Penulis: Aulia Elsa | Editor: Handa

Tahukah Bunda kalau teh hijau punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Salah satu minuman ini punya kandungan antioksidan yang tinggi sehingga berperan dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang dimaksud yaitu seperti stroke, jantung, diabetes, dan lainnya.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, teh hijau juga dianggap ampuh untuk menurunkan berat badan atau diet. Karenanya, saat ini banyak orang yang mulai mengonsumsi teh hijau untuk merasakan dan membuktikan khasiatnya.

Maka dari itu, Bunda perlu mengetahui cara yang tepat meminum teh hijau, karena jika caranya tidak tepat, maka manfaatnya tidak akan bekerja maksimal dalam tubuh. Nah, berikut ini cara meminum teh hijau yang tepat:

1. Cukup 2-3 Cangkir Sehari

Jika Bunda ingin meminum teh hijau, sebaiknya tidak perlu terlalu sering. Cukup 2-3 cangkir teh hijau setiap harinya, maka akan membantu menurunkan berat badan Bunda. Bunda tidak perlu mengonsumsi teh hijau terlalu sering.

Hal ini karena kandungan antioksidan dan senyawa nabati alaminya bisa menyebabkan kerusakan hati jika dikonsumsi terlalu banyak. Bunda juga tidak perlu menggunakan tambahan gula saat menyeduhnya.

2. Minum Air Putih Lebih Banyak setelah Mengkonsumsi Teh Hijau

Walaupun Bunda sudah minum teh hijau, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air putih. Hal ini karena teh hijau bersifat diuretic yang menyebabkan Bunda akan sering buang air kecil. Maka dari itu perlu diimbangi dengan memperbanyak minum air putih agar tubuh Bunda tetap terhidrasi.

3. Jangan Minum Teh Hijau saat Perut Kosong

Karena teh hijau memiliki dosis kafein, lebih baik Bunda mengisi perut dulu sebelum minum teh hijau. Walaupun kandungan kafeinnya dapat memberikan energi yang baik untuk tubuh, namun kalau keadaan perut sedang kosong maka keseimbangannya akan terganggu atau bahkan asam lambung jadi naik.

4. Minum Teh Hijau Sekitar 30-45 Menit setelah Makan

Untuk menurunkan berat badan, waktu yang baik untuk minum teh hijau adalah setelah makan. Namun, jika Bunda ingin mengonsumsinya setelah makan, Bunda juga harus menunggu sekitar 30-45 menit setelahnya.

Hal ini karena jika Bunda minum teh hijau segera setelah makan atau sebelum makan, maka dapat menghambat penyerapan zat gizi ke tubuh. Berikan jeda agar Bunda bisa mendapat manfaatnya.

5. Jangan Gunakan Kantung Teh Hijau Berulang

Kantung teh yang sudah basah rentan terhadap mikroba. Selain Itu, kandungan kafeinnya juga berpotensi meningkat dan berpengaruh terhadap proses pencernaan, bahkan bisa menyebabkan diare. Maka dari itu, jangan gunakan kantong teh hijau lebih dari satu kali. Bahkan jika untuk diet, sebaiknya gunakan daun teh hijau untuk secangkir teh.

6. Tidak Perlu Menambahkan Gula atau Pemanis Lainnya

Agar bisa menurunkan berat badan, tidak perlu ditambahkan gula atau pemanis buatan lainnya. Karena teh hijau memiliki kandungan kalori yang baik untuk menurunkan berat badan. Jika Bunda menambahkan satu sendok teh madu atau gula, maka tidak akan efektif untuk menurunkan berat badan karena nantinya kandungan kalorinya akan meningkat.

7. Diminum saat Masih Hangat

Khasiat teh hijau akan lebih banyak didapat jika diminum selagi masih hangat ya, Bunda. Oleh sebab itu, Bunda disarankan untuk menyeduhnya menggunakan air panas saja. Seduh teh hijau dengan air panas yang bersuhu 80-90 derajat Celcius.

Itulah beberapa cara yang tepat meminum teh hijau dan efektif menurunkan berat badan. Bunda perlu menerapkannya dengan rutin agar manfaatnya terasa sehingga berat badan Bunda bisa menurun sesuai yang diinginkan.

Baca juga: