! Nah, kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga Bunda dapat menggunakan produk obat kumur, pasta gigi, dan permen tenggorokan yang mengandung propolis. Hal ini dikarenakan propolis memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang mampu menekan kinerja bakteri perusak gigi dan mulut.

5. Mencegah Kanker

Propolis juga dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mencegah pertumbuhan sel kanker atau mengurangi efek dari kanker. Kabarnya, propolis juga dapat digunakan sebagai obat herbal terapi tambahan untuk kanker payudara.

Produk propolis untuk mengobati dan mencegah kanker itu belum ada penelitian lebih lanjut. Untuk itu, Bunda tetap harus berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsinya sebagai obat pencegah kanker.

Itu tadi manfaat-manfaat yang terkandung dalam propolis. Bunda tetap harus pandai dan waspada dalam memilih propolis. Selain itu, perhatikan juga kondisi tubuh Bunda karena belum ada penelitian lanjut apakah propolis aman untuk dikonsumsi wanita hamil dan menyusui. Tetap konsultasi ke dokter dulu ya Bund, sebelum mengkonsumsinya!

Baca juga:

Sumber

Alodokter. (2021). Kenyataan Mengenai Propolis. alodokter.com 

Medical News Today. (2021). Propolis. www.medicalnewstoday

Kompas. (2020). Manfaat Propolis untuk Kesehatan www. health.kompas.com

Hello Sehat. (2021). 5 Manfaat Propolis, Getah Lebah yang Penuh Khasiat (Tidak Kalah dari Madu!). www.hellosehat.com