Penulis: Irma | Editor: Handa

Tahukah Bunda kandungan karbohidrat pada makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah? Maka dari itu, jenis makanan yang kaya akan karbohidrat tidak cocok untuk penderita diabetes. Salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan karbohidrat adalah roti.

Meski begitu, bukan berarti Bunda tidak boleh makan roti sama sekali, karena ada jenis roti yang bisa dikonsumsi penderita diabetes, seperti roti gandum. Pasalnya, roti yang mengandung 100 persen gandum memiliki bahan serat yang tinggi, sehingga makanan ini aman bagi penderita diabetes.

Asosiasi Diabetes di Amerika juga menyarankan masyarakat yang mempunyai diabetes untuk mengonsumsi roti gandum saja. Sebab roti putih mengandung gula tambahan dalam pengolahannya. Berikut beberapa roti gandum yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, antara lain:

1. Mr. Bread jenis Roti Tawar Gandum

Roti ini mudah ditemukan dan harganya yang terjangkau. Dua kualitas itulah yang bisa menggambarkan roti gandum yang satu ini, Bunda. Ingat-ingat untuk memilih varian roti tawar gandum ya, Bunda.

Sebab, kandungan rotinya terdiri dari kadar gula yang rendah juga tidak terdapat kandungan kolesterol di dalamnya. Cocok untuk penderita diabetes dan bisa juga di santap untuk Bunda yang tengah menjalankan diet sehat.

2. Roti Gandum: The Living Bread Sourdough Whole Wheat

Meski harganya lebih mahal dari Mr.Bread, merk roti gandum yang satu ini juga bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, roti ini cocok untuk di konsumsi penderita diabetes, asam lambung, dan maag.

Roti gandum ini tidak menggunakan bahan ragi, juga bahan pengembang buatan untuk roti. Dengan bahan tersebut, The Living Bread Sourdough Whole Meat diklaim lebih sehat pun lebih awet ketimbang merk yang lain.

3. Sari Roti Gandum

Bunda pasti sudah tidak asing dengan merk yang satu ini. Yup, merk Sari Roti memang sangat terkenal di pasaran. Selain mudah ditemukan, merek Sari Roti mengeluarkan banyak varian seperti rasa original, pandan, coklat, dan gandum.

Bunda bisa memilih varian gandum karena merk Sari Roti mengandung serat tinggi yang cocok untuk penderita diabetes dan untuk program diet.

4. Roti Gandum: Garmelia Bakery

Roti gandum yang satu ini buatan lokal yang berasal dari Bandung. Meskipun demikian, roti ini sudah tersebar ke banyak toko seluruh kota di Indonesia. Bunda juga sudah bisa dengan mudah mencarinya di marketplace jika ingin praktis.

Ukuran roti Garmelia Bakery, perlembarnya tergolong besar. Sehingga membuat konsumen mudah kenyang ketika memakannya.

5. Roti Gandum: Yamazaki Myroti Funwari

Yamazaki Myroti mengeluarkan banyak varian termasuk coklat dan white soft tawar. Bunda bisa memilih varian funwari gandum yang pada kemasannya berwarna coklat keemasan karena cocok untuk diet dan diabetes.

Dengan isi 8 lembar per bungkusnya, roti gandum merk yang satu ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Dengan bahan berkualitas, Myroti Gandum merupakan roti kaya akan serat yang halus dan mudah untuk dikonsumsi oleh semua kalangan.

Saat membeli, Bunda bisa cek pada label bahan-bahan pembuatan roti. Bunda bisa mengusahakan memilih roti yang memiliki bahan gandum utuh, rendah gula tambahan, serta roti yang memiliki banyak kandungan serat.

Baca juga: