Penulis: Aulia Elsa | Editor: Handa

Kehamilan merupakan momen berharga bagi setiap wanita, karena mereka akan segera menjadi ibu, maka dari itu banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, terutama soal apa yang dikonsumsi selama masa kehamilan.

Selain pola makan yang sehat dan rutin berolahraga, bunda juga perlu mengkonsumsi vitamin atau suplemen untuk menjaga kehamilan. Ada beberapa merk vitamin yang bagus untuk dikonsumsi dan banyak digunakan oleh ibu hamil. Apa saja ya bun merknya? Yuk disimak informasinya.

1. Santa-E 400

Suplemen vitamin E ini bagus dikonsumsi karena dapat melindungi sel telur dan juga sperma. Selain itu juga dapat melindungi tubuh dari gangguan radikal bebas dan mendukung pembentukan sperma berkualitas. Vitamin ini dikonsumsi selama program kehamilan berjalan, bukan ketika bunda sedang hamil karena fungsinya untuk meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan.

2. Folavit

Folavit punya dua varian suplemen asam folat, yaitu dosis 400 mcg dan 1000 mcg. Keduanya dijual bebas di pasaran. Suplemen asam folat ini membantu mencegah adanya penutupan tuba neural yang menjadi penyebab sakit kepala pada calon bayi nantinya. Selain itu, ibu hamil juga memerlukan asam folat yang tinggi, penggunaan asam folat dan vitamin E juga diperbolehkan asal sesuai dosis yang dianjurkan. Folavit ini biasanya dijual dalam bentuk sati strip berisi 10 tablet.

3. Vitafusion prenatal

Vitamin ini dibuat dengan tekstur kenyal, jadi kalau bunda kesulitan menelan tablet atau kapsul dan tidak suka dengan rasa pahit, vitamin ini bisa bunda konsumsi karena rasanya manis jika dikunyah. Vitafusion prenatal ini mengandung banyak vitamin antara lain vitamin A, B, C, D, dan kandungan mineral lainnya. Namun dalam kandungannya belum dilengkapi zat besi.

4. Garden of Life – MyKind Organics Prenatal Multi Gummies

Merk vitamin satu ini terbuat dari makanan utuh, vegan, dan organik. Vitamin ini diformulasikan untuk dikonsumsi sebelum, selama, dan setelah kehamilan. Selain kandungan asam folat, suplemen ini juga mengandung zat besi, vitamin A, C, D, E, K, B kompleks, dan mineral lain, sehingga bunda dan janin akan mendapat nutrisi yang cukup. Tekstur dari suplemen ini pun berbentuk gummy yang kenyal dan juga lembut di perut.

5. Ever E

Selain baik untuk kesehatan kulit, ternyata Ever E juga bisa digunakan sebagai antioksidan kuat yang bisa meningkatkan kesuburan. Tidak hanya untuk wanita, tapi pria juga bisa mengkonsumsinya loh, bun. Ever E bisa bunda konsumsi kapan saja, namun tetap dikonsumsi sesuai kadar yang ditentukan dan tidak berlebihan. Vitamin ini juga berfungsi mencegah terjadinya keguguran dan menurunkan resiko darah tinggi selama masa kehamilan.

6. Blackmores – i-Folic

Selain asam folat, blackmores i-Folic ini punya kandungan yodium yang mendukung perkembangan otak, pendengaran, dan penglihatan janin serta menghindari risiko gangguan pada calon bayi. Bunda juga tidak perlu mengkonsumsinya secara berlebihan, cukup satu tablet sehari.

7. Blesifen

Vitamin satu ini berfungsi untuk meningkatkan kesuburan dengan proses ovulasi, yaitu merangsang peningkatan jumlah hormon yang mendukung pertumbuhan dan pelepasan sel telur yang matang. Cara mengkonsumsi blesifen adalah dengan minum 1 tablet setiap hari selama 5 hari pada hari ke-5 siklus menstruasi. Kalau belum berhasil, tingkatkan menjadi 2×1 selama 5 hari. Namun tentunya ada efek samping dari penggunaannya seperti nyeri panggul, mual, dan muntah.

Itulah beberapa merk vitamin atau suplemen yang bisa bunda konsumsi selama hamil ataupun sebelum memasuki masa kehamilan. Bunda perlu memahami kalau vitamin ini dikonsumsi sebagai tambahan nutrisi selama hamil, bunda harus tetap menjaga pola makan dan olahraga untuk kesehatan calon buah hati. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter ya, bun.

Baca juga:

Sumber