Penulis: Aulia Elsa | Editor: Handa

Pagar adalah salah satu komponen yang memperindah sebuah rumah. Pagar juga memberi rasa aman dan kebebasan untuk penghuni rumah dalam melakukan aktivitas di dalam rumah tanpa khawatir terlihat dari luar.

Ada banyak jenis pagar yang digunakan di tiap-tiap rumah, salah satunya adalah pagar yang dibuat dari tanaman hidup. Pagar ini akan memberikan kesan alami dan sejuk serta mempercantik rumah Bunda. Ada banyak tanaman hidup yang bisa digunakan sebagai pagar. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Tanaman Cemara Kipas

Tanaman ini punya tinggi sekitar 3-6 meter dan juga tegak, sehingga sering digunakan sebagai tanaman pagar untuk bangunan rumah yang tinggi. Tanaman ini juga berfungsi sebagai penahan angin dan bisa bertahan hidup di atmosfer kota yang buruk. Kayu dari pohon cemara kipas ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pembuatan furniture dan kayu bakar.

2. Tanaman Soka Jawa

Tanaman khas Jawa sesuai namanya ini banyak ditemukan di pemukiman warga. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna merah agak orange yang tumbuh berkelompok. Daunnya yang lebat dan selalu hijau ini bisa menjadi tanaman pagar untuk rumah Bunda dan membuat rumah terlihat cantik. Untuk merawatnya, tanaman soka Jawa ini butuh pencahayaan dan pengairan yang cukup.

3. Tanaman American Holly

Tanaman yang berasal dari Amerika Serikat ini punya bentuk pohon yang mirip dengan pohon cemara dan mampu tumbuh hingga 20 meter, jadi Bunda perlu memangkasnya secara teratur sebelum pohon ini tumbuh dengan sangat tinggi dan sulit untuk memotongnya. Bentuknya yang tinggi dan berdaun lebat sering dijadikan sebagai tanaman di beberapa rumah.

4. Tanaman Bambu Hias

Tanaman bambu ini memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan sebagai tanaman pagar, contohnya seperti bambu kuning, bambu Jepang, dan bambu air. Bentuknya yang tinggi dan rapat bisa digunakan sebagai pagar rumah Bunda.

Menggunakan pohon bambu sebagai tanaman pagar bisa memberi kesan alami. Selain itu, kesan modern juga bisa didapat jika disusun dan dikombinasikan dengan penataan sekitar rumah.

5. Tanaman Bunga Bougenville

Tanaman ini punya bentuk bunga yang sangat tipis dan mirip dengan daunnya, makanya bunga ini sering disebut bunga kertas. Kelopak bunga ini punya bermacam-macam warna, mulai dari pink, ungu, orange, kuning, putih, bahkan ada yang biru. Jika Bunda ingin memiliki tanaman pagar yang berwarna cerah, tanaman ini bisa dijadikan pilihan sebagai pagar untuk rumah Bunda.

6. Tanaman Pagar Boxwood

Tanaman ini punya banyak bentuk, ada yang bulat, tegak, kerucut, bahkan ada yang menyebar di tanah. Tanaman ini bisa dibentuk sesuai keinginan dengan memotong bagian daunnya. Tanaman Boxwood ini juga tumbuh cepat sehingga Bunda perlu memotongnya secara rutin.

7. Tanaman Pucuk Merah

Tanaman ini punya pucuk daun yang berwarna merah dan oranye. Tanaman ini bisa ditanam berdekatan dan ketika tumbuh lebat bisa dipangkas seperti menyerupai pagar. Pucuk merah juga bisa tumbuh dengan cepat sehingga Bunda perlu memangkasnya secara rutin.

Bunda, itulah macam-macam tanaman hidup yang bisa dijadikan sebagai pagar rumah. Jika Bunda ingin memagar rumah dengan tampilan yang cantik, Bunda bisa menggunakan pilihan tanaman pagar di atas. Jangan lupa disesuaikan juga dengan kondisi lahan dan kebutuhan ya, Bunda.

Baca juga: