Penulis: Siti Rulli | Editor: Handa

Diet menjadi salah satu solusi bagi sebagian orang untuk menurunkan berat badan. Apakah Bunda menjadi salah satunya? Perlu Bunda ketahui, ada banyak tipe diet yang bisa Bunda pilih, seperti diet karbo, diet gluten, diet mayo, dan lain-lain. Nah, meskipun Bunda melakukan diet, bukan berarti Bunda tidak memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi.

Selain itu, yang seringkali menjadi pertanyaan juga adalah apakah saat diet boleh makan malam. Untuk makan malam sebenarnya bisa saja Bunda lakukan. Bedanya hanya di bagian menu yang akan Bunda konsumsi saja. Berikut ini beberapa rekomendasi menu makan malam yang telah Catatan Bunda rangkum.

1. Sup Bening

Rekomendasi menu makan malam untuk diet yang bisa Bunda pilih adalah sup bening. Sup merupakan jenis makanan yang rendah kalori namun memiliki kandungan air yang cukup banyak dan bergizi. Selain itu sup bening juga mengenyangkan, sehingga tepat dikonsumsi ketika sedang diet.

Bunda bisa memilih berbagai jenis sayuran dan protein sebagai isiannya. Tapi, usahakan jangan menggunakan santan ataupun krim, ya. Cukup pakai air kaldu saja ketika ingin mengonsumsi sup sebagai menu makan malam untuk diet.

2. Susu dan Sereal

Tidak hanya cocok menjadi menu sarapan, susu dan sereal juga bisa jadi hidangan makan malam lho Bunda. Bedanya, jika digunakan menu makan malam Bunda wajib mengatur porsi dan kalorinya.

Sebisa mungkin jangan mengonsumsi sereal dengan kalori diatas 300 ya, Bunda. Ada baiknya satu cangkir sereal jagung dengan 100 kalori ditambah dengan setengah cangkir susu tanpa lemak dengan 45 kalori saja sebagai menu makan malam.

3. Buah Alpukat Tanpa Gula

Menu makan malam untuk diet selanjutnya adalah alpukat. Buah alpukat bisa Bunda konsumsi untuk menahan lapar di malam hari. Meskipun alpukat mengandung lemak, Bunda tidak perlu khawatir.

Sebab, lemak dalam buah alpukat merupakan asam lemak tak jenuh yang tidak membuat gemuk. Bakan, asam lemak dalam buah alpukat ini juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan rendah kalori. Sehingga Bunda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.

4. Telur Rebus

Telur rebus juga bisa jadi menu makan malam buat Bunda yang sedang diet. Telur rebus mengandung lemak dan protein yang menyehatkan jika dikonsumsi. Tidak hanya itu saja, kandungan yang ada pada kuning telur juga mengandung hampir semua jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini akan membantu Bunda tidak mudah lapar.

5. Buah Beri

Terkadang ketika malam hari Bunda menginginkan makanan yang manis untuk dikonsumsi. Tapi karena diet, jadi bingung mau makan apa di malam hari. Bunda bisa mengonsumsi buah beri sebagai pilihannya.

Kandungan serat dan magnesium pada buah beri bisa membantu menenangkan saraf sehingga Bunda bisa tidur rileks. Jika, Bunda tidak bisa mengonsumsi beri dalam keadaan polos, Bunda bisa tambahkan susu untuk menambah cita rasa.

Itulah rekomendasi menu makan malam untuk diet. Tidak perlu menahan lapar jika tengah malam meskipun diet. Bunda hanya perlu mengatur kalori yang masuk kedalam tubuh saja agar program diet menjadi berhasil. Jadi, selamat menjalankan diet dan tetap penuhi nutrisi dalam tubuh, ya Bunda.

Baca juga: