Penulis: Aulia Elsa | Editor: Handa

Kehamilan memiliki beberapa tahapan dimana setiap bulannya mengalami perkembangan yang berbeda. Kehamilan di usia 4 bulan atau trimester kedua ini adalah periode dimana janin mulai tumbuh dan berkembang dimana organ-organnya mulai terbentuk dan berfungsi. Perut bunda juga sudah mulai terlihat membesar.

Memasuki kehamilan 4 bulan, perkembangan janin dihitung dari minggu ke-17 sampai minggu ke-20. Di usia 4 bulan kehamilan, jenis kelamin janin yang dikandung mungkin sudah bisa terlihat saat melakukan USG, janin juga akan lebih banyak bergerak. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Minggu ke-17

Memasuki usia kehamilan di minggu ke-17, janin sudah cukup berkembang dengan berat sekitar 140 gram dan panjang kurang lebih 13 centimeter. Wajah dan alis pun sudah mulai terbentuk, bola matanya pun sudah bisa digerakkan walaupun kelopak matanya masih menutup.

Janin sudah bisa memberi respon terhadap suara-suara dari luar dengan menendang-nendang. Jari-jari mulai terbentuk, tulang-tulang rawan mulai mengeras, dan tubuh janin semakin proporsional.

Minggu ke-18

Di usia ini, janin sudah mulai bisa bergerak lebih jelas. Bunda juga sudah bisa merasakan pergerakan janin tersebut. Panjang janin sudah mencapai 14 centimeter dan berat 190 gram. Pembuluh darah akan semakin terlihat dan telinga janin sudah mulai terbentuk walaupun belum sempurna.

Jenis kelamin juga sudah bisa diketahui loh, Bunda. Selain itu, perkembangan otak janin juga sudah meningkat dan janin bisa merasakan perasaan.

Minggu ke-19

Di minggu ke-19, bagian ginjal janin sudah mulai bisa memproduksi urine. Janin juga sudah bisa menelan cairan ketuban. Sistem saraf untuk mencium, melihat, merasakan, mendengar, dan menyentuh juga mulai terbentuk di dalam otak, rambut janin juga sudah mulai tumbuh.

Detak jantung janin juga sudah mulai terdengar dan berfungsi dengan baik dengan memompa 25 liter darah tiap harinya. Di usia ini bobot janin sudah mencapai rata-rata 240 gram dan panjang sekitar 15,3 cm.

Minggu ke-20

Saat memasuki minggu ke-20, perkembangan janin sudah mulai cepat dibanding sebelumnya, gerakannya juga semakin kencang dan terasa. Di dalam tubuh janin juga sudah dilindungi lapisan lemak yang disebut vernix caseosa yang berfungsi melindungi bagian kulit janin selama berada di dalam ketuban.

Pada janin perempuan, jumlah sel telur di ovarium juga sudah maksimal yaitu sekitar 6-7 juta sel telur. Janin sudah bisa meregangkan tubuhnya dan menghisap jarinya. Kelenjar keringat ekrin juga mulai terbentuk. Di minggu ke-20, janin memiliki ukuran panjang sekitar 20 cm dan berat sekitar 300 gram.

Itulah tahapan-tahapan yang terjadi dari minggu ke minggu saat kehamilan bunda sudah memasuki usia 4 bulan. Bunda disarankan untuk rutin memeriksakan kandungan untuk memantau perkembangan janin saat memasuki 4 bulan ini. Selain itu, berikan nutrisi pada janin dengan tetap mengatur pola makan dan berolahraga ya, bunda!

Baca juga:

Sumber

Alodokter. (2021). Hamil 4 Bulan: Pergerakan Janin Mulai Terasa alodokter.com

Motherandbaby. (2018).  Perkembangan Janin di Kehamilan 4 Bulan motherandbaby.co.id

Kumparan. (2021). Perkembangan Janin 4 Bulan: Gerakannya Mulai Terasa kumparan.com