Penulis: Aulia Elsa | Editor: Handa

Apakah bunda tahu kalau bentuk puting payudara setiap wanita berbeda? Puting payudara memiliki bentuk, ukuran, serta warna yang unik dan berbeda-beda. Perbedaan itu bisa didasari pada persentase lemak tubuh dan juga elastisitas kulit.

Tetapi perbedaan bentuk puting payudara itu umum dialami dan bukan sesuatu yang berbahaya. Sehingga Bunda tidak perlu mengkhawatirkannya jika bentuk puting Bunda tidak sama dengan bentuk puting ibu atau teman Bunda. Ada baiknya jika BUnda mengenal berbagai bentuk-bentuk puting payudara, antara lain:

1. Bentuk Normal

Ciri dari bentuk puting ini adalah puting payudara terlihat menonjol dan terletak beberapa milimeter dari areola atau daerah yang melingkari puting. Bentuk puting ini bisa lebih menonjol jika terjadi perubahan suhu, simulasi taktil, atau sedang bergairah, bahkan bisa lebih keras.

2. Bentuk Datar

Pada bentuk ini, puting payudara terlihat datar seperti menyatu dengan kulit, bahkan juga terlihat seperti menyatu areola di sekitarnya. Tapi sama seperti puting normal, puting ini tetap akan menonjol jika mendapat rangsangan, perubahan suhu, atau sedang bergairah.

3. Bentuk Puffy

Bentuk puting ini terlihat lebih berisi. Karena berisi itu maka bentuk puting terlihat dari keseluruhan areola. Ukurannya agak besar dan puting juga akan terlihat menonjol ke samping kanan dan kiri di bagian ujung payudara. Bentuk puting ini juga akan mengeras ketika suhu dingin atau mendapat rangsangan.

4. Bentuk seperti Masuk Ke Dalam (Inverted)

Pada bentuk ini, puting terlihat seperti bersembunyi ke dalam areola sehingga tidak terlihat jelas. Puting ini biasanya bisa ditarik dengan mudah dengan jari, namun ada juga yang otot putingnya terlalu kuat sehingga sulit untuk menariknya keluar.

Jenis puting ini biasanya disebabkan karena faktor genetik ataupun jaringan perut. Karena bentuknya yang masuk ke dalam, puting ini agak sulit untuk distimulasi. Namun saat menyusui nanti, puting akan bisa menonjol keluar karena isapan bayi.

5. Bentuk Unilateral

Bentuk ini bisa dikatakan tidak sama besar atau bentuknya antara yang kanan dan kiri, salah satunya bisa terlihat lebih menonjol atau lebih masuk ke dalam. Kondisi ini normal jika bentuknya memang seperti itu sejak awal, namun jika tiba-tiba, bunda perlu memeriksakannya ke dokter agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan.

6. Bentuk Bumpy

Bentuk puting ini memiliki bintik-bintik di sekitar areola yang mengelilingi puting bernama kelenjar montgomery, bentuknya sekilas seperti komedo di wajah. Namun ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan, karena terkadang tiap wanita bisa mengeluarkan sel kulit mati pada bintik tersebut, tetapi tidak semua wanita.

Di beberapa wanita, bentuknya memang tidak terlalu menonjol. Kelenjar yang dihasilkan juga bisa membengkak dan membuat lingkaran sekitar puting jadi seperti terlihat bergelombang.

7. Bentuk Hairy atau Berambut

Puting bentuk ini memiliki rambut atau bulu di area payudara, hal itu normal karena setiap orang memiliki rambut halus di sekitar areola, namun ketebalan dan teksturnya berbeda-beda. Tapi bunda tetap harus memperhatikan pertumbuhan rambut tersebut karena terkadang bisa menyebabkan gatal atau nyeri. Jika dirasa sudah cukup mengganggu, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi tersebut.

8. Bentuk Supernumerary

Beberapa wanita ternyata memiliki jenis puting ini, bentuk puting ini memiliki tambahan puting yang bentuknya lebih kecil di area sekitar puting yang aktif. Bentuk puting ini diyakini karena faktor genetik. Biasanya bentuknya terlihat seperti bintik kecil atau tahi lalat.

Itulah beberapa bentuk puting yang dimiliki oleh wanita, perbedaan bentuk puting adalah hal yang normal, namun pada beberapa kasus, jika terjadi perubahan secara tiba-tiba dan tidak normal, maka perlu dikonsultasikan pada dokter. Semoga penjelasannya bermanfaat ya, bunda.

Baca juga: