Penulis: Siti Rulli | Editor: Handa

Kista coklat menjadi salah satu jenis penyakit yang menyerang pada wanita. Umumnya kista coklat termasuk kedalam salah satu jenis kanker namun jinak. Jika seorang wanita yang terkena penyakit ini tentu ada beberapa cara mengatasi dan mencegah kista coklat agar tidak datang kembali.

Sebab umumnya, selain dari faktor genetik, penyebab kista coklat juga bisa berasal dari pola makan. Meskipun tidak jinak sebenarnya ketika kita telat mengetahui adanya kista coklat, maka bisa tumbuh menjadi kanker ovarium dan mengganggu kesuburan. Untuk itu berikut cara mengatasi dan mencegah kita terkena kista cokelat.

Cara Mengatasi Kista Coklat

Kista coklat tergolong salah satu jenis kanker jinak yang terjadi akibat adanya kondisi endometriosis. Cara mengatasi ataupun penanganan kista coklat juga beragam. Biasanya penanganan akan diberikan sesuai gejala, kondisi usia, dan tentunya kesehatan pengidap kista itu sendiri.

Umumnya jika kamu sudah melakukan konsultasi kepada dokter dan kista coklat diketahui lebih awal kamu derita dengan ukuran kecil, maka bisa disembuhkan lewat obat. Dokter biasanya akan menyuruh meminum pil KB. Dengan minum pil KB mungkin tidak bisa menghilangkan. Namun kista coklat yang Bunda derita bisa memperlambat proses pertumbuhan.

Namun jika ukuran kista coklat sudah terlalu besar. Kemudian juga diikuti gejala lain seperti nyeri hebat dan sangat mengganggu bisa jadi beresiko terjadinya kanker. Tentunya cara mengatasi kista coklat jenis ini tindakan operasi agar tidak mengganggu kesuburan. Tindakan operasi ini dikenal dengan nama ovarian cystectomy.

Cara Mencegah Kista Coklat

Sebelum kamu terkena kista coklat atau sedang dalam masa penyembuhan agar tidak datang kembali, ada baiknya melakukan pencegahan. Cara pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terjadi kista coklat adalah dengan berpuasa. Kamu bisa melakukan puasa agar kista tidak berkembang lebih parah. Hal lain juga yang bisa kamu lakukan sebagai upaya pencegahan maupun pemulihan adalah sebagai berikut.

1. Kurangi Konsumsi Kafein

Sebagai upaya penyembuhan sekaligus mencegah terjadinya kista coklat adalah dengan mengurangi kafein. Kafein bisa memicu kondisi hormon tubuh seseorang. Itulah sebabnya, jika ingin mengkonsumsi minuman berkafein usahakan dalam batas normal.

2. Gluten

Cara mencegah kista cokelat juga bisa dengan puasa gluten. Menurut sebuah  penelitian yang dimuat dalam Europe PMC, sekitar 75 persen wanita yang mengalami penyakit kista cokelat, bisa terjadi penurunan gejala ketika diet gluten.

3. Kurangi Makanan Cepat Saji

Selain gluten dan kafein, kamu juga harus mengurangi makanan cepat saji. Hal ini disebabkan kandungan pengawet dan kolesterol yang ada didalamnya bisa memperburuk terjadinya gejala kista cokelat serta menimbulkan komplikasi penyakit lainnya.

4. Batasi Mengkonsumsi Daging Merah

Selain makanan cepat saji, kafein, dan diet gluten, kamu juga harus membatasi konsumsi daging merah. Sebab daging merah mengandung kolesterol cukup tinggi sehingga menyebabkan berkembangnya sel abnormal dalam tubuh.

5. Konsumsi Sayuran dan Buah

Sebagai upaya penyembuhan dan pencegahan kamu juga harus mengkonsumsi sayuran dan buah. Sebab dalam sayur dan buah mengandung banyak vitamin maupun antioksidan yang baik untuk tubuh.

Penyebab kista coklat memang belum pasti dan sangat beragam. Tapi, kamu bisa melakukan pencegahan dengan konsumsi makanan sehat dan tentunya bergizi. Selain itu, rajin berolahraga juga bisa membantu menyeimbangkan keadaan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Baca juga:

Sumber

Halodoc (2021).Aturan Berpuasa Bagi Pengidap Kista Cokelat.www.halodoc.com

Health Kompas (2021).Kista Ovarium: Gejala, Penyebab, hingga Cara Pencegahan. www.health.kompas.com

SehatQ (2019).Kista cokelat, apakah harus dioperasi?.www.sehatQ.com

Alodokter (20190.Penyebab dan cara mengatasi kista coklat.www.alodokter.com

Alodokter (2018).Cara mengatasi kista coklat.www.alodokter.com