Penulis: Irma | Editor: Handa

Banyak mitos yang beredar di berbagai daerah tentang beberapa hal yang harus dihindari atau dilakukan pasangan suami istri yang sedang hamil. Misalnya saja petuah yang menyarankan suami Bunda agar tidak mengikat barang apapun karena bisa membahayakan janin yang ada di dalam perut.

Nah, Bunda akhirnya bertanya-tanya, apakah hal-hal tersebut benar adanya atau hanya mitos belaka? Oleh karena itu, yuk Bunda kenali mitos dan fakta hal-hal apa saja yang bisa Bunda alami ketika sedang mengandung.

Mitos untuk Suami Saat Istri Hamil

1. Tidak Boleh Merobek Plastik

Jika suami merobek plastik saat istri tengah mengandung, hal ini dipercaya akan mengganggu kesehatan janin atau bayi mengalami kecacatan. Hal ini adalah mitos yang belum ada bukti yang jelas, ya Bunda. Jadi Bunda tidak perlu meyakini hal ini.

2. Dilarang untuk Merendam Baju Terlalu Lama

Mitos yang beredar mengatakan bahwa suami atau bunda yang merendam pakaian terlalu lama untuk dicuci, membuat kaki bengkak. Sebetulnya kaki bengkak adalah fenomena wajar ketika bunda tengah mengandung. Larangan ini lebih kepada saran agar tetap sehat dan agar tubuh tidak mudah lelah.

3. Pantangan Menggaruk Bokong

Jika suami atau Bunda sendiri menggaruk bokong ketika hamil, dikatakan bahwa garukan tersebut akan melukai kulit bayi dan membuatnya tergores. Ucapan itu adalah mitos. Menggaruk tubuh Bunda tidak akan mempengaruhi kulit bayi karena keduanya tidaklah sama.

4. Suami Ibu Hamil Dilarang Berburu

Jika suami Bunda berburu hewan atau memancing ikan ketika Bunda tengah mengandung, mitosnya mengatakan bahwa bayi akan mengalami kecacatan. Padahal, hal tersebut belum bisa dibuktikan secara nyata. Maka poin ini adalah mitos, tidak benar dan tidak ada hubungannya dalam berburu dan kecacatan bayi.

5. Tidak Diperbolehkan Membunuh Hewan

Suami Bunda diberitahu agar tidak membunuh hewan ketika hamil. Jika dilanggar maka akan terjadi suatu hal buruk terhadap janin. Padahal dalam kehidupan sehari-hari, membunuh hewan memang tidak baik bagi siapapun.

Hewan adalah makhluk hidup yang perlu disayangi. Maka, sebetulnya tidak ada sangkut pautnya dengan perkembangan janin dalam kandungan.

6. Tidak Boleh Memikirkan Sesuatu yang Aneh

Suami Bunda juga dilarang untuk berpikiran aneh atau berpikiran buruk selama Bunda hamil. Bukan berarti akan mempengaruhi janin, tetapi memang pada kenyataannya berpikiran buruk terhadap sesuatu hanya memperburuk suasana hati.

Berpikiran aneh yang tidak perlu juga hanya akan menghasilkan kesal tak berkesudahan. Disarankan untuk Bunda dan suami agar sering-sering berpikiran positif, ya. 

7. Tidak Boleh Keluar Malam

Jika suami Bunda keluar rumah malam hari, dikatakan bahwa akan diikuti oleh makhluk halus. Kandungan Bunda akan bertemu bahaya jika suami maupun bunda keluar malam hari. Kenyataannya, keluar rumah pada malam hari yang terlampau larut, tidak baik untuk kesehatan. Angin malam yang dingin kurang baik untuk tubuh.

8. Pantangan Duduk Di Depan Pintu

Larangan ini diucapkan bahwa jika dilanggar akan mempengaruhi kesehatan janin atau hal mengerikan lainnya akan terjadi pada bayi yang masih berada dalam kandungan. Padahal, larangan duduk di depan pintu lebih kepada memberi tahu bahwa suami Bunda hanya akan menghalangi jalan.

Dalam tata krama kesopanan pun dianjurkan untuk duduk di tempat yang seharusnya, seperti pada sofa atau di tempat yang tidak menghalangi orang rumah untuk berlalu-lalang. Jadi pernyataan ini pun termasuk mitos ya BUnda.

Jika dilihat lebih dekat, kebanyakan mitos memiliki alasan yang bagus seperti alasan keselamatan diri sendiri dan tata krama. Jadi, Bunda dan suami diharap tidak perlu terlalu khawatir, ya.

Baca juga: