praying man

Penulis: Putri Arya | Editor: Handa

Rumah tangga yang harmonis menjadi impian setiap pasangan yang telah menikah. Namun, tidak mudah untuk mewujudkannya ya, Bunda. Ada banyak rintangan dan masalah dalam rumah tangga yang turut menjadi ujian bagi setiap pasangan.

Salah satu masalah terberat adalah pasangan yang selingkuh. Godaan selingkuh tidak hanya datang pada laki-laki. Wanita atau istri juga dapat tergoda untuk slingkuh atau memiliki pria idaman lain yang menjadi penyebab retaknya hubungan rumah tangga. Lalu adakah doa agar istri atau suami setia dan tidak berselingkuh?

Doa agar Pasangan Setia

Jika ingin pasangan tetap setia, ada doa yang bisa diamalkan. Doa ini dapat diamalkan setelah melaksanakan shalat fardhu dengan memohon agar Allah menutup pintu hati suami atau istri dari godaan perselingkuhan dengan wanita atau laki-laki lain.

Walqoytu a’laika mahabbatam minii wa litusna’a ‘alaa ‘aini.

Artinya: “Aku telah memberikan kepadamu sebuah kasih dan sayang yang datang dari-Ku, dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku.”

Doa agar Istri Setia

Bacaan doa lainnya agar istri atau suami setia adalah dengan membaca Alquran surat Ali Imran ayat 31. Sebuah wasilah mengatakan  bahwa,”Barang siapa yang membaca surat Ali Imran ayat 31, niscaya insya Allah suami atau pasangan akan selalu setia dan cinta kepadanya”.

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Qul ing kuntum tuḥibbụnallāha fattabi’ụnī yuḥbibkumullāhu wa yagfir lakum żunụbakum, wallāhu gafụrur raḥīm

Artinya: “Katakanlah: ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu’. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa agar Dijauhkan dari Perselingkuhan

Setiap pasangan perlu untuk saling mendoakan agar tetap setia dan dijauhkan dari perselingkuhan. Salah satu bacaan yang bisa diamalkan terdapat pada Alquran surat Al Furqon ayat 74 yang berbunyi:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yun, waja’alna lil muttaqina imama.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa Lainnya

Seperti dalam buku Risalah Doa dan Zikir Keluarga disebutkan doa agar diberikan ketetapan hati dalam mencintai pasangan. Berikut bacaaan doa yang bisa diamalkan:

اَللَّهُمَّ اَنْتَ حَسْبِيْ عَلَى زَوْجِيْ/ زَوْجتيْ عَطِّفْ قَلْبَهُ/ قَلْبَها عَلَيَّ وَسَخِّرْلِيْ قلْبَهُ/ قَلْبَها وَذَلِّلْهُ/ذَلِّلْها لِيْ وَحَبِّبْنِيْ اِلَيْهِ/اِلَيْها حَتَّى يَأْتِيْ/تأْتِيْ اِلَيَّ خَاضِعَةً/خَاضِعًا ذَلِيْلاً مِنْ غَيْرِ مَهْلَةٍ وَاشْغُلْهُ/وَاشْغُلْها بِمَحَبَّتِيْ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Allahumma ya Rabbi anta hasbi ala’ zauji (untuk suami)/zaujati (untuk istri) (sebutkan nama pasangan), athif qalbaha (untuk istri)/qalbahu (untuk suami) alayya wa sakhirliy qalbaha/qalbahu wa dzallilhu (untuk suami)/ wa dzalillha (untuk istri)  wa habibniy ilaiha(untuk istri)/ ilaihi (untuk suami) hatta ta’ti (untuk istri)/ ya’ti (untuk suami) ilayya khaadhi’an (untuk suami)/khaadhi’atan (untuk istri) dzalilan (untuk suami)/dzalilatan (untuk istri) min ghairi mahlatin wasygulha (untuk istri)/ wasyghulhu (untuk suami) bimahabbati innaka ala kulli syai-in qadir.

Artinya: “Ya Allah ya Tuhanku, Engkaulah yang mencukupi aku kepada… (sebutkan nama pasangan), cenderungkanlah hatinya padaku, dan paksakanlah hatinya untukku serta kasihanilah hatinya untukku serta kasihanilah dia untukku dan cintakanlah aku kepadanya hingga ia datang kepadaku dengan sopan dan menaruh belas kasih tanpa menunda-nunda. Serta, sibukkanlah ia dengan mencintaiku. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas tiap sesuatu.”

Setia merupakan kunci utama agar dijauhkan dari godaan selingkuh serta membuat rumah tangga menjadi harmonis. Agar pasangan dapat setia, mulailah dari diri sendiri. Jika berharap suami setia, maka Bunda juga harus setia. Begitu juga sebaliknya.

Baca juga: