Penulis: Siti Ruli | Editor: Aufia

Bulan madu menjadi hal yang umum dilakukan oleh pasangan yang baru menikah akhir-akhir ini. Terkadang setiap pasangan memiliki kota tujuan untuk menikmati momen bersama pasangan setelah menikah.

Lantas perlukah sebenarnya setiap pasangan melakukan bulan madu? Jawabannya tentu saja perlu. Ada berbagai manfaat yang akan pasangan dapatkan ketika mereka menjalani bulan madu setelah baru menikah. Nah, berikut ini adalah alasan Bunda harus menikmati bulan madu.

Istilah Bulan Madu

Sebelum membahas alasan harus nikmati bulan madu bersama pasangan, pahami dulu definisi dari honeymoon (bulan madu). Istilah honeymoon dikaitkan dengan menghabiskan waktu bersama pasangan setelah menikah.

Honey atau madu yang difilosofikan sebuah manisnya cinta saat awal-awal pernikahan. Sementara moon yang berarti adalah bulan pertama dalam pernikahan yang menunjukan nuansa manis dan cerah.

Itulah sebabnya, dengan melakukan honeymoon diibaratkan cinta sepasang kekasih akan terus manis dan mengalahkan pertengkaran apapun. Kalau menurut Bunda sendiri, apakah definisi honeymoon atau bulan madu?

Alasan Harus Menikmati Bulan Madu

Menjadi hal wajib bagi sebagian orang momen bulan madu sebenarnya tidak hanya diibaratkan liburan bersama dan bersenang-senang saja. Ada berbagai alasan Bunda harus menikmati momen bulan madu ketika baru menikah. Berikut beberapa alasan selengkapnya.

1. Perayaan pernikahan

Menikah adalah momen sakral yang pastinya semua orang ingin sekali seumur hidup. Itulah sebabnya, dengan melakukan bulan madu juga menjadi ajang Bunda dan pasangan melakukan perayaan. Perayaan dalam artian adalah sarana khusus untuk menyalurkan kebahagiaan Bunda dan pasangan.

2. Waktu bersantai

Menyiapkan prosesi pernikahan yang begitu panjang tentunya membuat Bunda merasa lelah secara fisik dan mental. Dengan melakukan bulan madu sebenarnya juga menjadi waktu bersantai. Bunda dan pasangan bisa melakukan istirahat lebih banyak dari segala penatnya rutinitas sebelum pernikah yang menguras energi.

3. Sebagai waktu untuk merencanakan masa depan

Tidak memiliki tujuan paska pernikahan terkadang membuat Bunda merasa stres dan bingung. Itulah sebabnya dengan melakukan bulan madu, Bunda bisa mengajak pasangan untuk merencanakan masa depan bersama. Misalnya saja tentang rencana memiliki keturunan dan berbagai hal menyangkut kebahagian bersama.

4. Semakin intim dengan pasangan

Melakukan hubungan seksual antara suami istri tentu bisa dilakukan di rumah. Tapi tahukah Bunda dengan melakukan bulan madu akan memberikan keintiman yang berbeda. Bunda sebagai pasangan baru akan lebih menikmati waktu berhubungan intim bersama tanpa adanya gangguan.

5. Sebagai waktu mengexplore hal baru bersama

Bulan madu juga menjadi momen Bunda mengexplore tempat baru bersama pasangan. Misalnya saja dengan menghabiskan waktu mengunjungi sebuah pantai, daerah yang ingin dikunjungi berdua dan lain-lain. Tentunya hal ini akan memberikan kenangan indah dan membekas untuk perjalanan rumah tangga selanjutnya.

6. Sebagai waktu untuk saling menyesuaikan

Bulan madu juga menjadi waktu yang tepat untuk saling menyesuaikan. Sebab, Bunda dan pasangan dulunya tidak pernah tinggal serumah. Tentu dengan menikmati waktu bulan madu bersama, bisa saling mempelajari kebiasaan satu sama lain. Hal ini nantinya juga akan membantu Bunda meminimalisir rasa stress di kemudian hari paska pernikahan.

Itulah beberapa alasan Bunda harus nikmati waktu bulan madu bersama pasangan. Tidak perlu pergi jauh-jauh keluar kota, Bunda bisa menginap di hotel dan menikmati momen kebersamaan dengan pasangan. Kalau Bunda, tim melakukan bulan madu setelah menikah atau tidak? 

Baca Juga: