Penulis: Aulia Elsa | Editor: Aufia

Bunga adalah salah satu tumbuhan yang bentuknya sangat cantik dan sering disimbolkan sebagai bentuk kasih sayang atau keanggunan. Karena itu banyak orang yang menyukai bunga, bahkan menjadi seorang kolektor tanaman hias yang tentunya memiliki bunga yang cantik-cantik dari beragam jenis.

Selain bentuknya yang indah, bunga juga memiliki bagian-bagian dan fungsinya masing-masing. Komponen-komponen yang ada di dalamnya juga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pembaruan bunga. Agar Bunda lebih memahami bagaimana bagian-bagian bunga dan fungsinya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Apa Saja Bagian-Bagian Bunga dan Fungsi Pentingnya?

bagian bunga serta fungsinya

Bunga secara umum terdiri dari kelopak, mahkota, dasar, benang sari, dan putik. Tumbuhan bisa berkembang biak dengan memanfaatkan fungsi benang sari dan putik sebagai alat reproduksi. Reproduksi betina diwakili oleh putik, dan perkembangbiakan jantan dilakukan oleh benang sari. Selain itu, bagian-bagian bunga lainnya juga tidak kalah penting, seperti:

1. Kelopak bunga

Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang termasuk rangkaian daun bunga yang pertama pada kuncup. Letaknya ada di bagian paling luar bunga. Fungsi dari kelopak bunga yaitu untuk melindungi mahkota dari gangguan luar ketika masih dalam keadaan kuncup. Kelopak bunga biasanya berwarna hijau daun dan menutupi bagian lainnya ketika bunga belum mekar.

2. Mahkota bunga

Mahkota bunga atau disebut corolla ini adalah rangkaian bunga setelah kelopak bunga yang memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang beraneka ragam. Bentuknya yang berwarna-warni ini memang ditujukan untuk menarik perhatian serangga penyerbuk di sekitarnya.  Karena ukurannya yang besar dan mengelilingi komponen tengah bunga, maka mahkota bunga berfungsi melindungi organ reproduksi ketika sedang bekerja.

3. Benang sari

Benang sari adalah bagian bunga yang berfungsi sebagai alat reproduksi jantan pada bunga. Bagian ini terdiri dari memiliki tangkai sari dan kepala sari. Tangkai sari sendiri merupakan bagian yang berbentuk silinder dan cukup panjang, sedangkan kepala sari terletak di ujung tangkai sari. Kepala sari adalah tempat berkembangnya serbuk sari atau pollen. Tempat berkembangnya serbuk sari disebut sebagai ruang sari.

4. Putik

Putik adalah salah satu segmen bunga yang memiliki peran sangat penting karena merupakan alat reproduksi bunga betina yang dikenal sebagai gynoecium. Posisinya berada di tengah-tengah bunga dan mengandung sel telur untuk masa reproduksi. Putik terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Stigma (kepala putik) bagian pucuk yang berada di ujung putik
  • Stilus (tangkai putik) bagian yang membantu proses penyerbukan dan reproduksi bunga
  • Ovarium (bakal buah) bagian putik yang menyimpan sel telur, letaknya ada di dasar bunga

5. Bakal biji

Bagian bunga satu ini berfungsi sebagai tempat dimana sel-sel telur bertemu untuk dibuahi oleh serbuk sari. Bakal biji ini berperan sebagai pelindung sel telur dan memastikan proses penyerbukan berjalan dengan lancar. Di beberapa jenis bunga, bakal biji ini terbungkus oleh ovarium atau bakal buah. Bakal biji biasanya terlihat secara langsung dan letaknya lebih atas.

6. Tangkai bunga

Bagian tangkai bunga adalah bagian yang paling dasar dari bunga. Tangkai bunga berfungsi sebagai penyokong dan penghubung antara bunga dan ranting. Setiap tangkai punya ukuran diameter yang berbeda-beda sesuai jenisnya. Selain itu, ada juga tangkai bunga yang merambat dan majemuk, tujuannya agar bunga bisa tumbuh sesuai dengan situasi lingkungan.

Bunda, itulah bagian-bagian bunga serta fungsi pentingnya. Setiap bagian bunga memiliki peran penting untuk pertumbuhan bunga. Jadi rawatlah setiap bagian bunga dan jangan merusaknya. Semoga bermanfaat ya, Bunda.

Baca Juga:

Sumber