Penulis: Diana | Editor: Handa

Masa kanak-kanak khususnya anak usia dini biasanya sering disebut dengan masa keemasan atau golden age. Alasannya adalah pada usia tersebut pertumbuhan dan perkembangan manusia sedang terjadi secara pesat.

Jadi, Bunda harus tau bahwa banyak faktor yang dapat memengaruhi tumbuh kembang manusia, salah satunya adalah pemberian nutrisi atau gizi, salah satunya minyak ikan. Minyak ikan mempunyai kandungan omega-3 yang sangat penting untuk pertumbuhan, terutama untuk peningkatan daya tahan tubuh, perkembangan otak, dan kecerdasan si kecil.

Minyak ikan tidak hanya berbentuk makanan ya Bunda, tetapi Bunda juga bisa memberikan minyak ikan berbentuk suplemen. Berikut rekomendasi suplemen minyak ikan yang telah dirangkum oleh Catatan Bunda, yaitu:

1. Nordic Naturals Children’s DHA

Minyak ikan berbentuk soft gel dengan rasa stroberi ini tentu membuat anak semakin bersemangat untuk memakannya ya, Bunda. Suplemen ini membantu perkembangan otak serta membantu meningkatkan konsentrasi serta daya ingat anak ketika belajar. Tidak lupa pula, suplemen ini berfungsi menjaga mood anak ya Bunda.

Kandungan vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata, serta vitamin D untuk kesehatan tulang dan jantung tentu tidak boleh Bunda lewatkan ada dalam satu suplemen ini. Diolah dengan cara non GMO yang membuat keutuhan nutrisinya tetap terjaga dan telah memenuhi syarat Pharmaceutical International Standart.

2. Childlife Pure DHA

Biasanya ya Bunda, minyak ikan hadir dalam bentuk gel, cair, dan kapsul sehingga anak mengalami kesulitan ketika mengonsumsinya. Tapi dalam suplemen ini, hadir dalam bentuk kunyah dengan rasa stroberi yang malah bikin anak jadi ketagihan loh, Bunda. Bahan yang digunakan aman tanpa bahan pewarna, perasa, dan pemanis buatan ya Bunda sehingga dapat aman untuk dikosumsi.

Suplemen ini terbuat dari ikan kod murni yang memiliki banyak kandungan omega 3 serta gelatin yang dibuat dari ikan. Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami dan tentunya kualitas terbaik ya Bunda. Untuk keamanan pokoknya Bunda gak perlu khawatir, karena produk ini telah lolos uji standar internasional dan diklaim bebas dari logam, merkuri, serta racun lainnya.

3. K-Max Golden Alaska

K-Max Golden Alaska adalah minyak ikan berbentuk kapsul yang terbuat dari ikan perairan laut dalam. Ikan ini banyak mengandung omega 6, 3, dan 9 yang baik untuk kesehatan tubuh. Cara minum minyak ikan ini bisa langsung ditelan ataupun diteteskan pada mulut.

Rasa minyak ikan ini tidak terlalu amis ya Bunda sehingga tidak hanya cocok digunakan oleh anak-anak saja tapi sampai orang dewasapun, iya. Harganya yang tidak terlalu mahal dengan banyak manfaat seperti meningkatkan kemampuan otak, daya tahan tubuh, bagus untuk kesehatan mata dan tulang. Tidak lupa juga produk ini aman dikonsumsi dan tidak mengandung bahan berbahaya ya Bunda.

4. Nutrimax Kidz Omega 3

Dilengkapi dengan natural lemon essence, membuat suplemen ini tidak amis dan pasti disukai oleh anak. Diformulasikan untuk memaksimalkan proses tumbuh kembang otak, mata, serta fisik dan mental, membuat suplemen ini bebas dari berbagai polutan. Adapun manfaat lain yang bisa anak Bunda dapat adalah membantu menyehatkan pernapasan, pencernaan, dan kulit.

Produk ini mengandung kadar omega-3 sampai 70% yang diekstrak dari minyak ikan salmon. Disarankan untuk mengonsumsi 2-3 butir per hari untuk mengoptimalkan manfaat omega-3 untuk tumbuh kembang anak ya Bunda.

5. Puritan’s Pride

Bunda sedang mencari minyak ikan premium? Puritan’s Pride jawabannya. Produk ini bebas merkuri karena telah disterilkan dengan mesin teknologi tinggi. Selain itu, minyak ikan ini terbebas dari gula, pemanis buatan san bahan pengawet, sehingga aman ya Bunda untuk dikonsumsi setiap hari.

Minyak ikan ini mengandung omega 3 dan 6 yang bagus untuk kesehatan otak. Tidak hanya itu, setiap softgel dari minyak ikan ini dapat memperlancar peredaran darah dari dalam tubuh.

Baca juga: