Penulis: Irma | Editor: Handa

Selalu ada pengalaman pertama, termasuk memberikan ASI pada si buah hati. Selain untuk memberikan asupan utama pada si kecil, menyusui juga bisa merekatkan Bunda dengan bayi mereka.

Meskipun demikian, beberapa kali ditemui bahwa menyusui bisa membuat puting lecet. Sebetulnya hal tersebut adalah wajar. Lantas, bagaimana mengatasi puting yang lecet pada Bunda yang menyusui? Berikut ini 8 cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan goresan pada daerah puting.

1. Batu Es

Untuk menghilangkan rasa sakitnya, Bunda bisa menggunakan es batu. Lapisi batu es dengan kain yang lembut atau kapas. Pelan-pelan usapkan pada bagian puting yang lecet selama beberapa menit sampai rasa perih berkurang. Bunda juga bisa secara rutin melakukan car aini agar luka cepat sembuh.

2. Olive oil

Olive oil merupakan minyak alami yang memiliki banyak kegunaan. Salah satunya adalah membersihkan dan merawat kulit. Dengan menggunakan olive oil, puting yang lecet bisa membaik dengan cepat dan menghilangkan rasa sakitnya.

Penggunaannya bisa dicampur dengan tea tree oil, lalu masukan pada air hangat dan dicampur. Kemudian, ambil hasil dari bahan-bahan yang telah dicampur tadi dengan kapas dan tekan pelan-pelan pada daerah puting yang tergores. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

3. TeaTree Oil

Diartikan sebagai minyak pohon teh, tea tree oil biasa ditemukan pada produk-produk perawatan tubuh bisa juga bagian wajah. Campurkan tea tree oil dengan air hangat. Celupkan kapas atau kain halus lalu gunakan pada puting yang tergores. Tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air bersih.

Sejak zaman dulu, tea tree oil digunakan untuk mengurangi sakit pada kulit, mengatasi infeksi, bisa juga berfungsi untuk membersihkan luka. Oleh karenanya, tea tree oil dinilai efektif untuk mengobati puting yang lecet.

4. Aloe vera

Tumbuhan lidah buaya memang terkenal memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah menyembuhkan lecet pada puting. Ambil lidah buaya secukupnya, kira-kira satu sendok teh. Lalu, oleskan secara perlahan pada bagian puting yang membutuhkan sensasi dingin.

5. Kantung Teh

Seduh teh seperti biasa lalu jangan langsung dibuang kantong tehnya. Tiriskan sebentar dan peras hingga airnya menjadi sangat sedikit. Saat sudah lumayan kering dan tidak lagi panas, kantung teh bisa ditempatkan pada sekitar puting yang lecet. Trik yang satu ini memberikan efek menenangkan bagi Bunda. Oh ya, ingat selalu untuk membersihkannya sebelum Bunda hendak menyusui si kecil ya.

6. Usapkan dengan ASI

Cara yang satu ini tergolong unik dan paling praktis. ASI yang diproduksi Bunda sebetulnya merupakan salah satu obat paling natural untuk puting yang lecet. Mengapa demikian? ASI memiliki kelebihan anti bakteri yang mampu membantu puting yang terluka agar segera membaik. Setelah memberikan ASI, bunda disarankan untuk mengoleskan ASI sebanyak 4 hingga 5 kali per hari.

7. Mengompres dengan Air Panas

Sebelum menyusui, Bunda bisa mengompres payudara dengan handuk bersih yang sudah direndam air hangat. Selain untuk mengatasi puting yang lecet, car aini juga bisa sebagai alternatif untuk memproduksi ASI yang lebih banyak. Bunda juga bisa mandi memakai air hangat. Memberikan efek nyaman pada seluruh tubuh, termasuk daerah puting yang terluka.

8. Mengonsumsi Makanan Kaya akan Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C dipercaya dapat mencegah dan mengurangi puting yang lecet, lho Bunda. Disarankan untuk memakan sayur-sayuran hijau seperti brokoli dan parsley. Buah seperti melon, jeruk, pepaya, jambu, hingga kiwi juga mampu meningkatkan asupan vitamin C pada tubuh.

Salah satu hal yang harus diperhatikan juga, sering mengganti bantalan payudara. Setelah selesai beraktivitas, terutama untuk Bunda yang menyusui, segeralah mengganti kain yang terpapar ASI. Kain kotor yang menempel dapat menyumbat udara untuk keluar sehingga kelecetan bisa terjadi kapan saja.

Baca juga: