Penulis: Rahmawati | Editor: Handa

Seperti yang sudah kita tahu, telinga merupakan indera pendengaran yang berperan penting untuk manusia. Jika telinga bermasalah, tentu Bunda akan sulit mendengar ucapan seseorang. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui cara merawat telinga.

Kemampuan telinga juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatannya. Kekeliruan dalam merawat telinga dapat menyebabkan infeksi, berdenging, gangguan pendengaran, hingga tuli mendadak.

Nah, supaya Bunda dapat mendengar dengan jelas, ikuti 7 cara merawat telinga berikut:

1. Hindarkan Telinga dari Suara Keras

Kemampuan telinga manusia dalam mendengar terbatas, yaitu 20 Hz – 20.000 Hz. Karenanya lindungi telinga kita dari suara yang terlalu keras. Sebab suara bising yang terus menerus dapat menurunkan fungsi gendang telinga. Bahkan dapat menyebabkan tuli, Bund! Jadi jika Bunda bekerja di lingkungan yang bising, sebaiknya gunakan penyumbat telinga.

2. Jangan Mengorek Telingga dengan Cotton Bud

Siapa yang sering menggunakan cutton bud untuk membersihkan telinga? Tahukah Bunda, sebenarnya membersihkan telinga menggunakan cutton bud sangat tidak dianjurkan? Hal ini justru akan menyebabkan kotoran terdorong ke dalam.

Akibatnya, akan terjadi penyumbatan pada telinga. Tak hanya itu, menggorek telinga juga berpotensi melukai gendang telinga yang berujung pada radang dan infeksi. Bahkan jika tidak sengaja melukai bagian dalam telinga, bisa berakibat fatal berupa pendarahan hingga tuli.

Bunda, sebenarnya telinga kita memiliki mekanisme alami untuk membersihkan area dalam telinga. Makanya, wajar jika terdapat sedikit kotoran di liang telinga.

3. Usahakan Telinga Tetap Kering

Menjaga telinga tetap kering juga harus diperhatikan, baik area telinga dalam maupun telinga luar. Telinga yang basah atau lembab rawan diserang jamur dan bakteri. Sehingga dapat memicu radang, iritasi bahkan infeksi telinga.

Bunda, mau tahu cara mudah pengaplikasiannya? Usai mandi pastikan daun telinga tidak terlewat untuk dilap hingga kering menggunakan handuk. Dan jika berenang pastikan bunda menggunakan pelindung telinga, agar air tidak masuk.

4. Kurangi Penggunaan Headset atau Earphone

Siapa sih yang tidak suka mendengarkan musik menggunakan earphone? Bagi Bunda yang sering melakukannya, segera dikurangi yuk! Karena intensitas penggunaan earphone yang terlalu sering dapat mengganggu kinerja telinga hingga menyebabkan berkurangnya kemampuan pendengaran.

Sebaiknya Bunda tidak melakukannya secara terus menerus lebih dari 1 jam. Telinga membutuhkan waktu istirahat sejenak, setidaknya 5 menit sebelum mendengarkan musik kembali. Dan setelah semalaman mendengarkan musik, telinga membutuhkan waktu istirahat selama 16 jam. Perlu dicatat, jangan sampai volumenya terlalu keras ya, Bund!

5. Konsumsi Obat Sesuai Resep Dokter

Bunda, beberapa obat terkadang memiliki efek samping dapat memicu gangguan pendengaran. Misalnya obat anti-inflamasi non steroid (NSAD) seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin.

Jika Bunda takut obat tersebut akan menyebabkan berkurangnya kemampuan pendengaran, alangkah baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Perlu diingat, jangan meminumnya secara sembarangan, pastikan sesuai resep dokter!

6. Rajin Berolahraga

Tak hanya untuk otot, faktanya, olahraga teratur juga baik untuk kesehatan telinga. Bersepeda atau jalan kaki akan memperlancar aliran darah, termasuk pembuluh darah ditelinga. Sehingga bagian dalam telinga dapat bekerja secara maksimal.

7. Rutin Check Up ke Dokter THT

Jika mengalami gangguan telinga, pihak yang pertama kali harus Bunda datangi adalah dokter. Jangan melakukan perawatan lain atau mengkonsumsi obat yang tidak jelas!

Lantas kapan sebaiknya Bunda melakukan check up ke dokter? Jika Bunda tidak mengalami gangguan pendengaran, pemeriksaan telinga sebaiknya dilakukan setiap 3-5 tahun sekali. Namun jika mengalami keluhan segeralah untuk menemui dokter.

Itu dia cara merawat kesehatan telinga yang tepat, Bund! Ingat, jangan sembarangan dalam merawat telinga! Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga:

Sumber