Penulis: Vinna | Editor: Aufia

Iman kepada nabi dan rasul, adalah bunyi rukun iman ke empat yang wajib diyakini oleh umat Islam. Dalam ajaran Islam, ada 25 nabi dan rasul yang harus kita ketahui. Dan tahukah Bunda, bahwa diantara 25 nabi tersebut, 5 diantaranya adalah Rasul Ulul Azmi?

Apa maksud dari ulul azmi? Siapa saja nabi yang bergelar Rasul Ulul Azmi? Cari tahu di bawah ini, yuk Bund!

Apakah Pengertian Rasul Ulul Azmi?

Ulul Azmi artinya utusan Allah SWT yang memiliki ketekunan dan kemauan kuat dalam memenuhi tugas yang diperintahkan oleh Allah. Kelima nabi dan rasul tersebut memiliki sifat sabar dan ketabahan yang luar biasa selama menghadapi cobaan demi cobaan.

Seperti ketika menghadapi hinaan, cacian hingga ancaman pembubuhan. Dan kelima nabi dan rasul yang bergelar Ulul Azmi tersebut adalah Nabi Nuh AS, Nabi Musa AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW.

Apa saja Mukjizat nabi Ulul Azmi?

Selain ketabahan dan ketekunannya, Allah SWT juga menganugerahkan mukjizat yang luar biasa kepada kelima rasul ulul azmi. Mukjizat tersebut adalah:

1. Nabi Nuh AS

Menghabiskan 950 tahun berdakwah menyerukan kepada umatnya agar meninggalkan berhala dan menyembah Allah SWT, Nabi Nuh juga tak luput dari cacian umatnya. Hal ini bermula ketika umatnya tidak mengindahkan seruan Nabi Nuh. Kemudian turunlah wahyu Allah yang memerintahkan beliau untuk membuat kapal besar. Karena sebentar lagi akan terjadi banjir bandang.

Tentu saja sebagian besar umat Nabi Nuh tidak mempercayai hal tersebut, ketika beliau mengabarkan akan terjadi banjir bandang. Bahkan banyak yang mencemooh saat mengetahui beliau membuat kapal besar. Karena daerah tersebut memang tidak pernah dilanda banjir.

Hingga akhirnya banjir besar benar-benar datang. Nabi bersama orang-orang beriman serta berpasang-pasang hewan selamat. Di dalam kapal mereka menyaksikan bencana dahsyat yang menimpa umat kafir.

Di antaranya adalah istri dan anak Nabi Nuh, yang menolak masuk kapal dan akhirnya tenggelam. Nabi Nuh dan umatnya yang beriman mendarat dengan selamat di Gunung Judi. Hal ini membuktikan bahwa mukjizat Allah itu benar dan nyata adanya.

2. Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim juga memiliki tugas untuk mengajak umatnya meninggalkan berhala dan hanya menyembah Allah. Sayangnya, umat Nabi Ibrahim tetap setia kepada keyakinan mereka, termasuk ayahnya sendiri. Akhirnya Nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhala tersebut.

Perbuatannya dianggap sebagai kejahatan besar sehingga beliau diadili oleh Raja Namrud. Nabi Ibrahim diikat lalu dilemparkan ke dalam kobaran api. Tetapi mukjizat Allah terjadi kepadanya, beliau bisa keluar dari kobaran api tanpa luka sedikitpun.

Selain itu Nabi Ibrahim juga dianugerahi kesabaran yang luar biasa. Hal ini terbukti ketika beliau mendapat perintah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Beliau tetap menjalankannya dengan patuh. Oleh Allah, Nabi Ismail pun kemudian diganti dengan domba dari surga. Sungguh betapa besar kekuasaan Allah sehingga semua mukjizat itu terjadi.

3. Nabi Musa AS

Nabi Musa ditugaskan untuk membebaskan Bani Israil, mengajak Firaun menyembah Allah dan mengangkat saudaranya, Nabi Harun sebagai perdana menterinya. Sayangnya Firaun tidak menerima ajaran Nabi Musa dan menolak  misi kenabiannya.

Hingga suatu ketika, umat Nabi Musa dikejar oleh pasukan Firaun, hingga mereka terdesak di tepi Laut Merah. Kemudian turunlah mukjizat Allah dimana tongkat Nabi Musa dapat membelah Laut Merah. Sehingga mereka dapat menyeberang, sedangkan Firaun dan pasukannya tenggelam. Mukjizat lain Nabi Musa adalah tongkatnya yang dapat berubah menjadi ular. Terdengar mustahil, namun atas izin Allah peristiwa tersebut benar-benar terjadi.

4. Nabi Isa AS

rasul ulul azmi dan mukjizatnya

Kelahiran Nabi Isa tidak biasa karena ibunya (Maryam) seorang perawan yang saleh. Beliau hamil Nabi Isa, setelah lengan bajunya diberi nafas oleh Malaikat Jibril. Hal ini adalah salah satu bukti dari kekuasaan Allah. Mukjizat lain Nabi Isa antara lain dapat langsung berbicara setelah dilahirkan untuk membela ibunya dari fitnah hamil diluar nikah. Serta atas izin Allah, dapat menghidupkan orang yang telah meninggal.

Saat dewasa, beliau terus mengajak umatnya menyembah Allah, namun hanya sedit yang mengikutinya. Bahkan, ada yang mencoba membunuh Nabi Isa. Tetapi mukjizat terjadi, Allah menyelamatkannya. Umatnya malah menangkap orang lain yang memiliki wajah menyerupai Nabi Isa.

5. Nabi Muhammad SAW

nasab nabi muhammad saw

Rasulullah terkenal karena berperilaku terpuji, sabar, dan berbudi pekerti luhur. Mukjizat yang diturunkan Allah kepada beliau antara lain dapat membelah Bulan dan peristiwa Isra Mi’raj untuk mendapatkan perintah sholat 5 waktu.

Isra Mi’raj merupakan rangkaian perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil haram ke Masjidil Aqsa kemudian ke langit ketujuh yang ditempuh hanya dalam satu malam. Beliau juga dianugerahi mukjizat Al-Quran, kitab suci sekaligus pedoman hidup umat islam.

Itulah 5 nabi dan rasul Ulul Azmi beserta mukjizatnya. Semoga sifat terpuji beliau bisa menjadi teladan Bunda sekeluarga, ya! Aamiin

Baca Juga: