Penulis: Irma | Editor: Handa

Anak-anak yang terkena bisul bisa membuat Bunda khawatir. Padahal, bisul cukup mudah untuk disembuhkan. Bisul juga tidak tergolong penyakit menular serius. Untuk pertolongan pertama pada bisul, Bunda bisa mengompres bisul dengan menggunakan air hangat.

Gunakan kain bersih yang sudah direndam dalam air hangat, kemudian kompres bisul kira-kira 10 menit. Selain untuk membersihkan area kulit, air hangat mampu membuat infeksi mengempes. Namun, jika bisul tak kunjung sembuh meski sudah dikompres, maka Bunda bisa menggunakan salep dan obat di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Gentamicin

Gentacimin hadir dalam bentuk salep yang ampuh untuk mengobati bisul pada permukaan kulit. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Setelah bisul pada kulit di basuh dengan air bersih, salep Gentamicin bisa dioleskan secara perlahan dengan layer yang tipis.

Penggunaan pakai biasanya 3 hingga 4 kali sehari. Bunda juga disarankan untuk mengoleskan salep pada anak di jam yang sama pada tiap harinya, agar proses penyembuhan lebih cepat.

2. Mupirocin

Mupirocin merupakan salep berjenis antibiotic yang bisa digunakan untuk obat bisul. Obat Mupirocin mengandung bahan polyethylene glycol. Bahan tersebut mudah diserap oleh kulit yang memiliki infeksi. Bunda juga dianjurkan untuk memperhatikan dosis penggunaan terutama jika ingin digunakan pada jangka waktu yang panjang.

3. Benzocaine

Obat bisul Benzocaine hadir dalam obat salep. Ketika obat salep ini dioleskan pada kulit yang terinfeksi, Benzocaine bekerja untuk meredakan sakit yang terasa pada bisul. Seperti obat salep lainnya, Benzocaine sebaiknya digunakan secara tipis-tipis setelah kulit yang terinfeksi bisul sudah dibersihkan.

4. Cephalexin

Berbeda dari obat bisul lainnya, Cephalexin merupakan obat oral yang konsumsi melalui mulut. Cephalexin perlu dikonsumsi dengan dosis yang sesuai karena obat ini memiliki efek samping, seperti sakit kepala atau demam. Bunda dianjurkan untuk lebih memperhatikan dosis pakai obat ini.

5. Clindamycin

Clindamycin merupakan obat jenis ini ada yang dikonsumsi melalui mulut dan ada yang berupa salep ya Bunda, atau biasa disebut sebagai obat oral. Clindamycin biasa digunakan untuk mengobati infeksi yang serius jika bisul pada anak memiliki nanah.

Tergolong obat antibiotik, Clindamycin yang sudah diresepkan dokter atau apotek harus dikonsumsi hingga habis. Obat ini membantu proses penghambatan baktersi dalam melakukan produksi protein. Sehingga infeksi pada tubuh bisa berkurang.

6. Amoxicillin

Obat ini tergolong pada obat antibiotik yang dikemas dalam bentuk tablet dan kapsul. Amoxicillin ini dinilai ampuh untuk mengobati infeksi yang tumbuh pada kulit karena munculnya bakteri.

Obat ini harus dikonsumsi dengan resep dokter agar dosis sesuai kondisi yang dialami. Perlu diingat bahwa obat ini juga memiliki efek samping maka dosis harus sesuai ya Bunda.

Bakteri atau kotoran yang hinggap pada kulit dan menimbulkan bisul perlu ditangani dengan sigap. Segeralah periksakan ke dokter jika bisul tidak kunjung sembuh ya Bunda.

Baca juga: