Penulis: Aliftya | Editor: Handa

Pandemi virus corona yang belum usai tidak saja memengaruhi kesehatan. Lebih dari itu, kondisi tersebut juga memengaruhi kondisi finansial masyarakat. Dalam hal ini, adanya keterbatasan untuk beraktivitas di ruang publik membuat sejumlah pekerja di sektor informal mengalami penurunan pemasukan.

Akibatnya, guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka terpaksa berhutang kepada orang lain. Mirisnya, tidak jarang mereka pun merasa kesulitan saat harus melunasi hutang-hutang tersebut. Untuk itu, bagi Bunda yang mengalami permasalahan serupa, berikut telah Catatan Bunda rangkum sejumlah doa yang dapat meringankan kita dari jeratan hutang.

Doa Menurunkan Beban Hutang

Nabi Muhammad SAW mengajarkan sebuah doa kepada umatnya yang sedang dalam kondisi kesulitan membayar hutang. Adapun doanya adalah sebagai berikut.

Allahumma robbas samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhim, robbana wa robba kulli syaiin, faaliqol habbi wan nawaa wa munzilat tauroti wal injil wal furqon. A’udzu bika min syarri kulli syaiin anta akhidzum binashiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syaiun wa antal akhiru falaysa ba’daka syaiun, wa antazh zhohiru fa laysa fauqoka syaiun, wa antal baathinu falaysa dunaka syaiun, iqdli ‘annad daina wa aghnina minal faqri.

Artinya:

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil, dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkaulah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkaulah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.”

Doa Ketika Terjerat Hutang

Dalam sebuah riwayat hadis, Sayidina Ali RA pernah menyampaikan doa dari Rasulullah kepada budak yang sedang menebus kemerdekaan dirinya. Adapun lafaz doanya, yakni:

Allahummakfini fi halâlika ‘an haramik, wa aghnini bi fadhlika ‘amman siwak.

Artinya:

“Tuhanku, cukupilah diriku dengan jalan (harta) yang Kauhalalkan, bukan jalan (harta) Kauharamkan; dan lengkapilah diriku dengan kemurahan-Mu, bukan kemurahan selain diri-Mu.”

Doa Agar Bebas dari Hutang

Selain dua doa di atas, berikut doa lain dari Rasulullah SAW agar kita dapat segera terbebas dari utang.

Allâhumma innî a‘udzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘udzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘udzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal.

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang”.

Doa dalam Shalat agar Terbebas Hutang

Dikatakan oleh Siti ‘Aisyah radliallahu ‘anha dalam hadits Bukhari, Nabi Muhammad SAW selalu membaca doa terbebas dari hutang dalam sholatnya. Doa tersebut berbunyi:

Allahumma innii a’uudzu bika minal ma’tsami wal maghram.

Artinya:

“Ya Allah aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan terlilit hutang”.

Dzikir untuk Meringankan Masalah Karena Hutang

Di samping mengamalkan dan membaca doa, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan umatnya untuk berdzikir kala diterpa masalah, termasuk terjerat hutang. Pelafalan dzikir tersebut adalah sebagai berikut:

Hasbunallah wani’mal-wakil, ni’mal-mawla, wani’man-nashir.

Artinya:

“Cukuplah Allah tempat berserah diri bagi kami, sebaik-baik pelindung kami, dan sebaik-baik penolong kami.”

Nah, sekarang jangan gundah lagi ya, Bunda. Agar hati semakin tenang dan segera terbebas dari lilitan hutang, Bunda bisa membaca dan mengamalkan doa-doa tersebut.

Baca juga:

Sumber