Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

BPJS Ketenagakerjaan merupakan program jaminan perlindungan sosial yang diperuntukkan bagi para pekerja di Indonesia. BPJS ketenagakerjaan ini memiliki banyak manfaat, misalnya saja Jaminan Hari Tua yang bisa cair setelah resign atau setelah terkena PHK.

Namun, karena alasan tertentu status BPJS Ketenagakerjaan dapat berubah, misalnya kantor lupa membayarkan ataupun pindah tempat kerja dan belum ada penyesuaian data. Itulah kenapa Bunda wajib cek status keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan secara rutin.

Mau tahu cara cek status BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak? Gampang banget Bund, Bunda bisa mengikuti 5 cara di bawah ini! Ada yang offline maupun online, loh!

Cara Cek Status BPJS Ketenagakerjaan

5 Cara Mudah Cek Status BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif atau Tidak

1. Melalui Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile)

Sama seperti layanan masyarakat pada umumnya, BPJS Ketenagakerjaan juga sudah memiliki aplikasi resmi loh, namanya JMO (Jamsostek Mobile). Tentunya keberadaan aplikasi ini sangat membantu anggotanya untuk cek status keanggotaan dan cek saldo.

Nah, untuk mengaksesnya, Bunda perlu mengunduhnya dulu lewat PlayStore atau AppStore. Berikut langkahnya:

    • Unduh aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), tunggu sampai proses instalasi selesai.
    • Selanjutnya lakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN.
    • Cara registrasi yaitu dengan memasukkan nomor kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, nomor KTP, tanggal lahir, dan nama sesuai KTP
    • Setelah mendapatkan PIN, Bunda bisa langsung Login ke akun BPJS Ketenagakerjaan
    • Selanjutnya klik menu saldo JHT di halaman utama aplikasi.
    • Jika ada tanda centang hijau, berarti status BPJS Ketenagakerjaan masih aktif.
    • Jika tidak ada tanda centang, artinya status BPJS Ketenagakerjaan Bunda sudah tidak aktif lagi.

Bunda juga bisa melakukan cek status BPJS Ketenagakerjaan dari menu ‘Kartu Digital’. Setelah menu di klik, akan terlihat menu lengkap BPJS Ketenagakerjaan beserta status kepesertaan masih aktif atau tidak.

2. Melalui Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Status BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak juga bisa Bunda cek melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Tapi perlu diingat, Bunda harus melakukan registrasi menggunakan alamat email dan nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Ini dia cara cek status BPJS Ketenagakerjaan melalui website:

    • Masuk ke laman BPJS Ketenagakerjan 
    • Pilih menu registrasi untuk pendaftaran
    • Kemudian isi formulir pendaftaran sesuai dengan data yang dibutuhkan seperti nomor BPJS Ketenagakerjaan, nomor KTP, nama dan tanggal lahir, nomor ponsel, dan email.
    • JIka berhasil, Bunda akan mendapatkan kode aktivasi yang dikirim melalui email dan SMS
    • Selanjutnya masukkan kode aktivasi pada laman berikutnya dan klik Submit
    • Lalu login dengan email dan password yang sudah dibuat
    • Cek status dengan memasukkan nomor KTP dan nomor BPJS Ketenagakerjaan di kolom profil
    • Jika statusnya tidak valid, maka status BPJS Ketenagakerjaan Bunda sudah tidak aktif lagi
    • Tapi jika status yang muncul valid, maka BPJS Ketenagakerjaan Bunda masih aktif

3. Melalui SMS Gateway

Memori HP penuh atau HP lemot saat mengakses internet, tenang Bunda masih bisa mengeceknya lewat layanan SMS. Mudah dan anti ribet, kan? Tapi pastikan dulu ya kalau pulsanya mencukupi!

Nah, berikut cara cek status BPJS Ketenagakerjaan via SMS:

    • Buka layanan SMS pada ponsel
    • Lalu kirim SMS dengan format DAFTAR (spasi) SALDO#nomor KTP#Nama

4. Melalui Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Cara lainnya cek status BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak yaitu dengan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan. Cara yang satu ini terbilang mudah karena Bunda tingga menghubungi nomor 175.

Setelah terhubung, tanyakan status keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan dengan menyebutkan nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan. Petugas call center akan membantu Bunda melihat status BPJS ketenagakerjaan masih aktif atau tidak.

Sayangnya cara ini memiliki kekurangan. Layanan call center BPJS Ketenagakerjaan tidak bisa dihubungi setiap waktu, jam operasionalnya hanya pukul 06.00 hingga 22.00 pada hari kerja. Yang tak kalah penting, Bunda juga harus bersabar mengantri karena petugas call center harus melayani anggota yang lainnya.

Eits, sama seperti layanan SMS ya, pastikan pulsa di HP Bunda cukup untuk melakukan panggilan telepon.

5. Mendatangi Langsung Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara terakhir mengetahui status BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak adalah dengan mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Ini merupakan cara tradisional yang bisa dilakukan jika tidak mendapatkan hasil pada cara-cara sebelumnya.

Bunda hanya perlu menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada petugas. Selanjutnya petugas akan mengecek status BPJS Ketenagakerjaan. Tak hanya status, Bunda juga bisa mengetahui jumlah saldo dan mencetak slip saldo BPJS Ketenagakerjaan. 

Tapi, Bunda perlu datang lebih pagi agar mendapatkan nomor antrian lebih awal. So, Bunda nggak perlu antri lama.

Itulah 5 cara cek status keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan. Cukup mudah kan, Bund!

Baca Juga: