Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

Grup WhatsApp terlalu banyak hingga membuat ponsel lemot? Atau ada beberapa grup yang membuat Bunda merasa terganggu dan kurang nyaman? Sayangnya, keluar dari grup begitu saja bisa menimbulkan masalah atau gesekan pada anggota lainnya ya, Bund.

Nah, biar nggak ketahuan saat keluar dari grup WA, coba ikuti beberapa cara di bawah ini Bund!

1. Hapus atau Ganti Foto Profil

Cara keluar dari grup WA secara diam-diam yang pertama adalah dengan mengganti nama dan menghapus foto profil di akun WhatsApp. Caranya, klik menu opsi (tanda tiga titik di atas) lalu pilih pengaturan atau settings.

Selanjutnya edit nama profil dan jangan lupa hapus foto profil. Kemudian kembali ke menu grup yang diinginkan lalu keluar seperti biasa dengan memilih exit grup. Cara ini membuat seluruh anggota tidak menyadari Bunda keluar dari grup karena tidak menyertakan nama Bunda saat keluar.

2. Palsukan Nomor

Jika masih kurang ampuh, Bunda bisa mencoba cara kedua yaitu dengan mengubah nomor ponsel. Siapkan nomor baru sementara untuk mengganti nomor lama. Masuk ke menu pengaturan di WhatsApp (tiga titik di atas). Lalu klik Akun atau Account, pilih menu ubah nomor. Selanjutnya masukkan nomor cadangan.

Jika telah berhasil mengganti nomor, segera pilih grup yang ingin Bunda tinggalkan lalu keluar dari grup. Kemudian ke menu pengaturan telepon dan pilih aplikasi WhatsApp untuk menghapus data dan cache. Akun WA Bunda akan hilang tetapi nama masih terdaftar sebagai anggota grup. Langkah terakhir, kembali ke aplikasi WhatsApp dan daftarkan ulang dengan nomor lama.

3. Ganti Nomor Baru

Pilihan alternatif lainnya untuk keluar dari grup WA tanpa ketahuan adalah dengan mengganti nomor baru. Namun cara ini tidak cocok untuk Bunda yang masih ingin menggunakan nomor lama. Meski terbilang praktis dan simpel, Bunda perlu menyebarkan kembali nomor baru ke teman dan keluarga. History percakapan Bunda dengan kontak lama juga berpotensi akan hilang.

4. Matikan Notifikasi

Ini merupakan cara paling mudah untuk keluar dari grup WA tanpa ketahuan, Bunda. Lakukan langkah-langkah ini untuk menonaktifkan notifikasi grup WA di sistem android:

  • Buka pengaturan
  • Klik WhatsApp di bagian bawah
  • Klik notifikasi
  • Matikan “Pemberitahuan Grup” di bawah opsi Peringatan

Langkah menonaktifkan notifikasi grup di iOS hampir sama dengan langkah di atas. Yaitu dengan membuka WhatsApp, lalu pilih Pengaturan di bagian bawah dan klik WhatsApp. Matikan “Tampilan Notifikasi” di bawah notifikasi grup.

Cara ini akan membuat nama Bunda tetap tercantum di dalam grup dan membuat semua anggota termasuk admin grup tidak menyadari bahwa Bunda telah keluar dari grup diam-diam.

5. Bisukan Grup WhatsApp

Cara selanjutnya adalah dengan membisukan grup WhatsApp selamanya. Bunda tetap menjadi bagian dari grup, namun tidak akan lagi menerima pemberitahuan saat ada anggota yang mengirimkan pesan ke grup. Caranya, tekan dan tahan grup yang dipilih. Saat muncul pilihan “mute notification” atau mengaktifkan fitur bisu, pilihlah opsi “selalu”.

6. Hapus Obrolan

Cara selanjutnya adalah dengan menghapus obrolan. Cara ini bisa dilakukan jika Bunda ingin keluar dari obrolan grup yang sudah tidak aktif. Caranya yaitu pilih obrolan yang ingin dihapus. Di iOS, geser ke kiri pada obrolan. Sedangkan di Android ketuk dan tahan, lalu pilih Arsip.

7. Blokir Grup WhatsApp

Sebenarnya cara ini tidak membuat Bunda benar-benar keluar dari grup. Bunda hanya tidak lagi menerima notifikasi dari grup dan tidak ada seorang pun dari grup yang bisa mengirim pesan ke Bunda. Cara ini melibatkan semua orang secara individual dan memblokirnya. Memblokir grup jadi langkah yang bisa dipilih jika Bunda tidak dekat dengan siapa pun di grup.

Itulah 7 cara keluar dari grup WA (WhatsApp) tanpa diketahui. Jangan ragu untuk keluar dari grup jika Bunda merasa terganggu. Praktikkan cara ini demi kenyamanan Bunda, ya!

Baca Juga: