Penulis: Putri Arya | Editor: Handa

Kenyamanan merupakan faktor utama terciptanya suatu hubungan yang berkualitas dan harmonis. Disadari atau tidak, rutinitas dan kesibukan masing-masing membuat hubungan asmara menurun.

Sayangnya lagi, tidak semua pasangan mengerti cara membuat pasangan merasa nyaman. Agar hubunganmu dengan pasangan tetap erat dan mesra, cobalah lakukan beberapa cara ini untuk membuat pasangan merasa nyaman bersamamu.

1. Hargai Kehadirannya

Jangan coba-coba meremehkan pasangan, apalagi saat berada di tempat publik atau di depan orang lain. Meremehkan kemampuan pasangan tentu akan membuatnya merasa hancur dan tidak dihargai. Jadi sebaiknya jaga perasaan pasangan terutama saat sedang bersama teman-temannya.

2. Belajar Terbuka dan Jujur

Cobalah untuk belajar lebih terbuka dan jujur pada pasangan. Bukan berarti tak boleh memiliki rahasia atau privasi, tapi bersikap lebih terbuka akan membuat pasangan merasa nyaman menjalani hubungan. Jelaskan pula bahwa ia dapat memberitahukan segala sesuatu yang penting dan kamu dapat menjadi satu-satunya yang ia percayai.

3. Percaya pada Pasangan

Hindari sikap posesif dan over protective. Dua sikap tersebut hanya akan membuat pasangan merasa tidak nyaman dan terkekang. Percayalah pada pasangan, berikan ia ruang untuk bersosialisasi dan berekspresi. Jika kamu masih merasa kurang nyaman, ajak pasangan untuk membuat kesepakatan bersama tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Selebihnya, percayakan semuanya pada pasanganmu.

4. Belajar Mendengarkan dan Lebih Mengerti

Tidak ada salahnya untuk mendengarkan pasangan. Berhentilah mengeluh di depan pasangan dan dengarkan pendapatnya. Menjadi pendengar yang baik membuat pasangan merasakan perhatian dan kasih sayang yang tulus darimu. Serta belajar untuk lebih mengerti pasangan agar ia merasa nyaman bersama Bunda. Hal ini akan membuatnya menjadi lebih terbuka tentang masalah yang sedang dihadapinya.

5. Komunikasi Adalah Kunci

Jagalah komunikasi yang baik dengan pasangan. Semakin ia mengenalmu, maka ia akan semakin nyaman berada di sisimu. Komunikasi tak hanya melalui obrolan atau percakapan. Ciptakan juga kontak fisik yang dapat mempererat hubunganmu dengan pasangan, seperti memeluk, memijat bahunya, atau sekedar menggenggam tangannya.

Saat berada jauh dari pasangan, tetaplah terhubung dengannya. Seperti menanyakan kabarnya atau sekedar bertanya apakah ia sudah makan.

6. Berikan Kejutan

Memberikan hadiah kejutan tidak harus menunggu momen ulang tahun atau perayaan anniversary. Ciptakan momen spesial dengan memberikan kejutan kecil. Hal ini akan membuat pasangan merasa lebih bahagia dan nyaman saat bersamamu. Tidak perlu barang mewah, kejutan akan terasa lebih spesial dan berharga jika kamu membuatnya sendiri dengan tanganmu. Wah, tentu kejutan spesial tersebut akan selalu dikenang dan tersimpan dengan baik di hati pasangan.

7. Luangkan Waktu Bersama

Saat hubungan mulai terasa renggang dan membosankan, tidak ada salahnya meluangkan waktu bersama. Cara ini selalu berhasil membuat sebuah hubungan kembali erat dan harmonis. Tidak harus bepergian ke tempat yang jauh atau mahal. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan bersama seperti memasak, menonton film, atau sekedar berkebun di rumah. Kamu bisa membuat jadwal bersama secara rutin, seperti makan malam romantis setiap satu bulan sekali atau pergi berdua di akhir pekan.

8. Cobalah Hal Baru Bersama

Cobalah sesekali melakukan hal baru dengan pasangan berdua saja. Seperti mengunjungi sisi kota yang belum pernah didatangi bersama, mencoba restoran baru, atau mengunjungi tempat wisata yang belum pernah dikunjungi bersama. Berpetualang bersama pasangan akan meningkatkan kualitas hubungan. Hal ini akan membuat kamu dan pasangan merasa saling melengkapi dan membutuhkan satu sama lain.

9. Ucapkan Terima Kasih Karena Selalu Ada Untukmu

Mengungkapkan perasaan cinta tak melulu dengan mengatakan “aku cinta kamu” atau “I love you”. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih saat dia selalu hadir untukmu. Meskipun sepele, ucapan sederhana ini dapat membuat pasangan merasa berharga untukmu.

Itulah tadi 9 cara membuat pasangan nyaman. Lakukan 9 cara di atas untuk membuat hubunganmu dengan pasangan lebih berkualitas dan tetap harmonis. Tentunya, hubungan yang harmonis akan membawamu menggapai tujuan hidup bersama.

Baca juga: