Penulis: Aliftya | Editor: Handa

Sebagai seorang anak, sudah semestinya Bunda menghormati dan berbakti kepada orangtua. Namun demikian, bagaimana jika ayah dan ibu kini telah tiada? Apakah masih ada cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk bakti kepada mereka?

Jawabannya adalah iya. Meski ayah atau ibu sudah meninggal dunia, Bunda tetap bisa berbakti kepada mereka berdua . Berikut telah Catatan Bunda rangkum sejumlah cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dunia.

1. Mendoakan dan Memohon Ampun untuk Orangtua

Cara pertama dan utama adalah dengan mendoakan. Bentuk permohonan ampunan untuk orangtua ini pun ditekankan oleh Rasulullah dalam hadis riwayat Abu Daud.

“’Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orangtuaku ketika mereka telah meninggal dunia?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Iya. (Bentuknya adalah) mendo’akan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orangtua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.’” (HR. Abu Daud no. 5142)

2. Menjaga Nama Baik Orangtua

Meski kesannya sepele, hal yang satu ini penting untuk dilakukan. Dengan menjaga nama baik orangtua, itu artinya Bunda juga menjaga perasaan mereka.

3. Melunasi Hutang Orangtua

Apabila semasa hidup orangtua memiliki utang yang belum dibayar, maka menjadi kewajiban bagi anak untuk melunasinya. Imbauan untuk melunasi utang ini pun disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Tirmidzi, “Ruh seorang yang beriman tergantung dengan hutangnya, sampai dilunasi hutangnya.”

4. Bersedekah atas Nama Orangtua

Di samping menjaga nama baik, Bunda juga bisa beramal atas nama orangtua. Adapun bentuk beramal ini salah satunya ialah dengan bersedekah. Diriwayatkan oleh Bukhari Muslim, An Nasa’i, dan Abu Daud dari Abdullah bin Abbas RA, Sa’ad bin Ubadah pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, “’Ibuku meninggal dunia. Apakah akan bermanfaat baginya apabila aku bersedekah atas namanya?’ Rasulullah pun menjawab, ‘Ya.’ Dia lalu berkata, ‘Aku memiliki sebidang kebun. Aku mempersaksikanmu bahwa aku menyedekahkannya atas nama ibuku.’”

5. Memenuhi Janji dan Wasiat yang Pernah Diucapkan Orangtua

Cara lain untuk berbakti sekaligus meringankan tanggungan orangtua yang telah tiada ialah dengan memenuhi janji dan wasiat mereka. Hal ini pun ditekankan dalam hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad.

“Ada empat perkara: menshalatinya dan memohonkan ampun kepada Allah untuk mereka, melaksanakan janji-janji mereka, memuliakan teman-teman mereka, dan menyambung tali kekeluargaan yang kamu tidak memiliki pertalian kecuali dari adanya pertalian itu. Itu perbuatan bakti kepada mereka yang tersisa bagimu untuk kamu lakukan setelah mereka meninggal.”

6. Menyambung Tali Silaturahmi dengan Saudara dan Teman-teman Orangtua

Meski telah tiada, sebagai seorang anak ada baiknya Bunda tetap menjaga silaturahmi dengan keluarga atau teman orangtua. Lagi pula, tak hanya bermanfaat secara sosial, hal tersebut juga bisa membuka pintu rezeki menjadi lebih lebar.

7. Berziarah Ke Makam Orangtua

.Selain bisa menjadi penawar rindu, berziarah ke makam orangtua juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengingatkan diri sendiri akan kematian. Dengan demikian, Bunda pun bisa selalu terpacu untuk menjalani hidup dengan banyak berbuat baik.

8. Menunaikan Ibadah Haji untuk Orangtua

Jika sebelum meninggal orangtua telah bernazar untuk melaksanakan haji, maka sebagai ahli waris ada baiknya Bunda menunaikan ibadah tersebut untuk orangtua—jika mampu secara finansial, fisik, dan mental.

Adapun hukum menggantikan haji ini terdapat dalam riwayat Ibnu Abbas sebagai berikut.

“Seorang perempuan dari bani Juhainah datang kepada Rasulullah bertanya, ‘Rasulullah! Ibuku pernah bernazar ingin melaksanakan ibadah haji, hingga beliau meninggal padahal dia belum melaksanakan ibadah haji tersebut, apakah aku bisa menghajikannya?’ Rasulullah menjawab ‘Hajikanlah untuknya, kalau ibumu punya hutang kamu juga wajib membayarnya bukan? Bayarlah hutang Allah, karena hak Allah lebih berhak untuk dipenuhi.’”

Demikian sejumlah amalan berbakti kepada orangtua yang telah meninggal. Jangan lelah untuk terus mendoakan dan melakukan kebaikan untuk orangtua ya, Bunda!

Baca juga: