Penulis: Elvira Yolanda | Editor: Handa

Bunda salah satu penggemar selfie? Pernahkah bunda merasa kurang puas dengan hasil foto, ketika akan mengunggahnya di medsos? Tak perlu khawatir Bund, Bunda bisa mengeditnya lewat aplikasi edit foto! Dijamin hasil jepretan Bunda bisa makin cantik.

Kini, ada beragam aplikasi untuk mengedit foto yang bisa Bunda gunakan, baik untuk android maupun iOS. Penggunaannya pun lumayan mudah, cukup dengan sentuhan jari pada smartphone. Padahal dahulu aplikasi untuk mengedit foto hanya tersedia untuk PC dengan spesifikasi tinggi. Belum lagi harus melalui proses editing yang rumit dan membutuhkan waktu lama.

Bunda bingung mau pakai aplikasi yang mana? Berikut tim Catatan Bunda sudah merangkum 5 aplikasi edit foto wajib banget Bunda miliki, karena mudah digunakan. Yuk, simak selengkapnya!

1. VSCO Cam

Memiliki fitur edit foto yang lengkap, VSCO Cam menawarkan efek foto yang bergaya vintage dan banyak sekali fitur-fitur yang bisa Bunda coba. Kabar baiknya, aplikasi ini tersedia baik untuk pengguna android maupun iOS.

Sayangnya, tidak semua efek dalam VSCO Cam gratis. Untuk menikmati semua fitur dan efek di aplikasi ini, Bunda harus berlangganan dengan cara upgrade ke VSCO Cam premium.

2. Picsart

Tidak hanya menawarkan filter yang unik dan artistik, Picsart juga menawarkan fitur-fitur lain yang memudahkan Bunda jika ingin upload foto ke media sosial. Beberapa fitur lain yang terdapat di Picsart yaitu, fitur kolase, gambar, dan lain sebagainya yang bisa digunakan sesuai dengan kreativitas Bunda.

3. Snapseed

Aplikasi Snapseed juga wajib banget untuk Bunda miliki di smartphone. Aplikasi edit foto ini menawarkan banyak fitur beragam yang mudah digunakan, seperti crop foto, pengaturan cahaya, pengaturan fokus gambar, hingga pengaturan landscape atau portrait. Semuanya bisa diakses gratis di aplikasi ini.

4. Adobe Lightroom

Aplikasi editing foto ini bisa Bunda dapatkan melalui google playstore. Sebelumnya aplikasi edit foto ini hanya bisa digunakan di komputer lewat aplikasi Adobe Photoshop, tapi sekarang Bunda bisa menikmati fitur-fiturnya hanya melalui genggaman. Dan penggunaanya pun jauh lebih mudah Bund, tidak serumit versi di komputer.

Adobe Lightroom punya preset yang bermacam-macam, Bunda bisa atur sesuai keinginan Bunda. Filter seperti apa yang Bunda inginkan, bisa bunda atur mulai dari pencahayaannya sampai tone warna di foto Bunda.

5. AfterFocus

Tidak seperti aplikasi editing foto lainnya, AfterFocus hanya memberikan fitur untuk memberikan fokus pada foto yang Bunda ambil. Aplikasi ini bisa membuat hasil foto Bunda seperti dari kamera DSLR. Penggunaannya pun mudah sekali, Bunda bisa mengatur tingkat blur sesuai yang Bunda inginkan.

Itu dia Bunda, deretan aplikasi editing foto yang sangat mudah untuk digunakan! Bunda tinggal menginstallnya saja di smartphone Bunda! Nah, selamat mencoba Bunda! Semoga foto-foto Bunda makin kece dan cantik ya!

Baca juga:

Sumber