Penulis: Aulia Elsa | Editor: Handa

Seperti yang kita tahu Bunda, sholat 5 waktu hukumnya wajib bagi muslim. Tapi tahukah Bunda, selain sholat wajib 5 waktu, umat Islam juga dapat melaksanakan sholat sunnah. Sholat sunnah dhuha salah satu contohnya.

Sholat dhuha dilaksanakan minimal sebanyak dua raka’at dan maksimal 12 raka’at. Bisa dikerjakan sendiri maupun bersamaah. Untuk waktu melaksanakannya, dari setelah terbit matahari sampai sebelum waktu sholat Dzuhur. Tapi, akan lebih utama ketika dikerjakan saat matahari sudah mulai naik sepenggal, (sekitar jam 08.00 WIB hingga 10.00 WIB pagi), Bund. Di waktu inilah, menurut para ulama, doa-doa akan diijabah Allah SWT.

Pernahkah Bunda melaksanakan sholat sunnah dhuha? Nah, jika Bunda ingin melaksanakannya, simak bacaan niat dan doa sholat dhuha berikut Bund! 

Bacaan Niat Sholat Dhuha

Sebelum membahas niat sholat dhuha, ada baiknya kita mengenal dulu hukum melaksanakannya, Bund. sholat dhuha adalah sholat sunnah muakad artinya hukum sunnah yang sangat dianjurkan. Karena Nabi Muhammad SAW sering melakukan dan menjadikannya sebagai wasiat kepada pengikutnya.

Niat sholat sunnah dhuha ada 2 versi Bund, Bunda boleh memilih salah satunya.

Lafadz niat sholat dhuha adalah sebagai berikut, Bund:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat Sholat Sunnah Dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala

Atau juga bisa memakai lafadz niat yang pendek berikut Bund:

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat Sholat Sunnah Dhuha dua rakaat karena Allah Ta’ala

Tata Cara Sholat Sunnah Dhuha

Sama seperti sholat sunnah pada umumnya, sholat dhuha bisa dilaksanakan minimal dua raka’at dan maksimal 12 raka’at. Tata cara pelaksanaannya adalah dua raka’at salam. Jadi jika Bunda ingin melaksanakaan sholat dhuha empat raka’at, maka dikerjakan dua raka’at salam lalu dilanjut dua rakaat salam lagi. 

Setelah membaca niat, kemudian takbiratul ihram, lalu dilanjutkan dengan gerakan dan bacaan sholat seperti biasanya hingga salam.

Doa Setelah Sholat Sunnah Dhuha

Supaya lebih afdol, Bunda disunnahkan membaca doa setelah sholat dhuha. Berikut bacaan dan artinya, Bund;

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqi dhuha’ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash shalihin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu, dan kekuasaan-Mu, berikanlah padaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.”

Bacaan doa diatas adalah salah satu doa yang umum digunakan yang dicantumkan oleh Asy-Syarwani dalam Syarh Al Minhaj dan disebut pula oleh Ad-Dimyathi dalam I’anatuth Thalibiin. Namun, Bunda boleh membaca doa lain selama hal itu baik.

Keutamaan Sholat Dhuha

Bunda pasti ingin tahu keutamaan sholat dhuha bagi yang melaksanakannya? Berikut Bund:

  • Sholatnya orang yang kembali taat
    Sesuai dengan hadist riwayat Ibnu Khuzaimah, “Tidak lah menjaga sholat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat).”
  • Dibuatkan istana di surga
    Sesuai dalam hadits riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah: “Barang siapa sholat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga.”
  • Rezeki yang berlimpah
    Diriwayatkan dalam hadits riwayat Turmudzi: “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai anak Adam, bersholat lah untuk-Ku 4 rakaat pada permulaan siang, niscaya akan Aku cukupi kebutuhannmu pada sore harinya.
  • Diampuni dosanya
    Sesuai dalam hadist riwayat Tirmidzi: “Siapapun yang melaksanakan sholat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.”
  • Dan manfaat lainya seperti sedekah untuk seluruh tubuh, mendapatkan pahala setara umrah dan mencegah penyakit.

Nah, itulah bacaan niat dan doa sholat dhuha yang bisa kita amalkan sebagai seorang muslimah, Bund! Bagaimana, sudah siap untuk rajin mengamalkan dan merasakan keutamaan sholat dhuha, Bund?

Baca juga:

Sumber