Penulis: Diana Islami | Editor: Handa

Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan untuk ayah dan Bunda. Namun perlu dipahami, Tuhan tidak hanya sekedar memberikan anugerah tersebut, akan tetapi Bunda juga harus menjaga dan merawatnya.

Pasalnya, setiap anak memiliki hak yang harus Bunda penuhi. Lantas, apa saja hak seorang anak? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Hak Perlindungan dan Keamanan dari Kekerasan

Setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan rasa aman dari kedua orang tua mereka. Bahkan kekerasan di dalam rumah terhadap anak bisa menghentikan ketentraman seorang anak di dalam keluarganya. Kekerasan yang dimaksud tidak hanya kekerasa fisik saja, namun juga kekerasan verbal, seperti membentak, bernada tinggi, atau menggunakan kata-kata kasar.

Tidak jarang pula, kekerasan semacam itu memberikan dampak yang buruk kepada anak bahkan bisa juga menimbulkan trauma. Mengetahui pentingnya kesehatan jiwa, maka sebagai orang tua, Bunda dan ayah harus selalu memberikan rasa aman kepada sang anak.

2. Hak Kasih dan Sayang dari Orang Tua

Kasih sayang orang tua adalah bentuk kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi oleh orang tua. Tanpa rasa kasih sayang dan perhatian orang tua, anak tidak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Pasalnya, orang tua menjadi support system terbaik yang dapat memberikan motivasi diri untuk mereka.

Bentuk kasih sayang orang tua kepada anak bisa dalam bentuk apapun, seperti selalu memperhatikan kesehatan mereka, menanyakan apakah mereka sedang ada masalah atau tidak, memilihkan anak sekolah yang bagus. Kasih sayang anak tidak hanya sebatas sewaktu mereka kecil saja, sampai dewasa pun kasih sayang dan perhatian orang tua kepada anak harus selalu dipenuhi.

3. Hak Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan

Pendidikan adalah hal penting yang tidak boleh terlewati untuk si kecil ya, Bun, karena pendidikan merupakan proses anak menuntut ilmu untuk bekal kehidupan di dunia dan akhirat, jadi harus benar-benar dipilihkan dan dipenuhi dengan baik.

Adapun pendidikan tidak hanya di dalam ranah sekolah, tetapi lingkungan keluarga juga dapat menjadi proses pendidikan untuk anak. Jadi Bunda harus pastikan bahwa proses mendidik anak dalam lingkungan sekolah ataupun keluarga sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan si kecil.

4. Hak Pemenuhan Asupan Gizi

Untuk membantu perkembangan otak dan tubuh, si kecil perlu mengonsumsi asupan gizi yang baik agar bisa tumbuh dengan optimal. Makanan sehat dalam menu masakan Bunda harus selalu diperhatikan agar kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi dan terhindar dari risiko stunting, daya tahan  tubuh lemah, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Selain itu, gizi yang seimbang juga dapat membuat anak memiliki energi yang cukup dan lebih aktif.

5. Hak Kebebasan dalam Berpendapat

Setiap anak memiliki pemikirannya sendiri yang tidak bisa dipaksakan dengan pemikiran orang tua. Mereka punya cara pandang sendiri dalam memandang suatu hal baik untuk hidup mereka.

Adapun sebagai orang tua, Bunda tidak boleh otoriter dan hanya menuntut anak untuk nurut apa yang Bunda inginkan, tapi coba ajak anak untuk menyampaikan pendapatnya sendiri. Dengan begitu, anak merasa dihargai, sehingga mereka tidak perlu merasa takut untuk menyampaikan apa yang mereka inginkan.

6. Hak Bimbingan dan Nasehat dari Orang Tua

Dari kecil hingga dewasa, anak tidak bisa dilepas oleh orang tua. Orag tua harus paham dan peduli bahwa sehebat-hebatnya anak, mereka tetap membutuhkan bimbingan dan nasehat dari orang tua untuk menunjukan mana jalan hidup yang baik dan benar.

Jika nasehat tersebut bisa Bunda kemas dengan baik, maka akan sampai juga pesan kepada anak dengan baik. Sehingga mereka juga tidak akan merasa keberatan untuk mengikuti nasehat dan bimbingan dari orang tua mereka sendiri.

Baca juga: