Penulis: Litalia Putri | Editor: Handa

Salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh anak ketika remaja adalah jerawat. Biasanya, jerawat yang muncul pada anak usia remaja selalu dalam jumlah yang banyak. Hal ini lumrah terjadi, karena ketika masa pubertas, anak akan mengalami perubahan hormon.

Pada masa ini, timbulnya jerawat akan memengaruhi rasa percaya diri anak. Pada kondisi tertentu, jerawat yang cukup parah juga dapat mengakibatkan pembengkakan pada wajah. Untuk itu, Bunda perlu mengetahui cara menyingkirkan jerawat pada wajah anak.

Penyebab Jerawat Remaja

Jerawat yang muncul pada usia remaja biasanya disebabkan karena adanya peningkatan hormon. Hal ini mengakibatkan kelenjar minyak menjadi sangat aktif dan menghasilkan banyak minyak. Minyak berlebih inilah yang membuat kulit wajah anak tersumbat dan memicu timbulnya benjolan kecil yang disebut dengan jerawat.

Penyebab lain yaitu pemakaian kosmetik yang tidak sesuai, pemakaian handuk kotor, dan adanya infeksi bakteri karena kurangnya perawatan pada wajah. Gejala timbulnya jerawat pada anak remaja juga bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan dan kondisi kulit anak.

Tips Mengatasi Jerawat

Beberapa hal berikut  perlu Bunda perhatikan untuk menghilangkan jerawat di wajah anak, antara lain:

1. Mencuci Wajah Dua Kali Sehari

Untuk mengatasi jerawat timbul di wajah anak, Bunda dapat mengajarkan anak untuk rajin mencuci wajah dua kali sehari. Dengan mencuci wajah menggunakan sabun muka, produksi minyak berlebih yang ada di wajah dan leher menjadi berkurang. Sehingga tidak menimbulkan adanya penumpukkan kotoran di pori-pori kulit.

2. Hindari Pemakaian Make-Up

Anak perempuan cenderung lebih merasa minder ketika mendapati ada jerawat di wajahnya. Untuk menutupinya, tidak jarang anak akan menggunakan bantuan makeup, seperti concealer, foundation, ataupun bedak. Hal ini justru akan memperparah kondisi jerawat di wajah anak, loh Bunda. Sebab makeup akan membuat pori-pori semakin tertutup.

3. Gunakan Produk Jerawat yang Tepat

Penggunakan produk jerawat juga menjadi salah satu pilihan Bunda untuk mengatasi jerawat anak. Pilih produk jerawat yang sesuai dengan penyebab timbulnya jerawat di wajah anak.

Bunda dapat memilih produk jerawat yang mempunyai kandungan SA (salicylic acid) dan benzoyl peroxide. Kandungan ini efektif untuk melakukan pengelupasan di dalam pori-pori, membunuh bakteri, dan mencegah kemerahan pada kulit wajah.

4. Jangan Dipegang atau Dipencet

Apabila pada wajah anak timbul jerawat, pastikan untuk tidak dipencet ataupun dipegang. Hal ini dilakukan untuk menghindari bakteri yang terdapat di tangan berpindah ke area wajah. Selain itu, memencet jerawat juga akan menimbulkan bekas yang akan membuat kulit menjadi bopeng.

5. Mengatur Pola Makan

Untuk menghindari terjadinya jerawat berlebih pada anak, Bunda dapat mengontrol pola makan anak. Selain itu, pastikan anak minum air putih yang cukup agar kulit terhidrasi. Hindari konsumsi junk food, ya Bunda!

Baca juga:

Sumber

Liputan6.com. (2015). Cara Menghilangkan Jerawat padda Remaja. liputan6.com 

Hellosehat.com. (2021). Jerawat Puber Bikin Minder? Berantas Habis Dengan 6 Langkah Ini. hellosehat.com.

Doktersehat.com. (2019). 7 Cara Mengatasi Jerawat Berlebihan pada Remaja. doktersehat.com.

Sehatq.com. (2019). Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat pada Remaja. www.sehatq.com