Penulis: Aulia Elsa | Editor: Handa

Makanan manis adalah salah satu makanan yang banyak disukai. Hampir semua orang punya makanan manis favorit apapun jenisnya. Namun makanan manis juga jadi salah satu hal yang dihindari karena berpengaruh terhadap masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Beberapa orang yang menghindari makanan manis beranggapan kalau makanan manis bisa mendatangkan masalah kesehatan seperti masalah gigi hingga diabetes. Tapi tidak semua makanan manis berdampak pada masalah kesehatan lho, ada beberapa makanan manis yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Buah-buahan

Selain segar dan rasa manisnya yang alami, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan seperti semangka, mangga, anggur, dan buah naga punya kandungan gula alami yang nikmat dan tentunya aman.

2. Madu

Semua orang mengetahui kalau madu punya rasa yang manis. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan rasa manisnya tidak menyebabkan masalah kesehatan. Madu terbukti bisa mengatasi sakit tenggorokan dan batuk, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengendalikan gula darah. Madu juga punya kandungan glukosa dan fruktosa yang jauh lebih rendah daripada gula.

3. Yogurt

Yogurt memiliki rasa yang memang tidak terlalu manis, namun lebih sehat jika dikonsumsi. Bunda bisa menambahkan topping seperti buah segar untuk menambah rasa manis. Teksturnya yang creamy juga enak untuk dikonsumsi.

4. Cokelat Hitam

Coklat hitam punya kandungan antioksidan yang tinggi dan berfungsi menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit dan penuaan. Coklat hitam juga mengandung sedikit gula tambahan dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta kolesterol.

5. Kue Kering Rendah Gula

Kue biasanya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan rasa manis yang kuat. Namun Bunda bisa mengganti varian kue kering yang tanpa tepung dan rendah gula. Bunda juga bisa menggunakan alternatif kue yang berbahan dasar gandum atau oat yang lebih sehat.

6. Buah Kering

Buah-buahan kering bisa dikonsumsi untuk mengganti permen, buah kering juga punya kandungan kalori yang lebih kecil daripada permen dan banyak mengandung serat serta mineral dari buah-buahan itu sendiri.

Alternatif buah kering lain yang bisa dikonsumsi adalah keripik apel, Buda bisa membuatnya dengan memotong tipis buah apel lalu dipanggang dalam oven atau microwave.

7. Selai Kacang

Selai kacang memiliki kandungan protein yang bisa menambah energi dalam tubuh. Selai kacang juga punya rasa yang cukup manis. Bunda juga bisa mencampurkannya dengan variasi makanan lain yang tentunya rendah gula.

8. Susu

Susu memang salah satu jenis minuman, namun bisa dijadikan campuran bahan makanan yang menjadi pengganti gula pasir. Susu memiliki kandungan nutrisi serta kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Bunda juga bisa memilih produk susu rendah lemak yang tetap menyehatkan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan manis yang tetap menyehatkan jika dikonsumsi. Mulailah untuk mengkonsumsi makanan sehat yang rendah gula untuk memelihara kesehatan tubuh.