Penulis: Farichatul | Editor: Aufia

Tahukah Bunda, kalau payudara wanita normal bisa memiliki 9 bentuk? Yup! Bentuk payudara wanita tidak selalu sama dan itu normal-normal saja selama payudara tersebut sehat. Walaupun begitu, bentuk payudara juga harus tetap diperhatikan sebab hal ini berkaitan dengan jenis bra yang dipilih. 

Ukuran dan bentuk bra yang sesuai tentu tidak hanya akan membuat Bunda nyaman, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri. Nah, berikut ini 9 bentuk payudara wanita yang bisa Bunda perhatikan.

Bentuk payudara wanita

1. Payudara Asimetris

Banyak penelitian menyebutkan bahwa ukuran yang berbeda antara payudara kiri dan kanan adalah suatu hal yang normal selama tidak terjadi penurunan volume payudara secara mendadak. Jika Bunda adalah salah satu pemilik payudara jenis ini, maka bra push-up atau bra yang mengangkat dada ke atas adalah jenis bra yang cocok untuk Bunda.

2. Payudara Lonceng (Bell Shaped)

Payudara lonceng adalah bentuk payudara yang tipis di bagian atas tapi tebal di bawah sehingga mirip lonceng. Bra yang cocok untuk payudara jenis ini adalah T-shirt bra. 

3. Payudara Bulat (Round)

Sesuai dengan namanya, payudara bulat adalah bentuk payudara yang ukuran atas dan bawahnya terlihat sama-sama penuhnya. Bentuk payudara ini cocok untuk dipasangkan dengan bra jenis apapun. 

4. Payudara East West

East West adalah istilah yang menggambarkan bentuk payudara dengan puting yang menghadap ke arah yang berlawanan jika bra-nya dilepas. Bra dengan bagian depan yang agak ketat (front-closure bra) cocok untuk dipakai payudara jenis ini.

5. Payudara Teardrop

Payudara bentuk teardrop mirip dengan payudara bulat. Hanya saja, bagian atas payudara ini kurang penuh apabila dibandingkan dengan payudara bulat. Tapi terlepas dari itu, payudara tipe teardrop juga pas untuk dipakaikan jenis bra apapun. 

6. Payudara Atletik

Payudara atletik bukan hanya milik para atlet loh Bunda. Bunda bisa memiliki bentuk payudara ini jika bentuk payudara terlihat lebar, agak lebih banyak ototnya dan terlihat kurang memiliki jaringan. Bentuk payudara ini sangat cocok untuk wireless bra. 

7. Payudara Slender (Ramping)

Bentuk payudara slender (ramping) bukan berarti Bunda membutuhkan bra dengan ukuran yang lebih kecil. Hanya saja dua ukuran payudara Bunda tidak mengambil seluruh ruang di dada. Bra yang cocok untuk payudara jenis ini adalah deep-plunge bra karena deep-plunge bra bisa mengumpulkan keseluruhan bagian payudara ke tengah. 

8. Payudara Relax

Tipe payudara satu ini memiliki ciri-ciri payudara menggantung ke bawah dan terlihat  memiliki susunan jaringan yang longgar. Payudara relax cocok untuk dipakaikan T-shirt atau push-up bra. 

9. Payudara Side Set

Dua payudara yang hanya menyisakan sedikit tempat di tengahnya disebut dengan payudara side set. Payudara jenis ini cocok untuk front-closure bra. 

Nah, itu tadi Bunda jenis-jenis bentuk payudara beserta bra yang cocok untuk masing-masing bentuk. Apapun bentuk payudara yang Bunda miliki, selama payudara itu sehat, tidak terasa sakit berkepanjangan maka Bunda tidak perlu khawatir.

Baca Juga:

Sumber