Penulis: Siti Rulli | Editor: Handa

Bagi para pecinta kopi, minum secangkir kopi setiap hari menjadi kebutuhan wajib. Tapi, karena dompet menipis di akhir bulan, kadang membuat rutinitas ini jadi hal yang tidak bisa dilakukan. Untuk menghemat pengeluaran, Bunda bisa membuat kopi tanpa ampas sendiri di rumah.

Meskipun dibuat sendiri di rumah, rasanya dijamin tidak kalah nikmat dengan yang dijual di coffee shop. Apalagi ketika Bunda menambahkan susu, es batu, dan membuatnya menjadi dalgona coffee. Berikut rekomendasi merek kopi tanpa ampas yang bisa Bunda jadikan pilihan.

1. Luwak White Coffee

Kopi tanpa ampas merek luwak white koffie ini cocok untuk menemani hari-hari Bunda. Kopi ini terbuat dari biji kopi berwarna putih sehingga aman bagi lambung. Selain itu, aromanya yang khas dan mudah larut ketika diseduh menjadikannya cocok untuk dibuat dalgona.

Untungnya lagi, harga luwak white koffie juga murah, loh Bunda. Satu packnya dibanderol mulai dari Rp10.000 saja. Dengan harga tersebut, Bunda bisa menyeduh kopi berkali-kali.

2. Nescafe Classic

Kopi tanpa ampas selanjutnya yang cocok dibuat dalgona adalah nescafe classic. Jenis kopi tanpa ampas ini merupakan bubuk kopi robusta yang dikemas berbentuk sachet. Jadi, Bunda tidak perlu menakar lagi untuk menyeduhnya.

Selain itu, tekstur kopi yang pas juga mudah larut dalam air, ya Bunda. Nescafe classic sendiri juga masuk dalam jajaran kopi hitam yang bisa dinikmati dalam keadaan dingin. Untuk harganya cukup terjangkau Bunda, yaitu mulai dari Rp5.000 saja.

3. Good Day

Apakah Bunda pecinta kopi dengan aneka rasa? Bunda bisa mencoba kopi good day. Kopi tanpa ampas ini memiliki variasi rasa mulai dari vanilla latte, cappucino, dan lain-lain. Tidak hanya rasanya saja yang cukup beragam, merek kopi satu ini juga ada yang khusus dinikmati dalam keadaan dingin.

Jadi dijamin rasanya tidak berubah dan tetap nikmat. Apalagi Bunda yang punya asam lambung, mengkonsumsi kopi jenis ini juga aman karena rasa asamnya sudah dikurangi. Untuk harganya sendiri adalah mulai Rp 6.000 saja.

4. Torabika Creamy Latte

Merek kopi tanpa ampas yang juga cocok dibuat dalgona adalah torabika creamy latte. Merek kopi jenis ini terkenal dengan tingkat kemanisan yang bisa disesuaikan selera. Sebab, gulanya dipisah dan memiliki berbagai pilihan rasa. Pilihan rasa pada torabika creamy latte sendiri, mulai dari cappucino sampai dengan vanila. Untuk harganya cukup terjangkau, ya Bunda, mulai dari Rp10.000 saja.

5. Indocafe Coffeemix

Kopi tanpa ampas yang juga tidak kalah populer adalah indocafe coffemix. Merek kopi satu ini memiliki kandungan krimer, gula, dan kopi instan murni. Jadi, untuk tingkat kemanisannya sudah cukup, sehingga Bunda tidak perlu menambahkan gula lagi.

Indocafe coffeemix juga bisa dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir rasanya akan berubah ketika ditambahkan es batu dan susu cair ketika dibuat dalgona. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp2.000 per sachet.

Tips Memilih Kopi Instan Tanpa Ampas

Kopi tanpa gula berlebih dan murni sebenarnya baik untuk kesehatan. Tapi sayangnya, banyak kopi sachet yang sudah dicampur gula maupun krimer sehingga tingkat kemanisannya cukup tinggi. Berikut tips yang bisa Bunda lakukan untuk memilih kopi instan tanpa ampas:

  • Pilih kopi yang 100 persen murni. Bunda bisa membaca kemasannya untuk memastikan sebelum membeli.
  • Tidak ada tambahan zat perisa maupun pewarna.
  • Tidak mengandung zat pemanis buatan misalnya saja sukralosa.

Itulah rekomendasi pilihan kopi tanpa ampas yang bisa dijadikan pilihan untuk membuat dalgona ala cafe di rumah. Minum kopi memang boleh-boleh saja, tapi jangan sampai berlebihan ya Bunda. Apalagi dengan tingkat kemanisan yang tinggi. Sebab, bisa jadi berakibat kelebihan gula di kemudian hari dan menimbulkan penyakit, seperti diabetes.

Baca juga: