Penulis: Diana | Editor: Aufia

Demi keamanan para pengguna internet, pemerintah Indonesia banyak memblokir situs. Bunda ingin mengakses situs yang diblokir tersebut? Untuk melakukannya, Bunda hanya membutuhkan VPN supaya server bisa dialihkan. 

Tapi karena satu dan lain hal (kesulitan menggunakan, misalnya) Bunda enggan menginstall aplikasi VPN, tak perlu khawatir! Sebagai gantinya Bunda bisa mengakses browser anti blokir.

Penasaran ada browser apa saja dan apa keunggulannya? Cari tahu di sini, yuk!

1. Opera

Browser Anti Blokir Terbaik untuk PC dan Smartphone - opera

Opera merupakan salah satu aplikasi browser anti blokir yang dilengkapi dengan fitur pencegah pop up atau iklan. Fitur ini bisa mempercepat proses pemuatan halaman dan melindungi pengguna dari pencurian data. Mantab banget kan, Bund?

Opera juga membuka situs blokir tanpa batasan dimana aplikasi ini diakses. Pokoknya,  bisa di negara manapun.

Opera juga memberikan pengalaman menjelajah internet secara aman dan terhindar dari situs-situs yang berbahaya. Selain itu, Opera juga menawarkan fitur Messenger, dimana para penggunanya bisa berkomunikasi tanpa harus membuka tab baru. Nilai plusnya, Bunda tak perlu biaya tambahan untuk menggunakan aplikasi opera. 

2. UR Browser

UR Browser didapuk sebagai salah satu browser anti blokir terpopuler di berbagai kalangan. Melalui kunci enkripsi RSA 2048 bit dan sertifikasi SSL, pengguna bisa mentransfer data secara aman. UR Browser juga dilengkapi dengan fitur untuk memblokir iklan dan pelacak supaya pengguna tidak terganggu.

Fitur dalam browser ini memiliki banyak keutamaan dimana layar utama bisa disesuaikan, pemindai game, dan juga berbagai ikon dan wallpaper menarik.

3. Tor Browser

Browser Anti Blokir Terbaik untuk PC dan Smartphone - tor browser

Tor browser adalah aplikasi web browser yang bersifat multiplatform dan juga bebas dari internet positif. Browser ini juga dilengkapi dengan alat yang berfungsi untuk menjaga privasi penggunanya dengan baik. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir apabila data pribadi Bunda akan diketahui oleh orang lain.

Browser ini bukan hanya bisa mengakses situs yang telah diblokir, tetapi bisa juga untuk mengakses situs yang sudah dibatasi penggunaannya.

4. Puffin Web Browser

Browser Anti Blokir Terbaik untuk PC dan Smartphone - puffin web browser

Pernah mendengar tentang Web Browser? Yup, browser anti blokir Windows ini memiliki kecepatan super untuk mengakses situs yang terblokir, sehingga banyak digunakan oleh masyarakat.

Kecepatannya dalam mengakses dihasilkan dari adanya fitur cloud online. Bahkan menurut para penggunanya, browser ini juga dapat menelusuri internet dengan kecepatan akses sampai sepuluh kali lipat melebihi browser biasa. 

5. Microsoft Chromium Edge

Browser Anti Blokir Terbaik untuk PC dan Smartphone - Microsoft Edge

Tahu tidak Bund, ternyata Microsoft sudah merilis browser anti blokir mereka sendiri loh, namanya Microsoft Edge. Sayangnya browser ini baru bisa diakses PC. 

Browser ini dijalankan di Chromium Engine menggunakan pengaturan dan dukungan yang diaplikasikan oleh Google Chrome. Jadi, untuk meningkatkan fitur keamanan, Chromium juga menawarkan informasi ketika membuka situs yang diblokir. 

Informasi yang didapatkan juga seimbang (balanced), tidak dibatasi (unrestricted), dan ketat (strict as well). Terlebih merek Microsoft telah terkenal inovasi dan teknologi yang canggih yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Tertarik mencoba bun?

6. UC Browser

UC Browser mempunyai fitur untuk mengakses situs blokir yang easy user (mudah digunakan) sehingga banyak digunakan oleh para pengguna smartphone dan PC.

Sampai saat ini, UC Browser masuk dalam rangkaian aplikasi web browser yang banyak digunakan oleh pengguna internet. Terlebih jika Bunda ingin mengunduh file besar, direkomendasikan untuk menggunakan browser ini ya. Pasalnya, browser ini juga menghadirkan kecepatan yang lebih kencang dibandingkan browser biasanya.

7. Aloha Browser

Aplikasi lainnya yang bisa Bunda andalkan sebagai browser anti blokir adalah Aloha Browser. Karena browser ini sudah dilengkapi dengan fitur VPN yang akan otomatis aktif setelah membuka Aloha Browser. 

Inilah yang membuat VPN tersebut tidak bisa mengakses aplikasi lain yang sedang Bunda buka. Sehingga, data-data pribadi Bunda lebih aman karena tidak akan terdeteksi oleh VPN. 

Browser ini juga mempunyai keunggulan lainnya seperti pemblokiran iklan yang seringkali muncul. Tak sampai disitu, terdapat juga fitur pemutar media dan VR player untuk melengkapi kebutuhan pengguna. 

Bunda juga bisa memilih server VPN negara lain secara bebas loh. Ingin mendapatkan layanan premium? Tinggal upgrade dan akan dikenakan tarif sebesar 2,99 dollar AS per bulannya.

Gimana Bund? Dari ke 7 browser anti blokir diatas adakah yang sudah pernah Bunda coba? Atau mau coba yang mana dulu, nih?

Baca Juga: