Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

Memiliki atau menderita wasir alias ambeien terasa sangat mengganggu ya, Bunda. Rasa tidak nyaman juga akan muncul ketika hendak buang air besar. Terdapat beberapa menghilangkan benjolan ambeien secara alami. Namun jika ambeien terlalu parah atau tidak dapat diatasi dengan cara sederhana di rumah, maka penanganan medis atau bahkan pembedahan akan diperlukan.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan benjolan ambeien baik secara alami maupun medis:

1. Berendam Air Hangat

Cara pertama menghilangkan benjolan ambeien secara alami adalah dengan berendam air hangat. Cara ini membantu meredakan pembengkakan dan mengurangi iritasi yang disebabkan oleh wasir. Beberapa orang juga menambahkan bahan-bahan lain ke dalam bak mandi untuk mengatasi masalah lainnya seperti garam Epsom atau cuka apel.

Sebagian orang memilih untuk mengoleskan langsung cuka apel pada wasir. Namun hal ini dapat menyengat dan mengiritasi kulit yang bengkak atau bahkan menimbulkan efek samping yang lebih parah.

2. Witch Hazel

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien

Tanaman herbal ini kerap dimanfaatkan untuk keperluan medis, termasuk untuk mengatasi wasir. Witch hazel membantu meredakan rasa gatal dan nyeri pada wasir. Senyawa anti-radang di dalamnya juga bisa meredakan pembengkakan.

Bunda bisa mengoleskan langsung witch hazel pada wasir menggunakan bola-bola kapas. Namun jika malah memperburuk gejala, sebaiknya coba metode lain. Namun hindari mengencerkan witch hazel dengan alkohol karena dapat mengeringkan dan mengiritasi wasir.

3. Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien

Minyak kelapa merupakan pelembab alami yang dapat meredakan gejala wasir. Sehingga dapat membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan serta keinginan untuk menggaruk. Tidak hanya itu, Bunda. Minyak kelapa juga bisa dijadikan pelumas pada anus untuk memudahkan saat buang air besar.

4. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien

Lidah buaya telah lama dimanfaatkan untuk mengatasi ambeien dan berbagai masalah kulit lainnya. kemampuan anti-radang lidah buaya dapat membantu meredakan dan mengurangi iritasi di kulit. Namun meski banyak produk lidah buaya yang dipasarkan, hanya gunakan gel lidah buaya murni untuk pengobatan wasir.

Sama halnya dengan alergi pada bawang merah dan bawang putih. Beberapa orang juga memiliki alergi terhadap lidah buaya. Jadi, coba oleskan dulu gel lidah buaya ke punggung tangan dan tunggu reaksinya selama 24 jam. Jika tidak ada reaksi maka Bunda bisa menggunakan lidah buaya untuk pengobatan wasir.

5. Es Batu

perubahan wujud benda

Cara menghilangkan benjolan ambeien selanjutnya adalah dengan melakukan kompres dingin menggunakan es batu. Kompres es atau kompres dingin membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Lakukan kompres es sambil duduk atau saat wasir meradang untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

Namun pastikan untuk membungkus es batu dengan kain atau handuk kecil untuk menghindari kerusakan pada kulit. Lakukan kompres es selama 15 menit dan ulangi setiap jam.

6. Mengoleskan Obat Wasir

Jika pengobatan sederhana di rumah tidak cukup meredakan rasa sakitnya, Bunda bisa menggunakan obat-obatan yang dijual bebas seperti krim, obat oles atau suppositoria (dimasukkan melalui dubur). Obat wasir ini umumnya mengandung hidrokortison dan witch hazel serta bahan-bahan lainnya untuk membuat area di sekitar dubur mati rasa.

7. Ubah Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup bisa menjadi cara menghilangkan benjolan ambeien, seperti dengan rutin mengonsumsi makanan berserat dan perbanyak minum air putih. Cara ini bermanfaat melunakkan feses agar tidak menekan ambeien ketika dikeluarkan yang bisa memperparah kondisinya.

8. Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Secara Medis

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien

Bantuan medis diperlukan jika penanganan sederhana di rumah tidak bekerja secara maksimal. Biasanya dokter memprioritaskan pengobatan tanpa operasi. Berikut ini cara menghilangkan benjolan ambeien secara medis tanpa operasi:

  • Rubber Band Litigation. Prosedur yang dilakukan dengan mengikat ujung benjolan yang menempel di kulit untuk mematikan jaringan di bawahnya. Sehingga wasir akan copot dengan sendirinya.
  • Skleroterapi. Menyuntikkan cairan ke wasir untuk mengecilkan benjolan.
  • Elektroterapi. Mengalirkan arus listrik tegangan rendah ke benjolan ambeien yang berfungsi untuk mengecilkannya.
  • Koagulasi inframerah. Penggunaan sinar laser inframerah untuk memotong aliran darah ke benjolan wasir. Cara ini bertujuan untuk mengecilkan ukuran ambeien.

Namun bila ambeien sangat parah dan amat mengganggu maka akan ditempuh prosedur pembedahan sebagai berikut:

  • Hemoroidektomi, pemotongan benjolan wasir.
  • Hemoroidopeksi, memasukkan benjolan wasir ke dalam lubang anus, lalu dijepit dengan alat khusus.
  • Haemorrhoidal artery ligation, memotong aliran darah ke benjolan wasir dengan menggunakan jahitan agar ambeien mengecil.

Baca Juga:

Sumber

Medical News Today. (2020). Six home remedies for hemorrhoids. medicalnewstoday.com

SehatQ. (2020). Berbagai Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien yang Bisa Anda Pilih. sehatq.com

Hello Sehat. (2021). Cara Mengobati Ambeien dengan Berbagai Pilihan Obat dan Prosedur Medis. hellosehat.com