Penulis: Aulia Elsa | Editor: Aufia

Semua pasangan suami istri tentu mengidam-idamkan momen kehamilan. Biasanya, kalau udah telat haid pasti langsung berdebar-debar. Kemudian ingin segera memastikannya lewat test kehamilan. 

Tapi tahukah Bunda, ada salah satu cara simple yang bisa dilakukan untuk mengetahui kehamilan? Yaitu dengan cara memegang perut. Cara ini tentu saja sangat mudah dilakukan.

Meskipun dibilang kuno, namun banyak juga yang mempraktekkannya, Bund! So, nggak ada salahnya kalau Bunda juga ikut mencobanya, sebelum melakukan test kehamilan menggunakan test pack.

Bunda pengen tau cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut? Langsung aja scroll ke bawah, Bund!

1. Mual dan muntah ketika perut ditekan

Cobalah menekan-nekan perut, Bund! Tapi ingat jangan terlalu keras! Kalau Bunda merasa mual bahkan sampai muntah, besar kemungkinan Bunda positif hamil.

Namun biasanya ada juga yang mengalami mual dan muntah saat mencium aroma yang menyengat. Misalnya bau parfum, bau durian, atau bau-bau amis.

Nah, untuk mengetahui sedang hamil atau tidak Bunda juga harus bisa membedakan antara mual tanda masuk angin dan mual yang menandakan kehamilan. Selamat mencoba Bund!

2. Perut kram ketika ditekan

Tahu nggak Bund, kalau kram yang muncul saat awal kehamilan mirip dengan kram saat menstruasi? Jadi Bunda harus bisa membedakan diantara keduanya. Supaya hasilnya lebih akurat.

Sebagai tambahan informasi, kram tanda kehamilan biasanya bisa bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan selama kehamilan. Saat perut ditekan, maka Bunda akan merasa kram dalam jangka waktu cukup lama. Kondisi ini disebabkan karena adanya tekanan di pembuluh darah, sendi, dan otot.

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Ini Perbedaan Nyeri Payudara Saat PMS dan Tanda Kehamilan

3. Perut seperti kembung saat ditekan

Kembung yang dirasakan saat kehamilan hampir mirip seperti kembung yang dirasakan saat gejala menstruasi. Biasanya kalau Bunda mengalami kehamilan, perut kembung yang dialami bisa disertai juga dengan perut yang terasa kencang dan tidak nyaman saat dipegang. Hal ini dikarenakan kadar progesteron yang meningkat sehingga membatasi kerja otot disekitarnya.

4. Bentuk perut yang lebih besar saat dipegang

Ketika hamil, perut pasti akan mengalami perubahan bentuk jadi lebih besar. Biasanya perut akan membuncit dan terasa keras. Beberapa orang juga merasakan nyeri perut saat ditekan.

Kondisi perut yang membesar ini tentunya berbeda dengan perut membuncit karena lemak di tubuh, ya Bund! Jadi sebelum mencoba cara ini, Bunda harus mengetahui perbedaannya!

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Beda Perut Buncit dan Hamil Saat Duduk

5. Rasa ingin buang air kecil saat perut ditekan

Saat hamil, janin di dalam perut perlahan akan berkembang dan membesar. Kondisi ini membuat kandung kemih terdesak. Oleh karena itu frekuensi buang air kecil akan meningkat.

Nah, hasrat ingin buang air kecil juga akan Bunda rasakan saat perut ditekan. Tak perlu khawatir Bund. Hal ini normal terjadi pada wanita hamil, kok!

6. Jika disentuh mudah terasa mulas

Rasa mulas yang timbul saat Bunda menyentuh perut bisa disebabkan karena meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh. Hormon ini adalah hormon yang dipercaya bisa meningkatkan rasa sembelit, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya.

Untuk mengurangi rasa mulas yang dirasakan, Bunda bisa memilih pakaian yang lebih longgar dan tidak terlalu ketat agar perut juga bisa terasa lebih rileks.

Baca Juga: Bunda, 10 Ciri-Ciri Hamil 2 Minggu Ini Jarang Disadari Para Wanita!

7. Punggung bagian bawah terasa sakit saat ditekan

Biasanya, ibu hamil akan mengalami rasa sakit bagian punggung saat ditekan. Sakit punggung yang berlebihan serta otot punggung yang pegal bisa jadi salah satu cara mengetahui kehamilan.

Kondisi ini terjadi karena janin berkembang semakin besar saat usia kehamilan semakin bertambah. Untuk mengurangi sakitnya, Bunda bisa memberikan pijatan ringan di punggung.

8. Ulu hati terasa nyeri saat perut ditekan

Pernah merasakan nyeri di ulu hati saat perut ditekan? Bisa jadi Bunda sedang hamil muda. Kondisi ini juga disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron. 

Mau tahu kenapa hal ini bisa terjadi? Menurut penelitian, katup lambung pada ibu hamil cenderung melemah, jadi asam lambung bisa dengan mudah naik ke kerongkongan. Makanya ulu hati terasa nyeri.

Tahu nggak Bund, cara ini juga sering dipakai oleh dokter kandungan, loh! Gunanya untuk megetahui apakah calon Bunda memiliki riwayat penyakit asam lambung dan gejala heartburn atau tidak.

Baca Juga: Benarkah Jeruk Nipis Bisa Digunakan untuk Terapi Kesuburan pada Wanita?

Itulah beberapa cara untuk mengetahui kehamilan dengan memegang perut yang bisa Bunda coba untuk mengetahui kehamilan. Namun Bunda juga perlu memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter untuk lebih pastinya. Semoga bermanfaat ya, Bunda!

Sumber