Penulis: Siti Rulli | Editor: Handa

Mengajarkan agama kepada si kecil sejak dini tentu sangat bermanfaat. Tidak hanya sebagai salah satu bentuk kewajiban mengenalkan akan Tuhannya, mengajarkan agama tentu membuat ia bisa tumbuh menjadi seorang yang religius. Bunda bisa mulai mengajarkan buah hati dengan bacaan surat-surat pendek dalam Al Qur’an, seperti Surat An Nas dan keutamaannya

Surat An Nas memang menjadi salah satu surat yang sering didengar bahkan dilafalkan setiap salat. Tapi, tahukah Bunda apa sebenarnya manfaat maupun keutamaan surat ini? Untuk lebih memperjelasnya simak ulasan berikut ini.

Lafal Surat An Nas

 Qul a’ụzu birabbin nas, Malikin nas, Ilahin nas, Min syarril waswasil khannas, Allazi yuwaswisu fi ṣudụrin nas, Minal jinnati wan nas.

Artinya: “Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Keutamaan Membaca Surat An Nas

Surat An Nas termasuk golongan surat Makkiyah karena turun dikota Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Tidak hanya dijadikan sebagai bacaan salat, surat ini juga punya keutaman lainnya. Berikut keutamaan membaca surat pendek ini.

1. Permintaan Perlindungan (Isti’aadzah)

Membaca surat ini juga bisa menjadi bentuk permintaan perlindungan kepada Allah dari godaan setan dan iblis Bunda. Itulah sebabnya selain dibaca ketika sholat ada baiknya membaca sebelum tidur.

2. Menangkal Sihir

Keutamaan membaca surat ini bisa juga digunakan untuk menangkal sihir yang menyerang seorang muslim. Hal ini juga terbukti pernah digunakan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai cara untuk menangkal sihir di masa lalu.

Itulah sebabnya, surat ini juga bisa digunakan untuk melakukan ruqyah. Ruqyah adalah salah satu cara untuk mengusir setan ataupun jin dalam tubuh manusia.

3. Menyembuhkan Rasa Sakit

Selain memberikan perlindungan maupun mengusir sihir, keutaman surat An Nas juga bisa digunakan untuk menyembuhkan rasa sakit. Namun jangan hanya membacanya dan tidak berusaha untuk berobat ya Bunda? Tetap melakukan ikhtiar dan selalu percaya pada Tuhan sepenuhnya segala penyakit dan kesembuhan atas izinnya.

4. Allah Akan Cukupkan Segala Hal

Dengan membaca surat An Nas, Allah juga akan membantu mencukupkan semua hal yang Bunda butuhkan. Sebab, melalui surat ini juga terkandung tiga sifat Allah SWT pada tiga ayat pertama, yaitu penjagaan, pemeliharaan, dan tempat meminta segala pertolongan.

Itulah Bunda lafal, arti, serta manfaat surat An Nas. Meskipun surat ini tergolong pendek dan bisa diucapkan setiap salat, namun khasiatnya sangat luar biasa. Itulah sebabnya, sebelum Bunda tidur disunnahkan untuk membaca surat ini agar telindungi dari godaan setan maupun jin ketika dalam keadaan tidak sadar.

Baca juga: