Penulis: Siti Rulli | Editor: Handa

Masa kehamilan menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Pasalnya, tidak lama lagi kebahagiaan yang akan mereka rasakan jadi lebih lengkap. Oleh sebab itu, Bunda harus senantiasa menjaga janin yang ada di dalam kandungan. Pemenuhan nutrisi di masa kehamilan adalah hal yang tidak boleh terlupakan.

Bunda juga bisa menambahkan vitamin untuk ibu hamil sebagai salah satu cara menjaga si kecil dalam kandungan agar tetap sehat. Lantas, apa saja rekomendasi multivitamin untuk ibu hamil dan bagaimana tips untuk memilihnya? Simak ulasan lengkap berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

1. Folamil Genio

Vitamin untuk ibu hamil yang bisa dicoba adalah folamil genio. Vitamin ini mengandung asam folat, DHA, vitamin D dan berbagai nutrisi lainnya. Dengan mengonsumsi folamil genio sebagai multivitamin akan membantu membantu memenuhi nutrisi saat masa kehamilan dan menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Selain itu, vitamin ini juga akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium ibu dan bayi dalam kandungan.

2. Nature’s Plus Prenatal

Vitamin untuk ibu hamil selanjutnya yang juga bisa dikonsumsi adalah nature’s plus prenatal. Multivitamin ini mengandung mineral, vitamin A, vitamin D, folat, kalsium dan lain sebagainya. Nutrisi yang terkandung didalamnya tersebut bisa membantu menurunkan resiko keguguran, gangguan pertumbuhan, gangguan mental, hingga kondisi bayi terlahir tuli.

3. Osfit DHA

DHA menjadi salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh janin selama dalam kandungan untuk membantu perkembangan otak bayi. Untuk itu dengan mengonsumsi multivitamin osfit DHA akan membantu resiko preeklampsia yang bisa membahayakan janin dan ibu hamil.

4. Nutrimama

Salah satu multivitamin yang bisa membantu memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin di masa kehamilan adalah Nutrimama. Vitamin untuk ibu hamil ini akan membantu memperbaiki fungsi saraf pada janin, mencegah kecacatan otak bayi saat lahir sampai dengan memelihara kesehatan Bunda di trimester pertama kehamilan. Jika ingin mengkonsumsi vitamin ini, sebaiknya minum satu kapsul sehari setelah makan.

5. Etabion

Selama masa kehamilan Bunda akan menyumbangkan sebagian sel darah untuk janin dalam kandungan. Itulah sebabnya dengan mengonsumsi Etabion sebagai suplemen pelengkap bisa membantu memenuhi zat besi sehingga mencegah anemia selama masa kehamilan.

6. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

Vitamin untuk ibu hamil yang juga cocok dikonsumsi ketika menyusui adalah Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold. Vitamin ini mengandung 17 nutrisi esial mulai dari asam folat, kalsium, DHA dan berbagai vitamin lainnya. Dengan mengonsumsinya sejak masa kehamilan, Bunda bisa membantu masa tumbuh kembang si buah hati.

7. Prohelic

Vitamin untuk ibu hamil yang juga cocok untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi serta mencegah terjadinya anemia adalah prohelic. Multivitamin ini mengandung zat besi, asam folat, minyak ikan, vitamin B1, B6, hingga B12. Kandungan vitamin yang cukup lengkap di dalamnya juga cocok dikonsumsi Bunda saat masa menyusui.

Tips Memilih Vitamin untuk Ibu Hamil

Memilih vitamin untuk ibu hamil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, tidak semua ibu hamil membutuhkan tambahan suplemen untuk membantu nutrisi tubuh dan janin dalam kandungan. Meski begitu, setidaknya Bunda perlu memahami bagaimana cara memilih suplemen secara umum, seperti:

  • Sesuai dengan usia kehamilan dan kebutuhan Bunda
  • Pilihlah multivitamin yang lengkap
  • Konsultasikan kepada dokter lebih dulu sebelum memilih vitamin yang ingin dikonsumsi

Perlu diingat ya Bunda, tidak semua momen kehamilan membutuhkan suplemen tambahan. Sebab biasanya ibu yang membutuhkan vitamin tambahan mengalami beberapa kondisi, seperti sedang hamil kembar, kekurangan nutrisi, dan lain-lain.

Jadi, ada baiknya konsultasikan dulu kepada dokter kandungan sebelum mengonsumsi suplemen atau vitamin apapun. Hal ini untuk mengetahui apakah Bunda perlu mengonsumsi vitamin tambahan untuk menutrisi tubuh saat masa kehamilan atau cukup dengan mengonsumsi nutrisi dari dari makanan yang Bunda konsumsi.

Baca juga:

Sumber