Penulis: Diana | Editor: Handa

Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan untuk proses pembentukan tulang dan gigi, kontraksi otot (termasuk otot jantung), serta mengatur kinerja enzim dan hormon yang ada dalam tubuh. Bagi ibu hamil, kalsium memiliki peran lain yang sangat penting, yaitu mencegah terjadinya hipertensi serta tekanan darah tinggi.

Hipertensi pada kehamilan sangat erat kaitannya dengan kejadian preeklampsia ataupun eklampsia yang bisa mengancam nyawa ibu ataupun bayi yang ada di dalam kandungan. Karenanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan ibu hamil mengonsumsi suplemen kalsium.

Perlu dipahami, ibu hamil membutuhkan asupan kalsium sebesar 1.000 mg. Jika Bunda Tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut melalui konsumsi makanan, suplemen bisa dijadikan pilihan. Berikut ini 5 rekomendasi terbaik suplemen kalsium yang Catatan Bunda rangkum khusus untuk Bunda:

1. Bio Cal-95

Salah satu suplemen kalsium untuk ibu hamil yang bisa dijadikan pilihan adalah Bio Cal-95. Produk ini dapat dikonsumsi untuk bisa memenuhi kebutuhan asupan kalsium bagi ibu hamil ataupun menyusui.

Suplemen ini diformulasikan secara khusus untuk bisa meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Suplemen ini bisa didapatkan dengan harga Rp. 180.000 untuk isi 30 kaplet per kemasan yang diklaim dapat membantu mencegah osteoporosis.

2. Osfit DHA Kapsul

Suplemen ini membantu dalam pemenuhan kebutuhan kalsium dan DHA selama masa kehamilan. Kedua nutrisi ini dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan dan kesehatan ibu hamil.

Satu kapsul osfit DHA mengandung kalsium karbonat 500 mg, minyak ikan tuna 200mg, dan vitamin D3 100 IU. produk ini dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp. 6.000 per kemasan yang berisi 10 kapsul.

3. Cavit D3 tablet

Cavit-D3, suplemen kalsium untuk ibu hamil. Suplemen ini memiliki kandungan bahan aktif kalsium hidrogen fosfat dan cholecalciferol (vitamin D) yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil sekaligus perkembangan bayi dalam kandungan.

Selain itu, tablet kalsium untuk ibu hamil ini juga dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis (pengeroposan tulang). Suplemen ini bisa didapatkan dengan harga Rp. 75.000 per kemasan untuk isi 100 tablet.

4. Kalzana D-Tablet

Perlu diketahui bahwa ibu hamil rentan mengalami osteoporosis dikarenakan kalsium yang pada tubuh ibu terbagi dengan bayi dalam kandungan. Maka untuk mencegah terjadinya hal tersebut, konsumsi suplemen kalsium seperti Kalzana D-Tablet bisa menjadi solusi dan pilihan yang tepat.

Kandungan vitamin D3 dan kalsium pada suplemen ini dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang pada ibu hamil dan membantu proses perkembangan janin. Suplemen ini bisa didapatkan dengan harga mulai Rp. 9.000 per kemasan berisi 10 tablet.

5. Osteocare Tablet

Suplemen kalsium untuk ibu hamil trimester 3, Bunda dapat mencoba Osteocare Tablet. Tablet kalsium ini berguna untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu hamil dan lansia. Harga Osteocare Tablet juga bisa dibilang terjangkau dengan harga Rp. 33.000 untuk kemasan isi 6 tablet dan Rp. 140.000 untuk isi 30 Tab.

Bunda, itu dia 4 jenis suplemen kalsium yang disarankan untuk dikonsumsi saat masa-masa kehamilan Bunda. Jangan lupa juga diiringi dengan makanan bergizi dan istirahat yang cukup ya Bunda agar Bunda selalu bersemangat untuk menjalankan hari.

Baca juga: