Penulis: Annisa | Editor: Handa

Semakin bertumbuh usia anak-anak, banyak hal yang akan ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Mengajarkan nilai-nilai kehidupan pada anak, tentu menjadi sebuah kewajiban bagi orang tua dalam membimbing anak sejak dini, supaya menjadi pribadi lebih baik lagi.

Sebab akan ada tantangan dan hambatan yang mau tidak mau harus dilalui. Mengajarkan ayat alkitab pada anak mengenai nilai-nilai kehidupan, bisa menjadi bekal penting bagaimana anak harus menghadapi, dan menyikapi jika dihadapkan pada situasi dan kondisi tertentu dalam hidupnya. Berikut 5 ayat alkitab yang mengajarkan pentingnya nilai kehidupan pada anak, yang bisa Bunda ajarkan sejak dini:

Markus (12 : 30-31)

“Kasihi Tuhanmu dengan ketulusan hatimu, jiwa, akal budi, serta seluruh kekuatanmu. Perintah kedua ialah: Kasihi sesama manusia seperti kamu mengasihi dirimu sendiri. Tiada yang lebih utama dari hukum keduanya”.

“Anak-anak harus tahu bahwa pertama-tama mereka harus mengasihi Tuhan dan kemudian sesama mereka. Siapa tetangga mereka? Ya semua orang. Mereka harus tahu bahwa Tuhan lebih dulu mengasihi mereka, jadi mereka juga harus mengasihi Tuhan.”

Ayat tersebut mengajarkan anak-anak untuk selalu mengasihi Tuhan terlebih dahulu, lalu kemudian sesama makhluk hidup. Sebab Tuhanlah yang memang mengasihi lebih dauhulu.

Amsal (1:8)

“Wahai anakku, dengarlah apa yang diajaran ayahmu, dan jangan sampai kamu sia-siakan ajaran dari ibumu.”

Anak-anak harus mendengarkan orang tua mereka bahkan jika mereka tidak sepenuhnya mengerti. Bahkan orang dewasa mungkin tidak mengerti, tetapi kepatuhan yang terus-menerus membuat mereka mengerti. Orang tua membuat lebih banyak kesalahan daripada anak-anak mereka, sehingga mereka mencoba untuk mengajar anak-anak mereka untuk tidak membuat kesalahan yang mereka lakukan. Jika suaatu ketika orang tua sedang menjelaskan pada anak untuk mengerjakan sesuatu yang anak tahu itu salah, mereka bisa mendengarkan, namun tidak melakukannya karena “Kita harus menaati Tuhan lebih dari manusia.” (Kisah para rasul 5: 29)

Ulangan 4:9

“Tetaplah waspada dan Berhati-hati, jangan lupakan apa pun yang telah dilihat matamu sendiri, dan jangan biarkan hilang begitu saja dari ingatanmu selama kamu hidup. Beritahu pada anak-anakmu dan cicitmu semua hal ini.”

Salah satu peran penting orang tua dalam hal mendidik anak sesuai Alkitab adalah ungkapan rasa bersyukur. Orang tua mendidik anak untuk melihat kebaikan Tuhan dalam hidup mereka, dan bagaimana mensyukurinya.

Tidak berhenti sampai di situ saja, kebaikan Tuhan harus selalu diingat oleh anak agar selalu bisa bersyukur meskipun dihadapkan dalam situasi dan kondisi sulit di kemudian hari.

Korintus (10:13)

“Cobaan atau ujian yang sedang kamu alami adalah cobaan biasa, sebab tidak melebihi kekuatan manusia itu sendiri. Tuhan setia dan karena itu Tuhan tidak akan membiarkan cobaan yang melebihi kekuatan kamu. Ketika kamu sedang dicoba, Tuhan akan menunjukkan jalan keluarnya, sehingga kamu bisa menanggungnya.”

Roma (15:1)

“Kita yang kuat harus bisa membantu menanggung orang yang tidak kuat, dan kita tidak boleh mencari kesenangan diri sendiri.”

Ayat tersebut mengajarkan untuk tidak boleh egois, dan sebaiknya membantu orang yang tidak kuat atau tidak mampu.

Nah itu dia 5 ayat dalam alkitab mengenai nilai kehidupan yang Bunda bisa ajarkan segera pada anak tercinta. Banyak nilai-nilai bermanfaat yang bisa dipelajari oleh anak, sebagai orang tua sudah seharusnya membimbing dan mengarahkan untuk tumbuh kembang anak supaya lebih berbudi pekerti.

Baca juga: