Penulis: Siti Rulli | Editor: Handa

Mengajarkan agama Islam pada anak-anak, tidak harus dimulai dari hal yang berat. Bunda bisa memulainya dengan mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan sesuai hadist dalam agama Islam. Hal ini sebenarnya cukup sederhana tapi bisa berdampak baik di kemudian hari lho Bunda.

Terlebih tidak hanya membuat si kecil harus selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tapi dalam agama Islam hal tersebut juga sudah diajarkan. Untuk itu, bagi Bunda yang ingin mengajarkan cara menjaga kebersihan sesuai hadist dalam islam, bisa menggunakan beberapa hadist berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan Pakaian

Cara mengajarkan anak menjaga kebersihan sesuai hadist dalam agama Islam yang pertama adalah kebersihan pakaian. Anjuran untuk membersihkan pakaian ini sudah diatur dalam Q.S Al Mudasir ayat : 4.

Dalam ayat tersebut Allah berfirman “ Dan Pakaianmu, bersihkanlah”. Sehingga dalam sebuah tafsir Marah Labid, Imam Nawawi Al-Bantani menyebutkan bahwa ayat tersebut ditafsirkan sebagai anjuran membersihkan pakaian dari najis.

2. Menjaga Kebersihan Rambut

Cara mengajarkan si kecil agar ia juga rajin merawat dan menjaga kebersihan rambut juga bisa menggunakan hadist lho Bunda. Dalam sebuah hadist riwayat Abu Dawud, disebutkan bahwa, “Siapa yang memiliki rambut, maka muliakanlah ia.“

3. Anjuran Menjaga Alam

Tidak hanya dianjurkan menjaga kebersihan diri, ternyata ada sebuah hadist yang juga menyatakan Rasulullah mengatakan untuk kita senantiasa menjaga alam. Jadi, Bunda bisa mengajarkan si kecil untuk tidak merusak lingkungan dan lebih mencintai alam.

Hadist yang menyebutkan anjuran menjaga alam tersebut diriwayatkan oleh Ahmad. Isinya adalah sebagai berikut ini.

“Kelestarian alam akan menjernihkan pandangan. Ada tiga hal yang menjernihkan pandangan, yaitu menyaksikan pandangan pada yang hijau lagi asri, pada air yang mengalir, dan pada wajah yang rupawan.” (HR Ahmad).

4. Kebersihan Diri Dalam Hadist

Kebersihan diri menjadi hal yang utama. Sebab ketika kita menjaga kebersihan diri tentunya akan terhindar dari berbagai penyakit. Tapi tahukan Bunda ada hadist yang riwayat Bukhari dan Muslim yang menjelaskan akan hal ini. Isi dari hadist tersebut adalah sebagai berikut.

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Ada 5 macam fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari dan Muslim). “

Dari hal tersebut saja, Bunda bisa mengajarkan kepada si kecil cara menjaga kebersihan yang sederhana seperti memotong kuku. Selain sudah diajarkan dalam Islam dengan memotong kuku, Bunda juga bisa memberikan pengertian bahwa tidak ada kotoran yang menempel sehingga membuat tangan bersih dan bebas kuman.

Itulah cara mengajari anak menjaga kebersihan sesuai hadist dalam Islam. Bunda tidak perlu menjelaskan kepada si kecil tentang agama Islam yang cukup berat. Sampaikan secara nyaman agar anak mampu menerima semua hal tersebut. Dan semoga kelak di kemudian hari menjadi sesuatu yang rutin ia lakukan dan makin mendekatkan kepada Tuhan.

Baca juga: