Penulis: Vinna | Editor: Handa

Ketika buah hati Bunda berusia sekitar 6 bulan, kebutuhan energi dan nutrisinya mulai melebihi apa yang disediakan oleh ASI. Sehingga makanan pendamping ASI (MPASI) diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Jika makanan pendamping ASI tidak diperkenalkan pada buah hati Bunda pada usia sekitar 6 bulan atau jika diberikannya secara tidak tepat, pertumbuhan bayi dapat terganggu. Untuk mendukung dan membantu buah hati sebagai persiapan mendapatkan MPASI, Bunda membutuhkan peralatan yang dirancang sesuai kebutuhan usia mereka. Beberapa peralatan untuk persiapan buah hati mendapatkan MPASI, yaitu:

1. Blender Makanan Bayi

Jika Bunda berencana untuk membuat berbagai bubur sayuran dan buah untuk sang buah hati, maka sangatlah penting memiliki blender genggam. Alat pengolah makanan kecil yang dirancang untuk membumbui rempah-rempah atau kacang-kacangan ini juga bisa berguna untuk mencairkan beberapa sayuran matang atau buah lunak.

2. Piring dan Mangkuk Bayi

Pilihlah piring dan wadah plastik kecil ketika Bunda pertama kali mulai memberi makanan padat pada buah hati. Mangkuk dengan tutup yang pas dan andal sangat penting saat Bunda dan si Kecil bepergian.

Jika sang buah hati tertarik untuk membuang makanan ke lantai, cobalah mangkuk dengan cangkir hisap di bagian bawahnya. Setelah bayi melewati fase melempar makanan, Bunda dapat membeli bentuk mangkuk dan piring yang lebih besar yang terbuat dari bahan plastik keras.

3. Sendok Penyapihan

Sendok dengan ujung karet yang lembut akan membantu melindungi gusi buah hati Bunda yang sensitif. Sedangkan, sendok logam akan tetap panas dan bisa membuat gusi buah hati Bunda terasa seperti terbakar. Dan, sendok berwarna cerah akan menjaga minat dan perhatian mereka.

4. Splash Mat

Mengonsumsi makanan padat memang menyebabkan berantakan. Banyak kotoran akibat makanan akan ditemukan di wajah, tangan, dan celemek buah hati Bunda. Beberapa berada di atas meja, tetapi sebagian besar akan mendarat di lantai.

Dan ketika Bunda membuat bubur atau sup, akan terdapat genangan makanan yang lengket dan sulit dibersihkan di lantai. Akan sangat membantu jika Bunda menggunakan splash mat atau splat mat di lantai. Produk-produk ini memudahkan pembersihan karena Bunda cukup mengangkatnya, dan mengalirkannya di bawah air.

5. Celemek Bayi

Mengenakan celemek bagus bagi buah hati Bunda untuk menikmati waktunya ketika mereka sedang makan, dengan menyentuh, mencicipi, dan bermain dengan makanannya. Pada hari-hari awal, ketika buah hati sedang belajar makan sendiri, pasti makanannya akan berakhir dengan jatuh ke badan mereka.

Celemek plastik wipe-clean yang mengamankan di leher mereka dengan popper, dasi atau perekat Velcro akan sangat berguna. Lalu, celemek kain juga berguna untuk membersihkan kekacauan yang dibuat oleh buah hati. Jika bayi Bunda sangat aktif, Bunda mungkin lebih suka celemek berlengan panjang dengan manset elastis.

Ini akan memungkinkan buah hati menikmati waktu makan mereka, tanpa Bunda harus khawatir jika mereka mengotori pakaian mereka. Bunda juga dapat membeli paket celemek kertas sekali pakai.

6. Kursi Tinggi (High Chair) atau Booster

Si Kecil sudah siap untuk duduk di kursi tinggi ketika mereka bisa duduk tanpa bantuan orang lain. Biasanya ini terjadi saat mereka berusia sekitar lima atau enam bulan. Saat Bunda mempertimbangkan kursi tinggi mana yang akan dibeli, pertimbangkanlah berapa banyak ruang yang Bunda miliki di dapur rumah dan berapa budget yang Bunda miliki.

Bunda tidak perlu membeli kursi yang mewah, tetapi ada baiknya memilih kursi yang tahan lama (terutama jika Bunda berencana memiliki anak lagi) dan buah hati tampak nyaman. Fitur seperti baki yang dapat dilepas dapat sangat membantu untuk pembersihan yang cepat.

7. Cangkir Minum Bayi

Ketika buah hati mulai makan makanan padat, mereka juga bisa mulai minum sedikit air saat mereka sedang makan. Si Kecil sedang belajar minum dari cangkir, dan akan mereka sempurnakan seiring berjalannya waktu.

Buah hati Bunda tidak perlu menggunakan cangkir sippy, tetapi minum dari cangkir sippy biasanya lebih mudah untuk mereka daripada minum dari cangkir yang terbuka. Ditambah, tumpahan dari cangkir sippy jauh lebih berantakan daripada tumpahan dari cangkir yang terbuka.

Ada banyak cangkir bayi di pasaran. Pilih yang bebas BPA dan mudah dibersihkan. Sebagian besar cangkir bayi memiliki pegangan sehingga buah hati dapat belajar mengatur cangkirnya sendiri.

Dengan mempunyai peralatan-peralatan yang dijelaskan di atas merupakan bentuk persiapan Bunda untuk melakukan mpasi pada buah hati. Disarankan agar Bunda memilih peralatan-peralatan mpasi yang sudah lulus uji dan tes sehingga bisa dapat dipercaya, aman digunakan, dan terjamin kualitasnya untuk buah hati tercinta.