Penulis: Vinna | Editor: Handa

Penggunaan make up atau tata rias wajah mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Bunda. Bagi Bunda yang baru mengenal make up mungkin kesulitan untuk memilih make up apa saja yang harus digunakan.

Sebagai pemula, mungkin Bunda juga merasa bingung mengenai make up mana yang harus diaplikasikan di pipi, mata, alis, hingga bibir. Oleh sebab itu, penting bagi Bunda untuk mengenal make up dasar. Berikut ini beberapa rekomendasi make up dasar bagi pemula, antara lain:

1. Foundation

Foundation adalah make up dengan warna seperti kulit yang digunakan di wajah. Foundation ini digunakan sebagai dasar bagi tampilan riasan Bunda. Dengan kandungan formula yang tepat dapat membantu menutupi noda, memperbaiki warna kulit, mengaburkan ketidaksempurnaan, dan secara keseluruhan membuat wajah yang terlihat menjadi halus dan rata.

Ada banyak merek foundation, seperti Elle, Maybelline, Make Up For Ever, dan Giorgio Armani Beauty. Sebelum membeli foundation sebaiknya Bunda tahu jenis kulit, warna kulit, cakupan foundation, dan jenis foundationnya. Hal ini agar Bunda bisa mendapatkan hasil make up yang maksimal.

2. Bedak

Setelah Bunda menggunakan foundation, benda selanjutnya adalah bedak. Ada dua pilihan bedak yang bisa Bunda gunakan, yaitu bedak padat atau bedak tabur. Jika kulit Bunda normal cenderung kering, tidak masalah jika Bunda memilih bedak padat.

Namun, jika jenis kulit Bunda berminya, sebaiknya Bunda menggunakan bedak tabur. Pasalnya bedak tabur mampu menahan lebih banyak minyak di wajah Bunda. Sama halnya dengan foundation, Bunda juga perlu menemukan warna bedak yang cocok dengan warna kulit Bunda untuk mendapatkan hasil make up yang maksimal.

3. Concealer

Concealer mampu menyembunyikan atau menutupi ketidaksempurnaan kulit pada wajah. Penggunaan concealer dapat mencerahkan area gelap pada wajah, seperti area bawah mata atau bekas-bekas jerawat yang ada di wajah.

Pasalnya, produk ini menciptakan warna kulit yang halus dan merata saat dipadukan dengan alas bedak. Rekomendasi concealer yang bisa Bunda gunakan, seperti merek NARS, Tarte, dan NYX. Bunda sebaiknya pilih concealer yang cocok untuk jenis dan masalah kulit Bunda.

4. Pensil Alis

Salah satu make up yang tidak bisa ditinggalkan adalah alis. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, area wajah yang terlihat jelas adalah mata dan sekitarnya. Oleh sebab itu, memiliki alat make up seperti pensil alis menjadi hal yang snagat penting.

Bunda bisa menggunakan pensil alis batangan, eyebrow gel, atau bentuk spidol, sesuai dengan kenyamanan Bunda. Yang perlu Bunda perhatikan adalah warna pensil alis harus sesuai dengan warna alis Bunda.

Jika Bunda memiliki alis berwarna hitam, Bunda bisa memilih warna black brown agar warnanya lebih menyatu dan terlihat natural. Sedangkan, untuk cara menggambarnya, Bunda bisa membuat bingkai terlebih dahulu sebelum mengisi dengan bentuk yang diinginkan.

5. Eyeliner

Eyeliner diaplikasikan di kelopak mata atas yang berfungsi untuk menonjolkan dan menyoroti tampilan mata. Produk ini berbentuk liquid liner. Namun, jika Bunda kesulitan menggunakannya, Bunda bisa menggunakan eyeliner yang berbentuk pensil atau crayon liner. Beberapa merek eyeliner yang mudah digunakan bagi pemula, yaitu Wardah Staylast Liquid Eyeliner, Wardah Eyeliner Pencil, Maybelline Crayon Liner, dan Maybelline Hyperglossy Liquid Liner.

6. Eyeshadow

Eyeshadow adalah pewarna untuk kelopak mata atas yang bisa membuat tampilan menjadi dramatis dan kuat. Kosmetik ini terdapat berbagai macam bentuk, seperti, bentuk bedak padat, bedak tabur, bedak, krim, cair, dan lainnya.

Merek eyeshadow yang bisa Bunda gunakan sebagai make up pemula, yaitu NYX, Tarte, Urban Decay, dan Sephora. Sebelum memilih eyeshadow, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal seperti, Bunda harus tahu bentuk mata Bunda sendiri, pilih jenis eyeshadow yang cocok untuk Bunda, warna kulit, dan warna mata.

7. Maskara

Maskara digunakan untuk mempercantik tampilan mata dengan menebalkan, memanjangkan, dan biasanya menggelapkan bulu mata. Merek maskara seperti Maybelline, L’Oréal, Neutrogena, dan Covergirl dapat menjadi rekomendasi maskara untuk Bunda beli. Sebelum Bunda memutuskan membeli maskara sebaiknya pilih jenis maskara, seperti maskara yang tahan air (waterproof mascara) atau maskara yang larut dalam air.

Sesuaikan juga dengan warna mata dan warna kulit Bunda untuk mendapatkan hasil make up yang memuaskan. Selain itu, Bunda juga perlu mengetahui bahan-bahan yang ada di dalamnya, sebab jika Bunda memiliki alergi bisa segara dihindari.

8. Lipstik

Make up terakhir yang harus Bunda miliki yaitu lipstik. Pemilihan dan jenis lipstik tergantung make up Bunda pada hari itu. Jika make up Bunda natural, Bunda bisa memilih warna nude. Sedangkan jika ingin dramatis, Bunda bisa memilih warna yang terang, seperti merah, orange, atau warana terang lainnya.

Itulah 8 rekomendasi make up dasar bagi pemula. Untuk mendapatkan hasil make up yang memuakan, Bunda perlu menyesuaikan jenis make up dengan warna kulit Bunda.

Baca juga: