Penulis: Vinna | Editor: Aufia

Dalam kehidupan sehari-hari Bunda pasti membaca dan mengamalkan surat Al-Insyirah. Meskipun Bunda membaca surat Al-Insyirah, tapi tahukah Bunda mengenai tafsir dan kandungannya. Daripada penasaran, yuk simak bacaan sekaligus tafsir, keutamaan dan asbabun nuzul surat al insyirah berikut ini!

Mengenal Surat Al Insyirah

keutamaan surat yusuf

Surat Al-Insyirah adalah surat ke-94 dari Al-Qur’an yang terdiri dari 8 ayat. Surat ini mempunyai ayat yang diulangi dua kali di dalam suratnya yaitu, ‘Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan’. Ini menyiratkan bahwa Allah mengirimi Bunda dua kali lipat keringanan atau pahala untuk setiap kesulitan yang Bunda hadapi.

Surat yang diturunkan setelah Surat Ad Duha ini sering terjadi khilaf di antara para ulama mengenai apakah surat Al-Insyirah ini tergolong ke dalam surat Makkiyah atau Madaniyah. Menurut Abduh, surat Al-Insyirah adalah Makkiyah (diturunkan di Mekkah). Sedangkan menurut ‘Aisyah Abdurrahman di dalam at-Tafsir al-Bayani li al-Qur’ani al-Karim bahwa surat Al-Insyirah  dikategorikan sebagai Madaniyah. Sementara itu, Al-Biqa’i mengutarakan surat Al-Insyirah adalah Madaniyah berdasarkan pemahaman dari adanya ketetapan “kelapangan dada” dan sesudahnya.

Bacaan Surat Al-Insyirah

  • اَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَۙ

A lam nasyraḥ laka ṣadrak

Artinya: ‘Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?’

  • وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَۙ

Wa waḍa’nā ‘angka wizrak

Artinya: ‘Dan Kami pun bahwasanya telah menurunkan bebanmu darimu,’

  • الَّذِيْٓ اَنْقَضَ ظَهْرَكَۙ

Allażī angqaḍa ẓahrak

Artinya: ‘Yang memberatkan punggungmu,’

  • وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَۗ

Wa rafa’nā laka żikrak

Artinya: ‘Dan Kami pun mentinggikan sebutan (nama)mu bagimu.’

  • فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ

Fa inna ma’al-‘usri yusrā

Artinya: ‘Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,’

  • اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ

Inna ma’al-‘usri yusrā

Artinya: ‘Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.’

  • فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْۙ

Fa iżā faragta fanṣab

Artinya: ‘Maka apabila bahwa engkau itu telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain),’

  • وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ

Wa ilā rabbika fargab

Artinya: ‘Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.’

Tafsir Surat Al-Insyirah

Surat Al-Insyirah awalnya ditujukan untuk Rasulullah agar beliau diberikan kelapangan dada akan beban yang diembannya. Ketika Rasulullah gencar berdakwah menyebarkan ajaran Islam ke seluruh penjuru Arab, surat ini menjadi pelipur lara bagi beliau. 

Surat Al-Insyirah awalnya memang hanya ditujukan bagi Rasulullah, selanjutnya bisa juga untuk umatnya. Surat Al-Insyirah terdiri dari dua bagian yaitu mengingatkan mengenai anugerah serta pertolongan Allah kepada Rasulullah. Selanjutnya adalah bagian pengajaran yaitu inayah dan penjelasan tentang suatu sebab.

Terdapat sesuatu yang unik dari surat Al-Insyirah ini, pada ayat keempatnya diulang dua kali dalam surat ini yaitu ‘Fa inna ma’al ‘usri yusra’. Sebanyak 6 kali kata ‘yusr’ terulang, 3 diantaranya beriringan secara langsung dengan ‘usr,’ sementara itu sebanyak 44 kali kata ‘yusr’ disebut dengan berbagai derivasinya.

Hamka menjelaskan di dalam tafsir al-Azhar bahwasanya Allah melapangkan dada seseorang yang sempit karena susah atau dukacita. Lapang dada di sini berarti sebagai ungkapan mengenai pikiran yang sempit.

Artinya, bahwasanya sesungguhnya jika kesulitan itu datang menghampiri, maka pasti disertai dengan adanya kemudahan. Kemudahan tersebut ada ketika seseorang berada di dalam kesulitan itu, serta yang akan memahami hal itu hanya golongan orang-orang yang berprasangka baik.

Surat Al-Insyirah ini mengandung ibrah atau pelajaran yang bisa diambil, salah satunya adalah bahwasanya setiap kesulitan pasti satu paket sama yang namanya kemudahan, serta semua orang pasti mengalami kesulitan. Al-Qur’an mendidik umat islam untuk meneladani Rasulullah terutama sikap optimisnya dalam menyelesaikan berbagai ujian, rintangan dan cobaan kehidupan.

Keutamaan Surat Al Insyirah

Kebanyakan umat muslim hafal dengan surat Al-Insyirah.  Banyak keutamaan dari membaca surat Al-Insyirah secara istiqamah dalam waktu tertentu. Menurut kitab Khazinatul Asrar disebutkan bahwasanya setidaknya membaca Al-Insyirah mempunyai tiga keutamaan yaitu.

  • Segala urusannya akan dimudahkan, kesulitan akan dihilangkan dan akan mendapatkan rizeki tanpa diduga-duga jika seseorang membaca surah Al-Insyirah secara rutin setelah shalat wajib.

ومن داوم على قراءتها دبر الصلوات الخمس يسر الله أمره وفرج همه ورزقه من حيث لا يحتسب

“Barangsiapa secara rutin setiap selesai shalat wajib membaca Al-Insyirah, maka Allah akan menghilangkan kesusahannya, memudahkan urusannya, dan tanpa diduga-duga Allah memberinya rezeki.”

  • Lalu, seseorang yang secara rutin membaca surat Al-Insyirah juga akan menghilangkan rasa malas dalam beribadah, mendatangkan kemudahan rezeki, serta melapangkan dada.

وقال بعضهم تلاوتها تيسر الرزق وتشرح الصدر وتذهب العسر في الأمور وتصلح لمن غلب عليه الكسل في الطاعات والتعطيل في المعاش

“Sebagian ulama berujar bahwasanya membaca surat Al-Insyirah dapat memperbaiki orang yang malas dalam beribadah, memudahkan rezeki, menghilangkan kesulitan dalam segala perkara, orang yang pengangguran dalam  bekerja, serta melapangkan dada.”

  • Dan, seseorang akan diberi kemampuan melihat hal-hal yang istimewa dan rahasia-rahasia yang mengherankan jika dibaca di waktu Dhuha sebanyak 200 kali.

ومن قرأها كل يوم وقت الضحى مائتي مرة رأى منها الخواص الغريبة والأسرار العجيبة

“Barangsiapa yang setiap hari pada waktu Dhuha membaca surat Al-Insyirah sebanyak dua ratus kali, maka akan melihat rahasia-rahasia yang aneh, serta hal-hal yang istimewa.”

Itulah bacaan, tafsir, asbabun nuzul dan keutamaan Surat Al Insyirah. Yuk, amalkan Bund!

Baca Juga:

Sumber